Hal Yang Harus Dihindari Agar Baterai HP Tidak Cepat Rusak

 

BATERAI HP RUSAK –Baterai merupakan salah satu komponen terpenting pada ponsel. Tanpa baterai, ponsel tidak akan bisa berfungsi. Oleh karena itu, menjaga kondisi baterai agar tetap awet dan tahan lama sangat penting. Namun, banyak orang yang tidak memahami cara menjaga baterai dengan benar. Akibatnya, baterai cepat rusak dan memerlukan penggantian yang tidak murah. Pada artikel ini, kami akan membahas hal-hal yang harus dihindari agar baterai HP tidak cepat rusak. Tidak dapat disangkal bahwa bagian ponsel yang paling sering rusak adalah baterainya. Bahkan untuk mengganti aki yang rusak, kita harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Tak hanya itu, bahkan kalau kita tidak mengganti baterai lama, bisa meledak dan terbakar. Hai, ini sangat menakutkan, kan pastinya?

Penyebab Baterai HP Cepat Rusak

Padahal penyebab utama kerusakan baterai ponsel adalah kebiasaan pengguna ponsel yang hanya fokus merawat bagian fisik ponsel tanpa memperhatikan kondisi ponsel, terutama baterai. Nah bagi Anda yang ingin baterai ponselnya awet mulai dari sekarang, harus menghindari kebiasaan berikut ini.

Mengisi Daya Semalaman

Apakah Anda salah satu dari orang-orang yang mengisi daya ponselnya saat Anda tidur dan hanya mencabutnya saat Anda bangun? Kebiasaan mengisi daya ponsel seperti ini kerap dilakukan karena ponsel bisa digunakan keesokan harinya dalam kondisi penuh. Bahkan jika ternyata mengisi daya ponsel Anda sepanjang malam dan mencabutnya di pagi hari bisa merusak baterai ponsel kesayangan Anda. Pengisian terus menerus bahkan saat penuh akan menyebabkan kebocoran atau kerusakan baterai. Oleh karena itu, usahakan segera mencabut charger setelah baterai ponsel terisi penuh agar baterai bisa bertahan lebih lama.

Tidak Pernah Mematikan HP

Layaknya manusia yang butuh istirahat, ponsel juga perlu “istirahat” dengan mematikannya secara berkala. Jika ponsel terlalu sering digunakan non stop maka baterai ponsel akan terasa panas dan hal ini sangat buruk bagi baterai itu sendiri dan komponen lain di dalam ponsel tersebut. Sebaiknya matikan ponsel Anda saat tidak menggunakannya seperti yang Anda lakukan saat tidur agar performa baterai ponsel Anda tetap stabil.

Ponsel Digunakan Saat Mengisi Daya

Saat mengisi daya, disarankan agar telepon dimatikan atau tidak digunakan sama sekali. Namun nyatanya, orang sering menggunakan ponsel saat mengisi daya ponselnya seperti untuk mengobrol, menelepon, bahkan bermain game. Padahal kebiasaan ini tidak terlalu baik untuk kualitas baterai ponsel karena ketika kita menggunakan ponsel saat sedang diisi, suhu ponsel akan meningkat dan akan merusak sel yang terdapat pada baterai ponsel.

Hindari Menjaga Baterai pada Suhu yang Tinggi

Baterai HP harus disimpan pada suhu yang ideal yaitu 15-25 derajat Celcius. Hindari menempatkan ponsel di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau di tempat yang suhunya terlalu panas, seperti dalam mobil yang terkena sinar matahari langsung. Suhu yang terlalu tinggi bisa membuat baterai rusak.

Charger Yang Digunakan Tidak Sesuai Spesifikasi

Gunakan charger yang tidak memenuhi spesifikasi

Pengisi daya sangat penting bagi pengguna seluler karena digunakan untuk mengisi daya ponsel. Namun sayangnya kebanyakan orang tidak peduli apakah charger yang digunakan sesuai dengan spesifikasi ponselnya atau tidak. Meski masih bisa digunakan untuk mengisi daya ponsel, charger yang tidak sesuai spesifikasi bisa merusak baterai ponsel,. Jadi usahakan menggunakan charger yang serupa, misalnya jika anda menggunakan smartphone Blackberry maka sebaiknya juga menggunakan charger Blackberry.

Namun nyatanya sekarang sudah ada charger yang bisa digunakan oleh semua jenis handphone, terutama yang kabelnya memiliki micro USB end sehingga Anda tidak perlu bingung jika charger handphone asli anda rusak atau hilang. Namun ada satu hal yang perlu Anda ingat, pilih kabel pengisi daya yang sesuai dengan spesifikasi ponsel Anda.

Sebaiknya membeli kabel charger original karena kualitasnya terjamin meski harganya cukup mahal. Namun jika budget  Anda terbatas, Anda bisa mencoba menggunakan kabel charger pihak ketiga yang sesuai dengan spesifikasi ponsel Anda. Banyak pengisi daya pihak ketiga kini telah menerima lisensi pabrikan resmi untuk membuatnya aman digunakan.

Itu dia beberapa hal yang menyebabkan baterai HP rusak. Sampai bertemu di artikel Tekno Mania berikutnya, semoga bermanfaat!

baca juga

Rekomendasi Laptop Editing Video YouTube

Iklan