Obyek Wisata di Yogyakarta

Obyek Wisata Di Yogyakarta, sebelum jauh lebih dalam membahas obyek wisata apa sajakah yang ada dikota Yogyakarta, kurang lengkap rasanya jika kita tak tahu sejarah dari kota yang terkenal dengan kuliner Gudeg Jogja. Berawal pada tahun 1568 sampai dengan 1586, didaerah Jawah Tengah tengah berdiri sebiah kerajaan yang bernama Kerajaan Pajang yang kebetulan pada saat itu dipimpin oleh perintah Sultan Hadawijaya atau lebih dikenal dengan nama Jaka Tingkir. Nah, pada saat itu Sultan Hadiwijaya tengah berkuasa dan terjadilah pertikaian antara Adipati dari Kerajaan Jipang yaitu Arya Penangsang. Dan pada waktu itu Sultan Hadawijaya atau Jaka Tingkir telah berhasil menjadi pemenangnya, dan pastinya dibantu oleh panglima besarnya diataranya yaitu Ki Ageng Pemanahan dan putra kandungnya, Bagus Sutawijaya serta seorang Hangabehi.

Malioboro

Malioboro yaitu area yang harus anda kunjungi waktu traveling ke yogakarta (Jogja). janganlah ngaku dulu ke Jogja bila belum dulu berkunjung ke Malioboro. ya, Malioboro benar-benar sangat sama dengan Jogja. lokasi yang dipenuhi dengan pertokoan di kiri kanan jalannya ini memanglah senantiasa ramai dikunjungi oleh beberapa wisatawan terlebih bila waktu liburan tiba. Malioboro yaitu jalur satu arah dimulai dari stasiun tugu hingga kantor pos besar kota yogyakarta.

tak hanya dipenuhi dengan pertokoan, selama jalur di lokasi ini juga dipenuhi dengan jejeran beberapa pedagang kakilima yang menggelar dagangannya di emperan toko. Dahulunya, Malioboro memanglah sengaja dibangun manfaat menambah perekonomian penduduk yang disebut lokasi pecinan pada saat pemerintahan sultan hamengku buwono i berkuasa. bersamaan dengan perkembangan waktu, jalur Malioboro berkembang dengan cepat serta makin ramai dengan dibangunnya pasar induk pasar gedhe yang saat ini kita kenal dengan nama pasar beringharjo. Malioboro adalah tujuan utama beberapa wisatawan yang berkunjung ke Jogja.

menyusuri selama Malioboro berikan pengalaman tersendiri buat anda. di selama jalur, anda dapat menjumpai beragam jenis souvenir khas Jogja layaknya kerajinan perak, rotan, wayang kulit, batik serta juga blangkon. bermacam jenis souvenir ini dapat anda dapatkan dengan harga terjangkau. terlebih bila anda pintar menawar. beragam jenis jajanan khas Jogja layaknya bakpia, pecel, es dawet serta sate gajih lalu dapat anda temui di sana.

menyambut malam jalur Malioboro juga dipenuhi dengan bermacam pedagang kuliner. anda dapat nikmati bermacam kuliner sambil duduk lesehan serta diiringi lagu-lagu dari beberapa pengamen jalanan. ada juga angkringan khas Jogja yang siap menjamu anda dengan hidangan khasnya. betul-betul asik bukan hanya ? so, ojo lali yo luangkan diri anda berkunjung ke Jogja.

Akses untuk ke Malioboro

untuk menuju ke Malioboro aksesnya amat mudah dikarenakan terdapat di pusat kota Jogja. bila anda menggunakan kendaraan pribadi anda dari tugu Jogja terus menuju ke selatan. supaya lebih mudah anda dapat bertanya ke masyarakat local. nyaris seluruh orang tahu Malioboro serta dengan ramah dapat memberikan arahnya buat anda. bila anda menggunakan bus, anda dapat turun di terminal giwangan serta meneruskan perjalanan menggunakan bus kota atau trans Jogja. untuk bus kota, anda dapat memilih jalur 2, 4, 9, 12, 15 dengan tarif rp 2. 500, – jauh dekat, namun menggunakan trans Jogja tarifnya lebih kurang rp 3. 000, – jauh dekat. bila anda datang dari kota lain menggunakan kereta api, anda dapat turun di stasiun tugu serta segera jalan ke arah selatan.

