Wisata Samarinda Asri, Sejuk dan Hijau di Segala Tempat

Wisata Samarinda Asri, Sejuk dan Hijau di Segala TempatMerupakan ibukota dari provinsi Kalimantan Timur, kota Samarinda menjelma menjadi kota yang penduduknya paling padat di Kalimantan. Selama ini, kota Samarinda hanya terkenal dengan kain tenun khas yang biasanya mempunyai motif kotak-kotan dengan paduan dan corak berbagai warna yang berbeda. Kenyataannya, bukan hanya tenun, wisata Samarinda pun patut untuk anda perhitungkan. Banyak pontesi terpendam di kota ini.

Tak banyak dikenal memang, wisata Samarinda masih tertutup dari publikasi yang luas. Tapi, menurut penulis justru inilah daya tarik yang bisa menjadi sangat menarik bila anda mengetahuinya lebih lanjut. Inilah beberapa rekomendasi penulis tentang wisata Samarinda yang berpontensial.

1. Air Terjun Tanah Merah – Wisata Samarinda Menyegarkan

Berada tepat di dusun Purwosari, kecamatan Samarinda Utara, anda bisa menuju destinasi wisata ini yang jaraknya kurang lebih 14 km dari pusat kota Samarinda. Pun dengan akses kendaraan umum, anda bisa mencapai lokasi wisata Samarinda Air Terjun Tanah Merah dengan mudahnya.lokasi Air Tejun Tanah Merah

Tergolong amat unik, air terjun yang tingginya mencapai 15 meter ini mempunyai karakter air yang jernih dan teramat bersih. Lalu, ketika air terjun mencapai dasar, tiba-tiba air yang tadinya jernih menjadi keruh kemerahan. Wah, kok bisa? Ini karena dasar tanah pada lokasi air terjun ini mempunyai tanah berjenis gambut.

Tak ingin badan dan tubuh basah terkena air? Duduk-duduk di gazebo sembari menikmati pemandangan dan udara jernih bisa jadi opsi anda untuk bersantai. Apalagi dengan menyantap hidangan dari warung sekitar lokasi wisata, sungguh nikmat rasanya jika dibayangkan.

2. Desa Budaya Pampang – Wisata Samarinda Sekaligus Belajar Budaya

Selain menikmati budaya penduduk setempat, wisata Samarinda ini sangat banyak peminatnya, lho! Desa budaya Pampang dihuni oleh penduduk asli yang merupakan suku Dayak Kenyah. Pada hari Minggu setiap pukul 1 siang hingga 3 sore, akan diadakan pertunjukkan dan kebolehan seni oleh penduduk lokal di gedung pertemuan desa.

Yang membuat salah satu wisata Samarinda ini unik adalah anda harus mengenakan pakaian adat ketika melihat dan berkunjung. Tak perlu khawatir, anda bisa menyewa pakaian adat dan mengabadikannya dengan berfoto di rumah adat.

3. Kebun Raya Unmul – Wisata Samarinda Asri

Berjarak kurang lebih 10 km dari pusat kota, Samarinda, Kebun Raya Unmul adalah hal milik dari Universitas Mulawamana yang terbuka untuk akses umum. Biaya masuk ke wisata Samarinda yang satu ini hanyalah lima ribu rupiah.

Kebun Raya Unmul

Di dalam kebun raya Unmul, anda bisa mengelilingi danau yang ukurannya sangat besar dengan cara menyewa sepeda air. Andong pun tersedia untuk anda yang ingin berwisata mengelilingi destinasi wisata ini.

4. Telaga Permai Batu Besaung – Wisata Samarinda Bertema Kawasan Hijau

Telaga Permai Batu Besaung merupakan salah satu wisata Samarinda yang bertema kawasan hijau. Di sini, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang indah dan udara segar yang masih alami.

Selain itu, Telaga Permai Batu Besaung juga menjadi destinasi yang cocok untuk aktivitas outdoor, seperti camping atau berkemah di sekitar area air terjun. Pengunjung bisa merasakan sensasi berada di tengah alam yang asri dan jauh dari hiruk pikuk kota.

Tak hanya itu, di Telaga Permai Batu Besaung juga terdapat fasilitas olahraga dan rekreasi, seperti lapangan basket, area bermain anak-anak, dan kolam renang. Sehingga, wisata ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman.

Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan lingkungan ketika berkunjung ke Telaga Permai Batu Besaung. Selain itu, pastikan juga untuk mematuhi aturan dan petunjuk yang ada di wisata ini, sehingga pengunjung dapat merasa aman dan nyaman selama berwisata.

5. Bukit Kapur Samarinda – Wisata Samarinda Pemandangan Indah

Bagi para pecinta hiking atau pendaki gunung, Bukit Kapur Samarinda bisa menjadi pilihan wisata Samarinda yang menarik. Dengan ketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan laut, dari puncak bukit ini anda bisa menikmati pemandangan Kota Samarinda dan Sungai Mahakam yang membelah kota tersebut.

Bukit Kapur Samarinda

Untuk mencapai puncak Bukit Kapur, anda harus menempuh perjalanan sekitar 30-45 menit dengan trekking. Namun, perjalanan tersebut akan terbayar lunas ketika tiba di puncak dan melihat panorama alam yang menakjubkan.

Itulah beberapa rekomendasi wisata Samarinda yang bisa menjadi pilihan bagi anda yang ingin menikmati suasana asri, sejuk, dan hijau di Kalimantan Timur. Jangan lupa untuk memperhatikan protokol kesehatan dan merespons pandemi COVID-19 dengan bijak ketika melakukan perjalanan. Selamat menikmati liburan!

Yap, cuku menarik memang beberapa tempat dan objek wisata Samarinda. Selain keindahan hutan Kalimantan yang memang salah satu terbesar di dunia, wisata di kota Samarinda ini perlu anda datangi untuk sekadar mampir dan melepas penat di kota besar lain.

Baca juga

Tempat Wisata Di Aceh Yang Wajib Di Kunjungi

Iklan