Objek Wisata Di Cilacap Yang Wajib Anda Kunjungi

 

Objek Wisata Di Cilacap Yang Wajib Anda Kunjungi – Kebanyakan dari kita mungkin mengenal daerah Cilacap sebagai kota yang menyeramkan karena disana sering dijadikan tempat eksekusi mati bagi para tahanan. Namun dibalik itu semua sesuai dengan slogannya, Cilacap bercahaya, Cilacap memiliki tempat-tempat wisata yang membuatnya patut dijuluki sebagai kota bercahaya serta terkenal dengan hasil lautnya yang melimpah ruah.

Cilacap merupakan kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki wilayah paling luas dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Oleh sebab itu tidak diragukan lagi jika Cilacap memiliki pesona wisata pantai yang menjadi andalan. Cilacap juga memiliki perpaduan dua kebudayaan yang unik antara suku Jawa dan Sunda karena wilayah Cilacap membentang hingga perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Barat. Jika anda belum pernah mengunjungi kota ini kami akan memberikan anda referensi tempat-tempat wisata indah yang ada di kota Cilacap, berikut pembahasannya.

  • Pulau Nusakambangan

Pulau ini adalah pulau yang terkenal sebagai lokasi penjara dan juga tempat untuk eksekusi mati para tahanan. Namun dibalik itu semua pulau Nusakambangan memiliki pesona keindahan yang tidak terbantahkan. Untuk dapat menuju pulau Nusakambangan anda bisa menaiki perahu yang banyak tersedia di pantai Teluk Penyu kurang lebih 10 menit perjalanan. Di pulau ini anda akan mendapati keindahan batu karang, hutan belantara, gua, benteng, pantai, serta hutan cagar alamnya.

Pulau Nusakambangan

  • Pantai Teluk Penyu

Jika anda ingin menyaksikan keganasan dari ombak pantai selatan anda dapat mengunjungi pantai Teluk Penyu ini. Lokasinya cukup dekat dari pusat kota Cilacap dimana anda akan mendapati pantai dengan pasir kelabunya yang indah. Dari sini Nusakambanganpun dapat dilihat secara jelas di seberangnya. Di pantai ini anda bisa menikmati sajian seafood segar yang ditawarkan oleh warung-warung yang berderet di pinggir pantai.

Pantai Teluk Penyu

  • Kampung Laut

Bagi anda pecinta kuliner laut, tidak akan rugi jika mengunjungi Kampung Laut ini karena disini adalah pusat perkembangbiakan lobster dan kepiting Gemes. Jika anda ingin kesini anda harus melalui Nusakambangan kemudian melewati hutan-hutan bakau yang eksotis sebelum akhirnya mencapai kampung ini. Disini juga anda akan mendapati Gua Karts, hutan bakau, dan fauna laut.

Kampung Laut

  • Benteng Pendem

Dahulu Benteng Pendem adalah markas pertahanan tentara Hindia-Belanda pada masa penjajahan dahulu. Hingga saat ini Benteng Pendem masih kokoh berdiri dengan 60 barak, gudang senjata, benteng pengintai, ruang penjara, terowongan, ruang rapat, ruang amunisi, ruang tembak, serta 13 tempat penting lainnya. Disini anda dapat menemukan jejak sejarah Hindia-Belanda dalam membangun pertahanan Nusantara.

Benteng Pendem

  • Pantai Widarapayung

Pantai Widarapayung terletak di sebelah timur Cilacap tepatnya didaerah Binangun. Pantai yang satu ini memang tidak terlalu luas namun pantai ini kondisinya landau serta dipagari pohon kelapa di sisi-sisi nya. Ombak pantai Widarapayung juga sangat bagus untuk surfing.

Pantai Widarapayung

Demikianlah tempat-tempat wisata yang ada di Cilacap. Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk membuktikan sendiri keindahan kota Cilacap?

Baca juga

Obyek Wisata di Yogyakarta

Iklan