Obyek Wisata Air Terjun dan Alam, Jogja

Gunung MerapiGunung Merapi yaitu di antara gunung berapi yang sangat aktif di indonesia ataupun didunia. Gunung Merapi terdapat di pulau jateng, cuma 25km ke utara dari kota utama, Yogyakarta.nama merapi bermakna gunung api didalam bhs jawa. asap dapat dilihat nampak dari kawah. layaknya baru-baru ini th. 2006 serta november 2010 gunung berapi meletus merusakkan yang cukup kronis yang mengonsumsi korban jiwa. Dikarenakan amat berresiko maka kegiatan pengunjung di taman Gunung Merapi bergantung pada pemerintah tempat. dilarang meremehkan peringatan dari pemerintah tempat maupun pergi sendiri.

taman nasional didirikan pada th. 2004 dengan luas lebih kurang 6. 410 hektar ( 64 km persegi ) pada ketinggian 600-2968 mtr. diatas permukaan laut. taman nasional Gunung Merapi beberapa besar tertutup oleh rimba pegunungan tropis. di taman hidup banyak spesies kehidupan liar layaknya :macan tutul, babi rimba, rusa, elang serta sebagian type ular. Di pulau jawa Gunung Merapi yaitu area sakral serta tiap-tiap th. pada hari lagi th. penobatan sultan Yogyakarta diselengarakan upacara persembahan. Gunung Merapi adalah sisi dari pusat sakral penghubung antar utara serta selatan yang menghubungkan beberapa roh merapi dengan sultan Yogyakarta serta ratu nyi roro kidul dari samudera selatan. Mendaki gunung bisa dikerjakan dari arah selatan serta arah utara namun cuma dari arah utara anda dapat meraih kawah, bawalah tips atau mintalah seorang pemandu bila anda merencanakan untuk mendaki hingga ke kawah.

Akses untuk ke Taman Nasional Gunung Merapi

Tips wisata untuk lakukan perjalanan serta mendaki lereng utara di Yogyakarta amatlah mudah, anda dapat naik bus atau mobil ke kaliurang di lereng selatan serta mendapatkan tips di sana.

Goa Pindul

Dusun gelaran 1, desa bejiharjo, gunung kidul Goa Pindul terdapat di dusun gelaran 1, desa bejiharjo, kecamatan karangmojo, kabupaten gunung kidul, provinsi tempat istimewa Yogyakarta. goa ini mulai diperkenalkan pada akhir 2010. nama Goa Pindul datang dari sesuatu cerita seorang pemuda yang bernama joko singlulung yang melacak ayahnya yang hilang. dengan menyusuri banyak rimba serta goa, tiba-tiba kepalanya terbentur di antara batu di goa ini, hingga selanjutnya goa ini diberi nama Goa Pindul. pindul adalah singkatan kata dari pipi kejendul (bhs jawa) yang bermakna pipi terbentur.

Goa ini mempunyai keindahan yang unik. unik dikarenakan mempunyai banyak kemilau stalaktit serta stalakmit yang berumur beberapa ribu th. yang berwarna putih kristal di beragam sudut goa. amat eksotis. ada juga stalagtit gong yang apabila dipukul dapat membuahkan nada serupa gong yang suaranya membahana terpantul di dinding goa. ditambah lagi ada sesuatu ruangan yang cukup besar dengan lubang di atasnya serta ada di dalam goa. dengan demikian situasi di dalam goa ini jadi lebih eksotis karenanya ada cahaya matahari yang masuk melewati lubang ini.

Anda juga bisa meyusuri sungai selama 300 m menuju ke didalam perut goa memakai ban mobil sebagai pelampungnya. aktivitas ini dimaksud cave tubing serta umumnya dikerjakan sepanjang lebih kurang 45-60 menit. aliran sungai di goa ini tenang hingga dapat dikerjakan juga oleh anak-anak. sepanjang perjalanan menyusuri sungai anda dapat disuguhi sebagian lukisan alami yang tercipta dari kelelawar penghuni goa. anda akan memperoleh penjelasan perihal ornamen, batu kristal di selama penyusuran. Apabila anda tertarik bermalam disini, disiapkan juga homestay yang berbentuk tempat tinggal khas masyarakat dengan dinding bambu, pemancingan dan tempat tinggal makan.

Akses untuk ke Goa Pindul

agar bisa menuju ke lokasi goa ini anda bisa membawa kendaraan pribadi atau kendaraan sewa yang berangkat dari kota Yogyakarta menuju wonosari, kabupaten gunung kidul. dari wonosari anda segera menuju ke karangmojo. setelah tiba di perempatan argopolitan, belok kiri serta ikuti jalur desa. anda telah tiba di desa bejiharjo, serta dusun gelaran tidak jauh dari situ. Namun untuk anda yang menggunakan angkutan umum, anda bisa menggunakan bus jurusan Yogya-wonosari dengan tarif Rp 6. 000 sekali jalur. serta dari wonosari anda bisa menggunakan ojek menuju desa bejiharjo, dusun gelaran dengan biaya lebih kurang Rp 10. 000- Rp 20. 000.

