Table of contents: [Hide] [Show]

Pesona Wisata Pulau Karimunjawa

 

Wisata Pulau Karimunjawa– Indoesia terkenal dengan beribu ribu pulau yang indah akan pesonanya begitu juga untuk objek wisata yang akan kami bahas pada pertemuan kali ini yaitu Pesona Pulau Cilik Karimunjawa. Seperti yang kita ketahui jika Karimunjawa memiliki keindahan laut dan pemandangan alam yang boleh dibilang sangat luar biasa, maka dari itu pesona objek wisata taman laut di pulau Karimunjawa hingga saat ini masih dikembangkan oleh pemerintah. Untuk dataran pantai dari pulau Karimunjawa ini merupakan dataran dengan pasir putih yag berada di Laut Jawa.

Dan untuk letak dari Pulau karimunjawa, berada diantara dua pulau besar, sehingga kawasan dari Pulau Karimunjawa ini sangat aman dari gelombang air. Untuk luasnya sendiri kurang lebih sekitar 2 hektar, nantinya anda disana akan menemukan dermaga kayu sebagai tempat untuk merapatnya perahu perahu yang ingin merapat. Anda akan disuguhkan keindahan air laut dari jarak dekat dan terlebih lagi anda juga bisa menikmati pesona dari perairan dibawah dermaga yang jernih.

Di Pulau Karimunjawa, anda tak akan menjumpai tanah, hanya pasir putih lembut yang menghiasi gosong Pulau Cilik Karimunjawa. Penduduk dari Pulau Karimunjawa lah memberi istilah gosong atau gosongan untuk dataran pasir tanpa vegetasi apapun. Namun anda juga akan menjumai beberapa pepohonan seperti pohon cemara dan pohon kelapa disana.

 

Adapun beberapa Pesona Wisata Pulau Karimunjawa, anda bisa menyimak beberapa faktor faktor sebagai berikut :

  • Terdapat 27 pulau yang memiliki keunikan sendiri-sendiri dan semua berpasir putih yang membentang sepanjang pesisir pantai
  • Memiliki kekayaan alam laut yang masih alami dan indah, seperti banyaknya terumbu karang dan biota laut di permukaan
  • Terdapat penangkaran hiu yang kita bisa berenang di situ
  • Terdapat penginapan di atas laut (Wisma Apung)
  • Keramahan penduduk setempat yang tidak begitu mementingkan materi
  • Letak yang strategis mudah di jangkau dari berbagai tempat karna terletak di tengah Pulau Jawa
  • Keadaan perairan yang bening, bersih dan tidak bergelombang tinggi sehingga aman untuk di kunjungi para wisatawan

 

Banyak wisatawan yang datang ke Pulau Karimunjawa untuk menikmati keindahan lautnya dan melakukan kegiatan menyelam, snorkeling, atau sekadar berjemur di pantai pasir putih yang indah. Tidak hanya itu, di Pulau Karimunjawa juga terdapat beberapa penginapan seperti homestay, villa, dan resort yang bisa menjadi tempat beristirahat setelah lelah beraktivitas di pantai. Anda juga bisa menemukan warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan selama berlibur di Pulau Karimunjawa.

Tak hanya keindahan alamnya yang mempesona, Pulau Karimunjawa juga memiliki sejarah dan legenda yang menarik untuk dijelajahi. Salah satu cerita yang terkenal adalah legenda Pulau Cilik Karimunjawa yang berasal dari cerita Sunan Muria yang memerintahkan putranya untuk pergi ke Pulau Karimun yang terlihat kabur dari puncak Gunung Muria. Sejak itu, Pulau Karimun dikenal sebagai Pulau Karimunjawa dan menjadi tempat tinggal bagi terumbu karang, rimba bakau, dan fauna laut yang sangat beragam.

Tak lenkap rasanya jika kita tak tahu awal mula adanya Pulau Cilik Karimunjawa ini, Sunan Muria. Legenda itu berkisah perihal Sunan Muria yang prihatin atas kenakalan putranya, Amir Hasan. Dengan maksud mendidik, Sunan Muria sesudah itu memerintahkan putranya untuk pergi ke sesuatu pulau yang tampak “kremun-kremun” (kabur) dari puncak Gunung Muria biar si anak mampu memperdalam serta mengembangkan ilmu agamanya. Dikarenakan kelihatan kremun-kremun maka dinamakanlah pulau tersebut Pulau Karimun. Sejak tanggal 15 maret 2001, Karimunjawa ditetapkan oleh pemerintah Jepara sebagai Taman Nasional. Karimunjawa merupakan tempat tinggal buat terumbu karang, rimba bakau, rimba pantai, dan nyaris 400 spesies fauna laut, salah satunya 242 tipe ikan hias. Sebagian fauna langka yang berhabitat di sini merupakan elang laut dada putih, penyu sisik, serta penyu hijau.

Untuk nikmati pesona karimunjawa beserta gugusan pulau – pulau di sekelilingnya tanpa terkecuali pulau cilik, anda mampu naik kapal feri dari jepara, dengan harga tiket Rp 70.000 untuk kelas VIP, ekonomi dengan harga Rp 28.500. Jadwal keberangkatan ke karimunjawa pada hari senin, rabu serta sabtu waktu 09:00 WIB. Sedang jadwal kepulangan dari Karimunjawa pada hari selasa, kamis serta minggu pada waktu 08:00 WIB. Untuk anda yang pingin snorkeling di pulau cilik, harga sewa snorkel gear yaitu Rp 25.000 sampai Rp 30.000/hari. Harga sewa kapal berkisar pada Rp 300.000 sampai Rp 500.000.

Perjalanan awal ke karimunjawa dari jepara atau semarang, maka anda di awalnya mampu menginap di sunset bungalow di Kota Jepara, hotel santika premiere semarang, atau pandanaran hotel. tak hanya ke karimunjawa, wisata di indonesia yang menarik yang lain ada di pulau kemujan, pulau menjangan besar serta pulau cemara kecil.

Baca juga

Inilah Daftar 10 Taman Terbaik di Asia

Iklan