Penyebab Harga HP Batam Lebih Murah Dibanding Yang Lain

 

Harga HP Batam – Perlu anda ketahui bahwa HP Batam dijual khusus di kota Batam. Jenis handphone yang dijual juga berbeda dengan handphone yang biasa kita temukan di counter rumah kita.

Sebagian besar ponsel yang dijual di Kota Batam adalah ponsel dari luar negeri. Awalnya, ponsel bekas tersebut hanya berasal dari negara tetangga seperti Singapura.

Namun seiring berjalannya waktu, kisaran ponsel bekas yang dijual di Batam bervariasi, mulai dari Jepang hingga Amerika. Tak heran jika Anda menemukan logo Xperia berlogo Docomo, operator seluler Jepang asli, atau ponsel Samsung berlogo Verizon Amerika.

Alasan HP Batam Lebih Murah

Anda pasti bertanya-tanya mengapa ponsel yang dijual di Batam begitu murah. Ingin tahu? Berikut alasan kenapa HP Batam dijual dengan harga murah.

Batam adalah Kawasan Perdagangan Bebas Indonesia

Kota Batam merupakan kawasan perdagangan bebas sehingga barang dari luar negeri yang masuk ke dalam kota bebas dari bea dan cukai. Makanya harga HP Batam terbilang cukup murah. Selain bebas pajak, sebagian besar ponsel yang masuk ke kota merupakan barang bekas.

Sebagai informasi, Zona Perdagangan Bebas Indonesia atau yang biasa dikenal dengan Indonesian Free Trade Zone merupakan wilayah perdagangan yang tunduk pada kebijakan penghapusan peraturan bea dan cukai. Termasuk hambatan dan pajak non-tarif untuk perdagangan internasional.

Namun lain halnya jika barang dari Batam akan dijual kembali untuk digunakan di luar Batam. Dalam hal ini, barang tersebut dapat dikatakan ilegal jika belum membayar bea masuk dan pajak.

Itulah salah satu alasan kenapa beli HP di Batam langsung dengan beli online, selisih harganya masih cukup tinggi.

Selain itu, jika Anda sedang berlibur di Batam dan ingin membawa pulang ponsel dari sana, pihak bandara akan memberikan batasan maksimal 5 ponsel: 2 unit untuk dibawa dan 3 unit di bagasi.

Lebih dari itu Anda akan ditangkap oleh bandara dan akan dikenakan dakwaan penyelundupan. Jadi berhati-hatilah jika ingin membawa oleh-oleh dari Batam.

Biasanya barang rekondisi

 

Umumnya HP Batam yang dijual adalah smartphone model lama yang diluncurkan dua atau tiga tahun sebelumnya. Berbagai merek bisa kamu temukan seperti Apple, Sony, hingga Samsung.

Selain merek ternama, vendor juga menawarkan dekorasi seperti “Docomo”, kode untuk barang bekas Jepang. Barang dapat rusak dan diperbaiki untuk dijual di luar Jepang secara ilegal.

Kualitas finishing buruk

Menyambung poin di atas, barang rekondisi tentu dipertanyakan karena barang tersebut dibuat secara ilegal. Seperti yang dilakukan dengan mengkonfigurasi ulang ponsel ini, kualitas hasil akhirnya buruk.

Penggantian beberapa komponen secara sembarangan membuat beberapa bagian HP mengalami cacat produksi. Contohnya adalah kain kasa yang mencolok dan tidak akurat, penggunaan lem yang tidak rapi dan sebagainya. Anda tidak ingin memiliki ponsel seperti itu, bukan?

Aksesoris KW

Ponsel Batam yang dijual batangan tidak menyediakan aksesoris resmi. Pembeli akan diberikan pilihan untuk membeli kotak kemasan dan aksesoris seperti charger dan headset.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah orisinalitasnya. Beberapa orang yang telah membeli akan diberikan aksesoris palsu dan berkualitas. Alih-alih memberikan kenyamanan, justru membuat smartphone Anda cepat rusak!

Tidak ada kejelasan toko dan garansi

Alasan selanjutnya adalah karena toko dan garansi. Apalagi jika smartphone Anda rusak dan Anda ingin memberikannya di toko tempat Anda membelinya.

Berdasarkan pengalaman orang yang membelinya, toko tersebut bersedia memperbaiki ponsel, tetapi dengan biaya tinggi bagi pembeli. Selain itu, terkadang prosesnya agak lama karena harus mencari komponen yang dikorbankan dari ponsel sejenis.

Itu dia beberapa penyebab harga HP Batam jauh lebih murah dibanding dengan yang lain. Sampai bertemu di artikel Tekno Mania berikutnya, semoga bermanfaat.

Baca juga:

5 Rekomendasi HP Huawei Untuk Digunakan 2021

Iklan