Bangunan bersejarah, Monumen dan Candi

Perihal Kraton Yogyakarta

Jalan. Rotowijayan 1, Yogyakarta

Keraton Yogyakarta terdapat di dalam pusat kota Yogyakarta. keraton ini dulunya didirikan oleh sultan Hamengku Buwono I di th 1755. Beberapa kompleks keraton adalah museum yang menaruh beragam koleksi punya kesultanan, layaknya tiruan pusaka keraton serta beragam jenis gamelan. salah satunya yaitu museum kereta keraton yogyakarta, museum kraton yogyakarta serta museum batik.

Tak hanya beragam benda budaya & arsitektur anda bisa lihat pertunjukkan karawitan, macapat, wayang kulit maupun wayang orang yang senantiasa dipentaskan lebih kurang jam 10. 00 – 12. 00 di bangsal sri manganti.

Akses ke Kraton Yogyakarta

Banyak transportasi umum yang bisa dipakai untuk menuju ke keraton yogyakarta dikarenakan memanglah letaknya yang di dalam pusat kota. biaya untuk bis umum lalu cuma rp 3. 000 per orang.

Jam buka

Museum ini buka tiap-tiap hari jika bila ada upacara kebiasaan. di buka mulai jam 08. 30 – 14. 00 jika hari jumat cuma hingga jam 13. 00.

Biaya tiket masuk

Agar bisa memasuki museum kraton yogyakarta anda cukup membayar biaya masuk Rp 5.000 serta Rp 1.000 untuk kamera.

 

Perihal Candi Borobudur

Candi ini terdapat di 15 km sebelah selatan gunung tidar atau kurang lebih 40 km sebelah utara kota yogyakarta. konon candi ini dibangun oleh raja samaratungga, di antara raja kerajaan mataram kuno serta adalah candi terbesar di abad ke-9.

Candi ini mempunyai 1460 relief serta 504 stupa di kompleknya. borobudur berupa punden berundak terdiri dari 10 tingkat. tingginya lebih kurang 42 mtr. sebelum saat direnovasi serta 34, 5 sesudah direnovasi. serta tiap-tiap tingkatan melambangkan bagian kehidupan manusia

bangunan terdiri dari 4 sisi. sisi pertama dimaksud kamadhatu ( melambangkan manusia yang tetap terikat dengan nafsu ), empat tingkat di atasnya dimaksud rupadhatu ( melambangkan manusia yang telah terbebas dari nafsu namun tetap terikat rupa serta bentuk ) serta tiga tingkat di atasnya lagi dimaksud arupadhatu ( melambangkan manusia yang telah tidak terikat dengan nafsu, rupa serta bentuk), namun yang teratas dimaksud arupa ( melambangkan nirwana area sang budha bersemayam).

Akses ke borobudur

untuk menuju ke borobudur dari kota yogyakarta anda bisa naik trans jogja jalur 2a menuju ke terminal jombor tiketnya cuma Rp 3. 000 per orang. turun dari halte jombor anda bisa naik bis jurusan jombor – borobudur serta harga nya lebih kurang Rp 10. 000 per orang.

biaya tiket masuk.

Biaya masuk ke borobudur lalu cuma Rp 30. 000 per orang.

 

Perihal Candi Prambanan

Jalur raya Yogya Solo

Candi prambanan adalah peninggalan kebudayaan hindi terbesar di indonesia, candi prambanan mempunyai pesona keindahan tersendiri karena tak hanya tata letaknya yang mengagumkan candi prambanan juga menaruh cerita sejarah serta legenda yang amat menarik serta unik dengan latar belakang cerita percintaan maka dari itu candi prambanan pantas di kunjungi wisatawan.

candi prambanan terdapat pas pinggir’>di pinggir jalur raya lebih kurang 17 km dari yogyakarta menuju solo, karenanya candi prambanan adalah object wisata andalan. dikarenakan letaknya yang amat strategis serta mudah di periodeu dengan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum. candi prambanan adalah kompleks dikarenakan di lokasi ini bukan sekedar ada satu candi, tetapi tiga candi dengan bangunan utama candi prambanan yang di bangun pada abad 9 m dengan arsitektur yang indah serta mempunyai ketinggian lebih kurang 47 mtr..

ketiga bangunan tersebut melambangkan trimurti, yakni ajaran perihal tiga dewa utama yang terdiri dari candi siwa (dewa pelebur) yang ada di dalam, candi brahma (dewa penjaga) ada di selatan serta candi wisnu (dewa pencipta) ada di utara. namun di depan ada tiga candi kecil yang melambangkan wahana atau kendaraan beberapa dewa, yakni : candi nandi (kerbau) yang disebut kendaraan untuk dewa siwa, candi angsa kendaraan untuk dewa brahma serta candi garuda yang disebut simbol kendaraan dewa wisnu.

Tak hanya mudah di periodeu, harga tiket yang relatif murah, ada juga museum dengan audio visual yang memutarkan film perihal ditemukannya candi prambanan, benda arkeolog serta perhiasan raja mataram kuno.

