Tips Penting Sebelum Memilih AC Kamar Tidur

 

TIPS MEMILIH AC – AC merupakan salah satu komponen pelengkap pada kamar tidur, selain kipas angin. Pendingin ruangan sangat dibutuhkan karena membuat ruangan lebih sejuk, tidur akan lebih nyaman tanpa harus repot dengan cuaca panas yang Anda hadapi, jika Anda tinggal di kota besar. Memilih AC untuk sebuah AC memang membutuhkan kehati-hatian, karena Anda harus memperhatikan elemen-elemen yang Anda butuhkan untuk mendapatkan AC yang berkualitas.

Tips Sebelum Membeli AC Kamar Tidur

Sebelum Anda memutuskan membeli AC, ada baiknya menyimak lima tips memilih AC terbaik untuk kamar tidur Anda.

Cari yang hemat listrik

Jangan abaikan pentingnya spesifikasi kelistrikan AC yang akan Anda beli. AC ramah kantong bukan berarti energi yang digunakan juga sesuai dengan tagihan listrik.

Jika bingung mau pilih yang mana, pastikan ada fitur yang digunakan oleh produsen AC. Fitur ini memiliki kelebihan yaitu hanya membutuhkan waktu yang lebih singkat untuk mencapai suhu ruangan yang diinginkan.

Saluran AC pertama penemu jauh lebih rendah 1/3 dari AC biasa. Padahal, AC ini disebut-sebut hanya menggunakan sekitar 30 persen sumber listrik hingga lebih kecil.

Periksa aspek kesehatan

Seiring dengan perkembangan teknologi, inovasi yang dihasilkan oleh setiap produk AC semakin meningkat. Untuk itu Anda perlu memastikan memilih AC dengan teknologi yang dapat membunuh virus dan bakteri yang disebut plasmacluster.

Dari serangkaian pengujian yang dilakukan di atas lahan seluas 320 meter persegi, dengan kelembaban rata-rata 80 persen. Akibatnya, ion negatif dan positif dalam plasmacluster dapat membunuh bakteri dan jamur dalam waktu enam jam. Tentunya, Anda dan keluarga bisa lebih terawat melalui AC yang canggih ini.

Sesuaikan dengan luas ruangan

Beberapa dari Anda mungkin berpikir ½ PK AC cocok untuk ruangan kecil. Sedangkan ruangan yang besar membutuhkan AC dengan kapasitas 2 PK. Padahal, ada rumus untuk menentukan luas ruangan dan satuan AC yang dibutuhkan.

Untuk menghitung hal tersebut perlu anda ketahui terlebih dahulu bahwa PK (Paard Kracht / Horse Power) merupakan satuan kapasitas pendinginan pada AC. Ada pula istilah BTU (British Thermal Unit) untuk menggambarkan ukuran kapasitas pendinginan.

Setiap AC dengan PK yang berbeda akan memiliki nilai BTU yang berbeda. Sehingga satuan yang digunakan misalnya AC ½ PK = ± 5.000 BTU / jam, AC ¾ = ± 7.000 BTU / jam, dan seterusnya.

Rumusnya misalnya luas ruangan 3×3 meter, maka perhitungannya adalah 3×3 x 500 BTU = 4.500 BTU. Jadi kapasitas AC yang dibutuhkan adalah 0,5 PK. Jika ruang 5×4 dan 10.000 BTU diproduksi, diperlukan 1 PK AC.

Perhatikan letak pemasangan

Untuk langsung merasakan kesejukan AC, perhatikan tata letaknya. Jangan dipasang di bagian depan, pintu karena udara akan lebih mudah keluar dari ruangan lain. Jangan menyentuh tubuh secara langsung karena berbahaya bagi kesehatan.

Selain itu, jangan letakkan terlalu tinggi di plafon agar udara yang keluar bisa lebih maksimal. Jarak yang disarankan dengan plafon minimal 15 cm, samping kanan, kiri dan belakang minimal 15 cm, dan dengan lantai minimal 250 cm.

AC juga kurang baik jika diletakkan di dekat perangkat elektronik lain yang mengeluarkan panas, seperti TV, home theater, dapur, dll karena akan mengganggu kinerja AC.

Rutin maintenance

Agar AC bisa bertahan lama, Anda perlu memberikan service AC reguler setiap 3 hingga 4 bulan sekali. Anda dapat membersihkan filter AC secara mandiri sebulan sekali. Ini kemudian dapat diserahkan kepada profesional untuk perawatan yang lebih kompleks. Dengan servis rutin, AC Anda akan bertahan lebih lama dari AC pada umumnya.

Itu dia tips penting sebelum memilih AC kamar tidur. Sampai bertemu di artikel Tekno Mania berikutnya, semoga bermanfaat!

Baca juga:

Dampak Internet Bagi Kehidupan Manusia di Masa Ini

Iklan