Tempat Wisata di Pontianak Yang Wajib Dikunjungi

 

Tempat Wisata di Pontianak Yang Wajib Dikunjungi – Terkenal dengan salah satu wilayah atau kota di Indonesia yang berada tepat di garis Khatulistiwa, kota Pontianak adalah salah satu kota di dunia yang lokasinya persis di lewati garis imaji yang membagi antara utara dan selatan dunia.

Pontianak pun sadar betul akan hal ini. Untuk menguatkan predikat yang lekat menempel, sebuah tugu yang tepat berlokasi di garis khatulistiwa di dirikan sebagai pengingat posisi kota Pontianak.

Dengan dua sungai yang besar dan terkenal di Indonesia, yakni sungai Kapuas dan sungai Landak. Salah satu sungai besar di Indonesia ini bahkan digambarkan di logo kota Pontianak. Tidak hanya populer dengan kota garis Khatulistiwa dan kota dengan dua sungai besar di Indonesia, wisata Pontianak tidak bisa untuk tidak dianggap.

Entah mengapa, rasanya tidak begitu lengkap jika membahas kota Pontianak namun tidak membahas wisata Pontianak. Hal ini begitu erat dan patut untuk diperbincangkan. Setuju? Karena hal tersebut, penulis merangkum beberapa tempat wisata Pontianak yang amat sayang untuk dilewatkan kalau anda berkunjung ke kota indah ini.

1. Tempat Wisata Keraton Kadriah Pontianak

Sultan Syarih Abdurrahman Alqadrie membangun Keraton Kadriah pada tahun 1771. Berada persis di jalan Tritura, Pontianak. Bangunan yang merupakan sultan pertama dalam sejarah kesultanan di Pontianak ini terbuat dominan dari kayu Belian. Kayu ini terkenal layaknya besi, tentu saja karena kokoh dan kekuatannya.

Dengan hiasan meriam kuno pada halaman Keraton Kadriah, salah satu peninggalan Jepang dan Portugis ini menambah kesan kental wisata Pontianak. Pun anda juga dapat melihat singgasana sultan dan permaisuri di bagian dalam lengkap bersama deretan foto, pakaian dan koleksi pribadi sang sultan.

Yang unik adalah, di dalam Keraton Kadriah juga ada properti pribadi milik Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie. Apa itu? Al Quran yang ditulis tangan oleh tangannya sendiri.

2. Makam Kesultanan Batulayang Pontianak

Salah satu komplek pemakaman yang lokasinya menjadi peristirahatan terakhir tujuh sultan Pontianak dan keluarga. Tentu saja, yang menjadi spesial di Makam Kesultanan Batulayang adalah makam dari sultan pertama Pontianak, sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie. Kenapa spesial? Karena lokasinya tepat di dalam ruangan yang berada persis di tengah kompleks dengan bentuk layaknya bunker kecil. Pintu bunker yang dibuat lebih rendah dari rata-rata tinggi manusia membuat layaknya orang yang berkunjung ke dalam makan sultan pertama menunduk seakan-akan memberi hormat pada sang sultan pertama Pontianak.

Ini adalah salah satu wisata Pontianak yang unik. Walaupun bentuknya pemakaman, tentu bukan hanya pemakaman biasa. Selain pengalaman religius dan bersejarah, banyak yang bisa anda dapatkan di wisata Pontianak yang satu ini.

Tidak di pungut biaya masuk, Makam Kesultanan Batulayang selalu ramai dikunjungi turis maupun penduduk asli Pontianak.

3. Tempat Wisata Tugu Khatulistiwa Pontianak

Wisata Pontianak yang menjadi kebanggaan penduduk asli Pontianak, yap, inilah Tugu Khatulistiwa. Berada kurang lebih 3 km dari pusat kota, wisata Pontianak ini cukup unik dan menarik untuk dikunjungi.

Di Tugu Khatulistiwa, terdapat museum yang bisa anda lihat beirisi informasi tentang apa saja mengenai garis imajinasi bumi yang disebut garis Khatulistiwa tentunya. Dengan adanya toko suvenir pada wisata Pontianak ini tentunya anda bisa membeli oleh-oleh semisal miniatur Tugu Khatulistiwa dan oleh-oleh Pontianak yang lainnya.

Tidak dipungut sama sekali biaya masuk, Tugu Khatulistiwa adalah salah satu wisata Pontianak rekomendasi penulis untuk anda kunjungi. Nah, kalau anda kesini dan ingin mendapat sertifikat bukti kunjungan anda disini, cukup membayar 10 ribu rupiah, anda sudah bisa mendapatkannya. Murah, ya?

mengambil foto di lokasi yang tepat di garis Khatulistiwa, jangan lupa untuk membawa GPS karena tanda di tanah yang menandakan posisi tepat garis Khatulistiwa hanya terlihat di siang hari saat sinar matahari cukup terang.

4.Tempat Wisata Kapuas Dalam Pontianak

Sungai Kapuas merupakan sungai terpanjang di Indonesia yang membelah Kalimantan Barat, termasuk Pontianak. Oleh karena itu, mengunjungi Pontianak tentu tidak lengkap tanpa mengunjungi sungai Kapuas. Salah satu cara terbaik untuk menikmati keindahan sungai Kapuas adalah dengan mengunjungi wisata Pontianak bernama Kapuas Dalam.

Kapuas Dalam adalah sebuah area wisata yang terletak di tepi sungai Kapuas, di daerah Sungai Jawi, Pontianak. Di sana, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam sungai Kapuas yang indah sambil menikmati hidangan khas Pontianak seperti ikan bakar dan mi kuah. Terdapat pula beberapa kegiatan menarik di Kapuas Dalam seperti naik perahu, memancing, dan menikmati musik tradisional Kalimantan.

5.Taman Alun-Alun Kapuas Pontianak

Taman Alun-Alun Kapuas adalah taman kota yang terletak di tepi sungai Kapuas. Wisata Pontianak ini menawarkan pemandangan indah sungai Kapuas dan jembatan Kapuas yang sangat ikonik. Taman ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti arena bermain anak, panggung untuk acara musik dan tari, serta sejumlah pedagang makanan dan minuman.

Di malam hari, taman Alun-Alun Kapuas dihiasi dengan berbagai lampu warna-warni yang menambah keindahan pemandangan sungai Kapuas. Wisata Pontianak ini menjadi tempat yang sangat populer bagi warga dan pengunjung yang ingin bersantai dan menikmati suasana kota yang tenang di tepi sungai.

Itulah beberapa tempat wisata Pontianak yang wajib dikunjungi. Tentunya masih banyak tempat-tempat menarik lainnya yang dapat ditemukan di kota ini. Jangan lupa untuk mencoba kuliner khas Pontianak seperti sate kelapa, soto betawi, dan nasi goreng kampung saat berkunjung ke sana.

Selamat berlibur!

Baca juga

Wisata Samarinda Asri, Sejuk dan Hijau di Segala Tempat

Iklan