Akses ke candi prambanan

Candi Prambanan terdapat pas pinggir’ di pinggir jalur raya lebih kurang 17 km dari yogyakarta menuju solo, karenanya candi prambanan adalah object wisata andalan. dikarenakan letaknya yang amat strategis serta mudah di periodeu dengan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum layaknya bus transjogja memilih jalur 1A atau 1B.

Di lebih kurang candi ada kereta mini yang dapat di pakai untuk melingkari lokasi candi prambanan.

Biaya tiket masuk

Tiket sebesar Rp. 30.000,- untuk wisatawan lokal serta $18 untuk wisatawan asing.

Perihal Candi Ijo

Candi Ijo yaitu sesuatu candi yang letaknya sangat tinggi diantara candi-candi yang lain di tempat istimewa yogyakarta. candi ijo, berlokasi di bukit ijo, sambirejo, kecamatan prambanan, kabupaten sleman, tempat istimewa yogyakarata. untuk masuk ke candi ijo tidaklah di pungut biaya, cukup isi daftar buku tamu.

Candi Ijo dibangun pada abad ke-9 di sesuatu bukit dengan ketinggian 410 mtr.

tidak cuma candi yang dapat di nikmati tetapi panorama alam di bawahnya, yang berbentuk teras-teras layaknya di tempat pertanian yang mempunyai kemiringan cukup curam. Kompleks candi terdiri dari 17 susunan bangunan yang terbagi didalam 11 teras. teras pertama sampai teras ke sebelas berbentuk teras berundak yang membujur dari arah barat ke timur. Bangunan pada teras ke-11 yaitu pagar keliling, delapan bah lingga patok, empat bangunan yakni candi utama serta tiga candi perwara. macam bentuk seni rupa didapati sejak masuk ke bangunan ini, candi ijo tergoling candi hindu. perihal ini dapat di tengok karenanya ada kala-makara yang motif kepala ganda diatas pintu masuk. motif kepala ganda serta atributnya juga dapat didapati pada candi budda.

Ada juga arca yang menggambarkan sosok wanita serta lelaki, sosok tersebut bisa memiliki sebagian arti, pertama sebagai langkah untuk mengusur roh jahat atau bisa juga berarti sebagi simbol bersatunya dewa siwa serta dewi uma yang bermakna sebagi awal terciptanya alam semesta. Ada area api pengorbanan yaitu merupakan cermin penduduk hindu yang memuja brahma, ada tiga candi perwara yang tunjukkan penghormatan penduduk pada hindu trimurti, yakni : brahma, siwa, serta wisnu.

Di antara karya yang menaruh misteri yaitu 2 buah prasasti yang terdapat di bangunan candi pada teras ke-9. Di antara prasasti tersebut di beri kode, bertuliskan guywan yang bermakna pertapaan. Prasasti yang lain terbuat dari batu berukuran dengan tinggi 14 cm serta tidak tipis 9 cm, berisi mantra-mantra yang di perkirakan berbentuk kutukan. Berkunjung ke candi ijo, anda dapat menjumpai panorama yang indah, apabila menghadap ke arah barat serta memandang ke bawah anda dapat lihat pesawat take off serta landing di bandara adisutjipto.

Akses ke Candi Ijo

Dari Yogyakarta, jarak candi ijo lebih kurang 28 km ke arah timur. gunakan bus, dapat melewati rute menuju candi prambanan yakni trans-jogja (1A serta 1B).

Perihal Taman Sari Keraton

Yogyakarta atau Jogja dikenal sebagai kota budaya, bayak situs-situs kebudayaan yang dapat kita dapatkan disana. di antaranya yaitu istana taman sari atau pasranggahan taman sari. letak taman sari tidak jauh dari keraton yogyakarta, tepatnya lebih kurang 0, 5 km sebelah selatan keraton. taman sari yaitu taman istana yang mempunyai style arsitektur unik dikarenakan adalah perpaduan pada style arsitektur jawa serta portugis, sultan hamengkubuwono i dulunya memanglah dibantu oleh arsitek-arsitek dari portugis waktu akan membangun taman sari ini.

Perihal pertama yang mengesankan saat anda berkunjung ke taman sari yaitu gapura unik dengan ukiran-ukiran cantik sebagai pintu masuk di taman sari. memasuki dua pintu kedalam anda dapat mendapatkan dua kolam berair biru. pada saatnya kolam tersebut yaitu area pemandian beberapa putri serta selir-selir raja. hiasan-hiasan layaknya air mancur yang berupa kepala naga serta pot-pot bunga disekelilinya menambah apiknya interior di taman sari.

