Table of contents: [Hide] [Show]

Pantai Lakey: Berselancar Memburu Ombak Kidal

 

Pantai Lakey: Berselancar Memburu Ombak Kidal. Sempatkah anda mendengar arti ombak kidal ? Bila belum serta pingin lihat atau apalagi menaklukkannya dengan berselancar (Surfing) maka kunjungilah Pantai Lakey. Sekarang ini memanglah beberapa besar yang datang ke pantai lakey yaitu wisatawan asing layaknya dari Australia, Amerika Selatan, Amerika Serikat, serta yang lain. Pantai ini berlokasi di kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat.

Pantai Lakey sesungguhnya yaitu di antara pantai yang tersohor sebagai di antara lokasi Surfing terbaik serta unik didunia. Apa yang unik ? Ombaknya nyatanya mempunyai arah sapuan ke kiri bukan hanya ke kanan sebagaimana biasanya. Keunikan ini juga nyatanya sudah digenapi dengan keindahan pantai yang telah jadi buah bibir terlebih di kelompok umur penggila surfing. Salin itu, angin laut yang terbilang kencang di lokasi ini juga beri dukungan aktivitas Surfing, Wind Surfing, atau Kite Surfing.

Pantai Lakey mempunyai ombak yang terbilang stabil selama tahun (tidak dipengaruhi musim) serta sebab itu berapa kali jadi lokasi diadakannya persaingan selancar tingkat dunia. Beberapa puluh peserta persaingan ini umumnya datang dari beragam belahan dunia serta juga Indonesia.

Keunggulan wisata pantai yang di tawarkan oleh Pantai Lakey sesungguhnya telah bisa tampak di pusat kota Dompu, ditandai karenanya ada patung orang yang sedang berselancar.

Untuk penggila selancar (Surfing , ombak besar serta tinggi benar-benar sangat dicari namun ombak di pantai lakey yang tidak terlampau tinggi (berkisar 6-8 mtr. Saja) justru lantas menantang saat mesti ditaklukkan dengan arah ombak kidal yang memerlukan keahlian spesial. Wisatawan mancanegara sengaja datang jauh-jauh ke pantai di selatan pulau sumbawa ini untuk menjajal keahlian berselancarnya.

Pantai lakey mempunyai empat type ombak yang disebut-sebut oleh beberapa peselancarnya, yakni Lakey Peak, Cobble Stones, Lakey Pipe, serta Periscope. Type yang sangat menantang serta hebat untuk berselancar yaitu Lakey Peak dikarenakan menyuguhkan tantangan ombak dari arah kiri ataupun kanan ; di bagian kiri berupa terowongan panjang, sesaat dibagian kanan berbentuk gulungan ombak yang prima untuk berselancar.

Dok Indonesia. Travel Pantai Lakey di Dompu, Nusa Tenggara Barat.

Dari pesisir pantainya yang berpasir putih, panorama terlepas Pantai Lakey didominasi birunya hamparan air laut sebiru langit yang menaunginya. Nada debur ombak yang memecah jadi media untuk beberapa peselancar untuk menjajal kemampuannya. Jangankan untuk beratraksi diatas papannya, untuk lihat ketetampilan beberapa peselancar ini saja telah cukup menyenangkan.

April sampai Oktober

Bln April sampai Oktober yaitu waktu terbaik berkunjung ke pantai ini, terlebih puncak kunjungan berlangsung pada bln. April-Mei. Pada waktu-saat tersebut, pantai ini dapat dikunjungi sekira 300 wisatawan asing yang menggunakan waktu sampai berminggu-minggu atau apalagi berbulan-bulan tinggal di sana. Keindahan alam serta ombak yang menantang benar-benar sangat menarik untuk dikunjungi oleh beberapa peselancar.

 

Tak hanya surfing, anda bisa juga berenang di terlepas pantai, tetapi sebaiknya waspada mengingat ombaknya cukup garang. Batu karang beresiko juga banyak ada di sekitaran pantai. Walau demikian, air lautnya yang bening serta keberadaan terumbu karang sangat mungkin anda untuk lakukan aktivitas snorkeling.

Bila telah jemu berselancar atau berenang, tidak jauh dari garis pantai lakey, ada juga goa peninggalan jepang yang letaknya diatas bukit menghadap segera ke pantai. Dari atas bukit ini, panorama pantai sungguh memesona. Ada juga website nangasia yang konon diperkirakan sudah ada sejak tahun 4.500 sebelum saat masehi ; website bersejarah yang menandai bahwa sudah ada peradaban yang maju di lokasi dompu.

Anda bisa juga lakukan perjalanan mengarungi perairan lebih kurang pantai lakey gunakan perahu sewaan. Aktivitas memancing dari perahu cukup menarik dikerjakan. Bila mujur, waktu pesiar dengan perahu ini anda barangkali dapat lihat atraksi lumba-lumba yang kebetulan melintas. Dok Indonesia. Travel Pantai Lakey di Dompu, Nusa Tenggara Barat.

Tepatnya di seberang pantai lakey, ada juga sesuatu pantai yang berpasir kehitam-hitaman. Pantai ini bernama pantai ria ; anda bisa juga singgah kesana serta nikmati panorama alam dari sudut yang tidak sama. Untuk lakukan pesiar dengan perahu baiknya diawali sejak pagi sebelum saat matahari terlampau terik serta ombak belum terlampau garang serta tinggi.

Waktu sore menyambut, melihat matahari tenggelam dapat jadi sejenis kemewahan yang di tawarkan alam sebelum saat menutup hari. Air laut dapat surut serta umumnya dapat terlihat masyarakat lokal tengah melacak rumput laut diantara batuan karang.

Baca juga

Inilah Daftar Taman Hiburan Terbaik di 5 Benua

 

Iklan