Tempat Wisata Di Kabupaten Wonogiri Yang Indah

 

Wisata Di Kabupaten Wonogiri Yang Indah – Kota Wonogiri terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini berbatasan langsung dengan kota Karanganyar dan juga Sukoharjo serta Solo di sebelah selatanya. Kota Wonogiri memang tidak terkenal sebagai kota wisata seperti kota – kota wisata yang sudah terkenal misalnya Malang atau juga Jogja. Namun begitu Anda jangan  memandang sebelah mata dengan wisata yang dimiki oleh kota ini. Ternyata kota ini menyimpan banyak tempat yang layak untuk Anda jadikan destinasi liburan.

Ditambah lagi karena lokasinya yang berdekatan dengan pantai Selatan, menyebabkan kota ini mempunyai beberapa pantai yangs sangat indah. Namun tak hanya pantainya saja yang menjadi primadona di Kota Wonogiri ini, masih banyak objek wisata yang lain yang menunggu untuk di eksplore oleh Anda. Jika Anda kebetulan mampir ke kota ini, tidak ada salahnya Anda juga menyambangi beberapa tempat wisata yang ada di sini. Simak ulasan berikut ini sampai habis untuk daftarnya.

  • Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Salah satu icon yang dimiliki oleh Wonogiri adalah sebuah waduk yang sangat terkenal yaitu Waduk Gajah Mungkur. Waduk ini terletak sekitar 3 km dari pusat kota Wonogiri. Meskipun pada awal pembuatanya waduk ini digunakan untuk mengairi lahan pertanian yang ada di sekitarnya, namun sesuai berkembanganya, waduk ini dijadikan sebagai tempat wisata yang sangat ramai ketika liburan tiba.Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

  • Pantai Nampu

Objek wisata kedua yang ada di Wonogiri adalah sebuah pantai pasir putih yang indah bernama Pantai Nampu. Pantai yang satu ini memang dapat dibilang masih jarang sekali di jamah oleh para pengunjung. Namun hal itu menjadikan pantai yang satu ini masih asri dan juga alami. Tiket masuknya pun masih sangat murah, yaitu hanya 2000 rupiah saja.

Selain menikmati keindahan pantai, Anda juga dapat melakukan aktivitas snorkeling atau diving di sekitar pantai Nampu untuk melihat keindahan alam bawah lautnya yang tersembunyi. Bagi yang ingin menikmati pemandangan dari atas, ada pilihan trekking di sekitar bukit-bukit yang ada di sekitar pantai.

Untuk menuju ke Pantai Nampu, Anda dapat memulai perjalanan dari pusat kota Wonogiri dengan waktu tempuh sekitar 40 menit. Anda akan melewati perkebunan kelapa dan persawahan yang hijau dan indah saat melewati jalan menuju pantai ini.

  • Pantai Banyutowo

Objek wisata yang ketiga adalah Pantai Banyutowo. Lokasi pantai ini terdapat di Kecamatan Paranngupito. Pantai yang satu ini memang sangat unik karena dari namanya saja “Banyutowo” yang berarti Pantai air tawar. Hal ini dikarenakan adanya air tawar yang bersumber dari sejumlah sungai yang ada di sekitar pantai ini. Di sini Anda juga dapat menyaksikan banyaknya batu karang yang menambah indah pantai ini.

  • Pantai Sembukan

Selain kedua pantai di atas, ada juga pantai yang tidak kalah menariknyam yaitu Pantai Sembukan. Masih di Kecamata Parangupito, pantai ini sangat indah dan kerap dijadikan sebagai tempat untuk bermeditasi oleh masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Tak hanya itu, pantai ini juga banyak di jadikan sebagai tempat untuk area memancing.

Pantai Sembukan memiliki pemandangan laut yang sangat indah dengan pasir pantai yang putih dan air laut yang jernih. Selain sebagai tempat untuk bermeditasi atau memancing, pantai ini juga cocok untuk menikmati sore hari sambil menikmati indahnya sunset di ufuk barat.

Bagi yang suka beraktivitas air, pantai Sembukan juga memiliki ombak yang cukup besar sehingga sangat cocok untuk olahraga surfing atau bodyboarding. Namun, sangat disarankan untuk mengenakan alat pengaman seperti jaket pelampung dan helm saat melaksanakan aktivitas tersebut.

Untuk mencapai Pantai Sembukan, Anda membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan dari pusat kota Wonogiri. Selama perjalanan, Anda akan melewati hutan jati yang rindang dan segar. Namun, perjalanan menuju pantai ini cukup menantang karena jalan yang berkelok-kelok. Oleh karena itu, pastikan untuk membawa kendaraan yang cukup bertenaga dan dalam kondisi yang baik.

Selain menikmati pantai dan aktivitas olahraga air, Anda juga dapat menikmati hasil laut yang segar di sekitar pantai. Banyak penjual ikan dan makanan laut yang menjajakan hasil tangkapan mereka di sekitar pantai. Selamat menikmati keindahan alam Pantai Sembukan dan semoga liburan Anda di sana menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

  • Air Terjun Setren

Objek wisata yang terakhir yang dapat Anda nikmati di kota Wonogiri adalah air terjun Setren. Di air terjun ini, Anda dapat bermain air sepuasnya atau hanya bersantai di sekitar lokasi. Terletak di desa Setren , kecamatan Slogohimo, air terjun ini banyak sekali dikunjungi pada saat libur sekolah atau pada hari libur nasional.

Untuk mencapai air terjun Setren, Anda membutuhkan waktu sekitar 30 menit perjalanan dari pusat kota Wonogiri. Jalan menuju ke air terjun cukup terjal dan berliku, namun pemandangan di sepanjang jalan sangat menarik dan memanjakan mata. Setibanya di lokasi air terjun, Anda akan disambut dengan pemandangan alam yang hijau dan segar. Air terjun Setren memiliki ketinggian sekitar 20 meter dengan air yang jernih dan segar.

Jika Anda ingin bermain air di air terjun Setren, disarankan untuk membawa pakaian ganti dan handuk karena air di sana cukup dingin. Selain itu, Anda juga dapat melakukan aktivitas hiking di sekitar air terjun untuk menikmati keindahan alam sekitarnya. Pastikan untuk membawa sepatu yang nyaman dan aman untuk melakukan aktivitas hiking.

Agar pengalaman liburan Anda di air terjun Setren semakin berkesan, jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen indah bersama keluarga atau teman-teman. Selain itu, ada beberapa warung makan yang menjual makanan dan minuman di sekitar air terjun, sehingga Anda juga dapat menikmati kuliner khas daerah Wonogiri selama liburan di sana.

Demikian beberapa tempat wisata di Wonogiri yang dapat Anda kunjungi. Jangan lupa ajak keluarga dan sanak saudara untuk mengunjunginya.

Baca juga

10 Obyek Wisata Di Singapura Terpopuler

Iklan