Area unik lain yang dapat anda jumpai disini yakni masjid bawah tanah. letak masjid ini memanglah unik dikarenakan ada di bawah tanah, namun jalur menuju masjid ini lalu tidak kalah uniknya. untuk menuju masjid bawah tanah, anda mesti melalui jalur yang berbentuk lorong-lorong panjang serta tangga-tangga. style arsitektur masjid ini tidak layaknya masjid-masjid biasanya yang berupa persegi, tetapi berupa lingkaran. di dalam-tengah masjid ini ada sumur yang dimaksud sumur gumilang. masjid ini dulunya adalah surau yang kerap di gunakan sultan untuk shalat. Lantas tak ada salahnya anda menyempatkan diri berkunjung ke taman sari waktu anda berlibur ke jogja. suasanan taman sari bikin anda memikirkan kehidupan kerajaan di periode lampau.

Akses ke Taman Sari Keraton

Tiket masuk menuju taman sari yakni Rp 2. 500 untuk domestic serta Rp 5000 untuk mancanegara, sarana yang dapat anda peroleh yakni parkir serta pemandu wisata berlisensi. Akses menuju taman sari tidaklah sukar anda dapat menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke sana, atau dari titik 0 km ada dapat menggunakan becak maupun ojek ongkosnya di bawah Rp 10. 000 saja.

Pantai dan Kepulauan

 

Perihal Pantai Parangtritis

Pantai yang amat popular di kota yogyakarta. terdapat lebih kurang 27 km ke arah selatan dari pusat kota yogyakarta. di pantai ini disiapkan juga dokar wisata, komplek kerajinan kerang serta pelelangan ikan hias dan persewaan ATV (all terrain vechile) yang biayanya lebih kurang Rp 50.000 – Rp 100.000 per 1/2 jam. Tak hanya tawarkan keindahan alam, pantai ini juga kerap dipakai untuk beragam acara layaknya labuhan, upacara pisungsung maupun ziarah malam.

Akses ke Pantai Parangtritis

Agar bisa ke pantai ini bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi layaknya motor maupun mobil. biaya parkir untuk motor Rp 2. 000 serta untuk mobil Rp 3. 000. atau anda bisa naik bis jurusan Yogyakarta – parangtritis dengan biaya Rp 3. 000 per orang.

Perihal Pantai Depok

Pantai ini terdapat di 5 km sebelah barat pantai parangtritis. adalah pantai yang dikembangkan sebagai area pelelangan ikan serta wisata kuliner terutama sea food. hidangan ikan yang sangat popular serta murah yaitu ikan cakalang harga nya rp 8. 000 per kg diisi 5-6 ekor ikan. atau ikan kakap putih ataupun kakap merah, harga nya lebih kurang Rp 17.000 – Rp 25.000 per kg serta ikan bawal yang harga nya lebih kurang Rp 27.000 – Rp 60.000 per kg. pastinya di pantai ini juga dijual udang, kepiting serta cumi-cumi.

Sesudah senang beli umumnya anda dapat diantar menuju di antara warung makan oleh seorang warga serta ikan belanjaan anda dapat dimasakkan, tinggal tentukan pingin digoreng atau dibakar. biaya untuk 1/2 kg ikan cakalang serta minum lebih kurang Rp 25.000 plus layanan memasaknya.

Perihal Pantai Siung

Terdapat di lokasi terpencil di kabupaten gunung kidul, lebih tepatnya sebelah kecamatan tepus. pantai siung berjarak 98 km. atau 2 jam perjalanan dari pusat kota yogyakarta. walau jalur untuk menuju pantai siung amat sukar serta melelahkan tetapi sesampainya di pantai siung seluruh kelelahan dapat terobati dengan birunya air laut dengan pasir putihnya. ada sebanyak rumah-rumah kayu di pantai, sebagai area beristirahat sembari nikmati keindahan pantai siung. dengan harga tiket masuk sebesar rp 5000 terhitung biaya parkir kendaraan bermotor.

Tak hanya birunya air laut serta pasir putihnya, pantai siung mempunyai kelebihan lain, yakni batu karang yang berukuran raksasa di sebelah barat serta timur pantai. karang itu juga jadi saksi kejayaan lokasi pantai di periode lantas dengan pesonanya yang di kenal di lokasi asia.

menurut cerita, sesepuh setempat yang bernama wastoyo, lokasi siung pada saat wali jadi di antara pusat perdagangan di gunung kidul, tidak jauh dari pantai lebih tepatnya di lokasi winangun.

