Table of contents: [Hide] [Show]

Tempat Wisata Agrowisata Sondokoro Karanganyar

 

Wisata Agrowisata Sondokoro-Jawa tengah adalah salah satu tempat wisata yang biasa didatangi pengunjung. Jawa tengah ada karakteristik yang istimewa, sehingga banyak pengunjung yang ingin balik lagi ke sana untuk beristirahat. Kota-kota di Jawa tengah yang kerap didatangi untuk wisata ialah Semarang dan juga solo. Kalau kamu tinggal di Jawa tengah ataupun berencana mendatangi Jawa tengah kala liburan nanti, maka cobalah cari beberapa objek wisata yang cocok untuk keluarga. Salah satunya ialah Agrowisata Sondokoro yang berada di area Karanganyar.

Tempat Wisata Agrowisata Sondokoro Karanganyar

Keistimewaan wisata Sondokoro

Agrowisata Sondokoro merupakan sebuah tempat wisata di Karanganyar Jawa tengah. kalau kamu tinggal di solo dan sekitarnya, nama dari objek wisata ini tentu sudah tak asing di kuping kamu. Objek wisata ini cocok untuk wisata keluarga dan pula wisata anak di solo dan sekitarnya. Keadaan ini memang sesuai dengan konsep wisata yang ditawarkan dari objek wisata ini.

Keunikan dari objek wisata ini ialah berada pada tempat yang adem dan ada beragam wahana ataupun fasilitas wisata yang lengkap. Tak hanya itu objek wisata ini pun dekat dengan objek wisata di Karanganyar lainnya semacam Air terjun Grojogan Sewu.

Dulunya, tempat wisata di solo dan sekitarnya ini ialah bagian dari pabrik gula di masa kolonial. Akan tetapi saat ini tempat wisata ini lebih berkembang dengan baik. namun sisa-sisa sejarah dari pabrik gulanya sendiri tetap dapat diamati dari sana. Bahkan pabrik gula ini ialah pabrik gula terbesar di Karanganyar yang masih beroperasi sampai saat ini, terutama ketika masa panen raya tebu tiba. karna sejarah yang ada, tempat ini pula cocok untuk dijadikan tempat wisata sejarah di Jawa tengah yang menarik.

Objek wisata Sondokoro sendiri didirikan dari 2005 dan resmi dibuka sebagai objek wisata di tahun 2006. dulunya, kawasan ini memang asli cuma sebuah industri gula biasa. Tapi dari dibuka sebagai tempat wisata, pabrik gula ini makin terkenal dan ramai didatangi pengunjung dari bermacam kawasan. Pengunjung juga dapat mempelajari mengenai cara pembuatan gula di pabrik gula ini.

Nama Sondokoro itu sendiri didapat dari nama sebuah desa. Legenda masyarakat sekitar menyebutkan kalau kabarnya ada dua orang yang berjulukan Kyai Sondo serta Kyai Koro yang bertarung selama 40 hari dan 40 malam. Tujuan pertarungan ialah untuk memperoleh menantu yang sama-sama mereka incar, yaitu tumenggung Joyo Lelono. Tapi kedua orang itu pada akhirnya tak ada yang berhasil, alias seri. Dari cerita inilah nama Sondokoro didapat.

Lokasi Tempat Wisata Sondokoro

Lokasi Tempat Wisata Agrowisata Sondokoro berada di Kecamatan Tasikmadu, Karanganyar, Jawa tengah. Alamat lengkapnya ialah di jalan Mangkunegara, Bojonegara, Surakarta, Jawa tengah. Untuk menuju ke sana, pengunjung dapat berangkat dari kota solo hanya dengan menempuh waktu kurang lebih 45 menit saja. Tempat yang sesuai untuk alternatif objek wisata di solo kalau masih ada waktu luang untuk jalan-jalan. Juga dekat dengan beberapa tempat wisata Tawangmangu Jawa tengah lainnya.

Iklan