Lebih kurang th. 1989, karang-karang di pantai siung mempunyai fungsi mutlak dikarenakan pada th. 1989 ada komune penggemar alam dari jepang memakai tebing-tebing karang pantai siung sebagai area panjat tebing, lantas di dekade 90-an berjalan persaingan asian climbing gathering.

saat ini sejumlah 250 jalur pemanjatan dengan grade ( tingkat kesusahan ) serta cii-ciriistik beragam yang ada di pantai siung serta tidak menutup kemungkinan jalur pemanjatan ini bisa di makin. tak hanya sarana jalur pemanjatan, disini juga ada sarana lain yang beri dukungan aktivitas panjat tebing layaknya ground camp di mana beberapa penggemar alam yang tengah lakukan aktivitas pendakian bisa membangun tenda-tenda dengan menyalakan api unggun tetapi dengan syarat tidak menganggu habitat penyu maupun mengakibatkan kerusakan lingkugan. Tidak jauh dari area ground camp ada sesuatu tempat tinggal panggung yang terbuat dari kayu serta di pakai sebagai base camp, ukuran tempat tinggal panggung ini cukup besar serta dapat untuk 10 apalagi 15 orang. waktu malam tiba nan sepi, sekelompok kera ekor panjang dapat turun dari puncak tebing.

Akses ke Pantai Siung

Agar bisa menjangkau pantai siung gunakan kendaraan pribadi dapat lebih mudah dikarenakan sulitnya mendapatkan angkutan umum layaknya bus maupun colt. gunakan motor ataupun mobil yaitu alternatif terbaik untuk menuju pantai siung, tetapi kendaraan mesti dengan performa yang baik dikarenakan jalur menuju pantai siung di kelilingi perbukitan kapur serta ladang palawija dan banyak di dominasi dengan tanjakan serta tikungan tajam walau situasi jalur cukup baik, beraspal serta mulus tetapi mesti terus waspada. jalur mudah menuju pantai siung dari yogyakarta menuju wonosari ke arah tepus serta setelah itu purwodadi lantas siung, jalur lain dari yogyakarta menuju imogiri ke arah gunung kidul, tetapi jalur ini dapat lebih sukar dikarenakan banyaknya jalur berlubang.

Perihal Pantai Ngusalan

Ada di kabupaten gunungkidul, 50km tenggara dari yogyakarta, pantai ini tetap ada di lokasi pantai wediombo. dari pusat kota wonosari, pantai ngsalan berjarak lebih kurang 40 km ke arah selatan, tepatnya di kecamatan girisubo. pantai ini letaknya di dalam pedesaan, maka sedikit yang berkunjung ke pantai ini, walau demikian keindahan pantai ngusalan tidak kalah dengan pantai-pantai lain yang ada di yogyakarta.

Dikarenakan sedikit pengunjung, jadikan pantai ngusalan tetap amat alami. di antara daya tarik di pantai ngusalan yaitu, wisatawan bisa berburu keong laut yang banyak ada di tepi pantai disamping itu pengunjung akan disungguhi dengan beragam habitat laut layaknya kerang, lobster, udang, ada juga sebagian type rumput laut yang tetap amat terjaga kelestarian alamnya. Tidak jauh dari pantai ngusalan ada sesuatu gua yang menawan (gua sinden). gua ini bisa jadikan area beristirahat untuk beberapa pengunjung. didalam goa ada stalagmit serta stalagtit yang menambah keindahan.

Akses ke Pantai Ngusalan

Agar bisa ke pantai ngusalan gunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum, dari kota wonosari menuju jepitu, sesampainya di jepitu perjalanan dilanjutkan gunakan ojek.

Perihal Pantai Ngrenehan

Parangtritis atau paris barangkali jadi pantai pertama yang terbersit di benak anda waktu anda berkunjung ke jogja. namun tahukah anda bahwa di selatan jogja tepatnya tempat gunung kidul ada deretan pantai pasir putih yang tidak kalah indah. di antaranya yaitu pantai ngrenehan, pantai ngrenehan terdapat dibagian barat gunung kidul, tepatnya di desa kanigoro, kecamatan saptosari,. akses menuju area ini memanglah lebih sulit disbanding pantai-pantai gunung kidul lain yang ada dibagian timur. namun, saat anda berkunjung ke jogja luangkan lah untuk lihat indahnya panorama di pantai ngrenehan ini, dikarenakan dijamin anda tak lagi menyesal. Pantai ngrenehan memanglah tidak seramai pantai-pantai lain di jogja, lebih tampak layaknya pantai pribadi.

Dikarenakan itu keindahan pantai ini tetap alami, pasir putih serta biru air laut terbingkai didalam deretan karang, pantai ini juga diapit oleh dua tebing tinggi dikanan kirinya. pantai ngrenehan tidak sama dengan pantai-pantai selatan biasanya yang berombak besar, di pantai ini nyaris tak ada ombak, lantas anda dapat aman berenang disana. Di pantai ini anda juga dapat nikmati kuliner laut, ada tpi kecil didekat parkiran yang jual bermacam ikan fresh hasil tangkapan nelayan. selesai belanja ikan di tpi, anda dapat segera memasaknya serta menikmatinya atau dapat juga dibawa pulang sebagai oleh-oleh. tidak butuh kuatir dengan harga nya, dikarenakan dijamin anda dapat beroleh kuliner laut enak dengan biaya yang relative lebih murah di banding pantai-pantai lain di jogja.

Akses ke Pantai Ngrenehan

Dikarenakan tak ada kendaraan umum yang menuju pantai ngrenehan, maka anda mesti menggunakan kendaraan pribadi. untuk anda yang dari luar jogja serta tidak membawa kendaraan pribadi, anda dapat menyewa mobil atau montor di jogja. Dari kota jogja ambilah jalur wonosari ikuti jalur tersebut sampai anda mendapatkan pasar trowono, sesudah itu ambilah arah selatan hingga kelurahan kanigoro saptosari, waktu anda mendapatkan pertigaan jalur wonosari-imogiri ambillah arah kiri. tiket masuk pantai ngrenehan rp 5000, – belum terhitung parkir.

Petualangan dan Wahana

Perihal Agrowisata Mangunan

Kebun buah mangunan ada di kelurahan mangunan, kecamatan dlingo, kabupaten bantul, tempat istimewa yogyakarta. berjarak 35 km dari pusat kota yogyakarta, agrowisata ini dibangun diatas area seluas 23, 34 hektar pada th. 2003 oleh permerintah kabupaten bantul. lokasi ini ada di lokasi perbukitan kaki pegunungan seribu dengan ketinggian 150-200m diatas permukaan laut.

Di area ini anda dapat nikmati bermacam buah-buahan yang dapat segera anda petik serta nikmati. namun tidak seluruh buah dapat ada didalam satu waktu dikarenakan ada sebagian buah menurut musimnya. untuk dapat memetik serta nikmati bermacam buah segera dari pohonnya, anda diharuskan membayar sesuai dengan tarif yang ditentukan. sembari nikmati buah di area ini, anda dapat nikmati panorama di lokasi perbukitan ini. agrowisata ini mempunyai gardu pandang yang ada di puncak bukit, anda dapat nikmati panorama alam pegunungan seribu yang indah.

Tak hanya nikmati kesegaran buah-buahan serta panorama alamnya yang indah, di agrowisata mangunan ini anda juga dapat nikmati sebagian sarana yang disiapkan, layaknya : area outbond, atraksi flying fox serta sepeda air. area ini juga kerap jadikan arena latihan serta perlombaan untuk beberapa penggemar downhill serta cross country.

Akses ke Agrowisata Mangunan

Untuk anda yang pingin menuju lokasi ini, baiknya menggunakan kendaraan pribadi dikarenakan minimnya angkutan umum yang melalui area ini. untuk menuju agrowisata mangunan anda dapat melalui jalur imogiri timur menuju arah imogiri dlingo, lantas lebih kurang 5km dari imogiri dlingo anda dapat menjumpai balai desa mangunan. di balai desa ini ada panduan arah untuk menuju lokasi agrowisata mangunan. anda tinggal ikuti panduan arah tersebut serta anda dapat hingga di agrowisata mangunan yang sejuk. tiket masuk ke lokasi ini seharga Rp. 5. 000, -/orang.

Perihal Gembiraloka Zoo

Jalur kebun raya no. 02

Memanglah seru bila weekend bareng keluarga tercinta. terlebih bila ditemani dengan si buah hati. tentunya dapat makin menambah weekend anda sekalian merasa istimewa. tetapi, bila cuma jalan-jalan tanpa ada pengetahuan bikin si buah hati atau bikin kita rasa-rasa nya kok ada yang kurang ya? di sini area nya. namanya kebun binatang gembiraloka. rekreasi sembari edukasi mengetahui satwa serta tumbuh-tumbuhan.

Apa itu kebun binatang gembiraloka ? gembiraloka atau yang lebih akrab dengan sebutan gembiraloka zoo yaitu sejenis kebun binatang yang terdapat di tempat  Yogyakarta atau lebih pas nya di jalur kebun raya no. 02 ( jalur dari titik 0 km yogyakarta atau pusat kota yogyakarta ke arah timur ). kebun binatang ini dibangun lebih kurang pada th. 1933 atas inspirasi dari sri sultan hamengkubuwono viii. yang pada awalnya cuma inginkan sesuatu area hiburan, tengok saja makna dari gembiraloka (gembira bermakna gembira serta loka bermakna area). tetapi, area memelihara satwa kelangenan (peliharaan) raja jadi sesuatu kebun binatang publik baru bisa direalisasikan pada saat sri sultan hamengkubuwono IX.

Lantas apa saja yang ada di kebun binatang ini ?tapi pasti nya kita dapat disuguhi beragam macam satwa baik hewan maupun tumbuhan. dari mulai lihat hewan type mamalia (harimau sumatera, harimau putih, unta, beruang madu, orang utan, dan lain-lain), type burung atau unggas (kakatua, nuri bayan, julang emas, merak hijau, dan lain-lain), type reptilia (monitor pohon, viper wagleri, soa payung, dan lain-lain), type amfibi (katak bibir putih, katak pacman, katak tomat, dan lain-lain), type ikan (ikan discus, piranha, niasa, arapiama raksasa, dan lain-lain) atau akan tengok type tumbuhan ada juga, contoh type kelapa sawit, secang, kesambi, dan lain-lain.

Disamping itu seluruh, sekarang ini kebun binatang gembiraloka juga melengkapi fasilitas-fasilitas permainan yang bisa dipakai atau disewa oleh pengunjung. bila kita mujur, maka kita bisa melihat atraksi sebagian satwa yang ada di gembiraloka serta sekalian bisa berhubungan dengan di antara satwa nya yaitu orang utan. kita bisa bersalaman, berpelukan apalagi kita juga bisa berfoto dengan si orang utan tersebut, dengan biaya rp 15. 000 per photo kita telah mendapatkan hasil cetak photo ukuran 4r dengan si orang utan tersebut.

Disamping itu, ada juga arena tangkap ikan, refleksi ikan, tunggang gajah, tunggang unta, banana boat, sepeda air, skuter air atau yang senang sedikit tantangan dapat coba atv. harga sewa nya lalu relatif cukup murah berkisar pada rp 10. 000 – rp 20. 000 per putaran. untuk pengunjung yang sekiranya sudah capek jalan, disiapkan juga kendaraan berbentuk kereta pengunjung. harga tiket nya lalu berfariasi, untuk yang cuma inginkan hingga pos tersebut nya atau satu setopan cukup membayar dengan Rp 5.000. atau yang akan multi stop, cuma dengan biaya Rp 20.000 bisa mengelilingi lebih kurang gembiraloka tanpa mesti jalan kaki.

Untuk yang telah jadi lapar saat ini gembiraloka zoo juga tengah mengembangkan sesuatu foodcourt di sebelah pintu keluar atau sebelum saat pintu keluar dari gembiraloka zoo. Pokok nya lengkap sekali lah. senang-senang dengan keluarga bisa, ilmu juga oke. nahh kurang apa lagi ? untuk urusan yang satu ini gembiraloka zoo juga tidak ketinggalan. beberapa pengunjung dapat pesan marchendise berbentuk kaos di kios yang dekat dengan tunggang untu. nah di sini kita juga dapat berfoto dengan satwa serta beli kaos yang harga nya berfariasi juga lebih kurang Rp 40.000an. disamping itu di pintu keluar juga sudah disiapkan beberapa puluh kios yang berjejer rapi menjual beragam macam oleh-oleh dimulai dari makanan khas sampai kaos khas jogjakarta. Nah keuntungan beli di sini dapat tawar-menawar.

Nah saat ini telah betul-betul lengkap liburan anda beserta keluarga atau rombongan. tetapi ada satu perihal yang bikin terenyuh, usut punya usut nyatanya banyak hewan yang ada di gembiraloka zoo telah terancam punah. Oleh dikarenakan itu, mari kita jaga berbarengan, supaya nantinya anak cucu kita terus bisa lihat hewan atau tumbuhan yang super duper eksotis tersebut. jangan sempat anak serta cucu kita cuma lihat melewati gambar atau cuma mendengar dari cerita.

Akses ke Gembiraloka Zoo

Letak dari kebun binatang ini dapat dikatakan amat strategis, letak nya ada disamping sungai gajah wong. akses nya lalu amat mudah dapat menggunakan kendaraan pribadi atau umum gunakan bis jalur 4 arah ke terminal giwangan.

Biaya tiket masuk

untuk biaya masuk nya lalu dapat dikatakan terjangkau untuk seluruh kelompok umur. yaitu Rp 20.000 per orang (diatas 3 th telah bayar), bila kami (penulis) anjuran kan tambah baik berangkat rombongan dikarenakan akan potongan harga yang beragam. untuk harga Rp 20.000 dengan disuguhi sesuatu area rekreasi yang lengkap, bersih, nyaman serta terpelihara dapat dikatakan murah lah. Terlebih bila kita ketahui bahwa harga tiket tersebut tentu nya untuk memelihara satwa-satwa yang ada didalam nya.

Demikianlah informasi dari kami untuk rekan rekan yang mungkin sedang melakukan liburan bersama keluarga dan juga pasangan anda, semoga info dari kami tentang Obyek Wisata di Yogyakarta ini sedikit memberikan pengetahuan tentang trveling anda nantinya. Semoga liburan anda berkesan dan terimas kasih telah mengunjungi situs kami. Selamat berlibur.

Baca juga

4 Tempat Wisata di Wonogiri yang Wajib Kamu Kunjungi

Iklan