Table of contents: [Hide] [Show]

    Cara Alami Menggemukan Badan dalam Waktu Singkat

    Cara alami menggemukan badan | Mayoritas wanita (dan juga pria) ingin tampil mempesona dengan badan yang slim. Walau begitu, ada juga lho yang rajin nyari cara alami menggemukan badan karena ingin tampil lebih berisi dan kurang percaya diri dengan badannya yang kurus kering.

    Ya, tiga alasan kenapa seseorang ingin tampil gemuk adalah:

    • Berat badan yang dirasa jauh dibawah ideal-nya. Anda mungkin jarang menimbang badan karena banyaknya kesibukan. Saat Anda tau bahwa berat badan Anda 5 sampai 10 kilo lebih rendah dibawah berat badan ideal, Anda akan mulai panik dan mencari cara alami menggemukan badan.
    • Bullying adalah faktor sosial yang tidak kita inginkan. Ada memang sebagian orang yang tahan dengan beragam bully, namun tidak semuanya. Bully yang dilakukan terus menerus berpengaruh pada psikis dan menyebabkan keengganan individu untuk bersosialisasi. Seseorang yang tubuhnya kurus kering cenderung menjadi bully-an sama halnya saat tubuh mereka terlalu gemuk.
    • Ada tipikal orang yang meski sudah banyak makan namun berat badan tidak kunjung meningkat. Ini salah satu alasan seseorang ingin gemuk dengna cara alami menggemukan badan.

    Adapun faktor penyebab seseorang tidak kunjung meningkat berat badannya adalah:

    • Stres

    Stres entah karena pekerjaan maupun karena banyaknya beban pikiran berpengaruh pada menurunnya nafsu makan. Jika nafsu makan menurun, kemungkinan untuk gemuk akan semakin kecil.

    • Konsumsi Alkohol

    Konsumsi alkohol adalah musuh besar bagi kesehatan. Ini adalah pantangan bagi Anda yang sedang dalam proses menggemukan badan. Cara alami menggemukan badan salah satunya di tempuh dengan meninggalkan alkohol sama sekali.

    • Kurang Nutrisi

    Nutrisi yang terpenuhi akan meningkatkan berat badan. Jika sebaliknya, berat badan akan sulit meningkat. Perbanyak makanan yang kaya akan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan sebagainya yang bisa Anda dapatkan dalam beragam jenis makanan sehat.

    • Genetik

    Kurus yang disebabkan keturunan dengan massa otot yang kecil memang perlu usaha ekstra untuk gemukan berat badan. Salah satunya adalah dengan memperbanyak olahraga dimana makanan yang masuk akan diolah menjadi massa otot dan bukan menjadi lemak.

    Seseorang yang terlalu kurus, sebaiknya berupaya menggemukan badan dengan cara alami menggemukan badan. Berat badan yang terlalu kurus berpengaruh pada kesehatan seperti gangguan jantung, patah tulang, keguguran, anemia, paru-paru, dan kualitas sperma yang kurang bagus.

    Well, apa saja ya cara alami menggemukan badan itu? ini 14 tips yang bisa Anda praktikkan saat ini juga.

    1. Konsumsi Makanan yang Kaya akan Nutrisi

    Yup, gemuk tidak berarti Anda harus konsumsi junk food yang kaya lemak dan rendah nutrisi. Gemuk sehat bisa Anda dapatkan dengan memperbanyak konsumsi menu makanan sehat bernutrisi setiap harinya, baik itu saat sarapan, makanan siang, dan juga saat dinner.

    Jenis  makanan yang direkomendasikan bagi Anda yang ingin tingkatkan berat  badan adalah buah, sayur, jenis kacang-kacangan, gandum, nasi merah, dan sebagainya.

    2. Perbanyak Minum Jus dan Susu

    Makanan yang sulit dicerna berpengaruh pada cepat tidaknya tubuh menyerap sari makanan tersebut untuk meningkatkan berat badan, salah satunya adalah karena teksturnya. Semakin lembut tekstur makanan, seperti halnya jus, semakin cepat tubuh dapat menyerap sari makanan dari buah yang diramu dalam minuman tersebut. Selain itu, susu adalah minuman peningkat berat badan yang efektif yang bisa Anda jadikan menu tambahan setiap kali jam makan tiba.

    3. Meningkatkan Intensitas Makan

    Bagi sistem pencernaan, makan sedikit-sedikit tetapi sering adalah jauh lebih aman dibandingkan dengan makan dalam jumlah banyak namun jarang. Sistem pencernaan yang sehat mampu mengolah seluruh makanan yang masuk dengan baik dan dalam jumlah yang terbatas. Agar proses penyerapan sari makanan berjalan maksimal, cobalah untuk makan lebih sering dengan porsi yang sedikit agar kesehatan tubuh tetap terjaga dan Anda pun kenyang lebih lain.

    4. Olahraga

    Cara alami menggemukan badan tidak lantas meninggalkan olahraga sama sekali. Justru, saat tubuh jarang sekali olahraga maka berat badan akan meningkat namun performanya tampak tidak sehat karena gelambir lemak. Biasakan olahraga secara rutin dengan berjalan atau berlari. Setelah capek olahraga, perut akan terasa lapar dan siap menyantap makanan.

    Bagi Anda yang hobby latihan kardio, tinggalkan dulu hobby Anda yang satu ini. Alasannya, latihan kardio justru akan menggagalkan program Anda untuk tingkatkan berat badan. Jika ingin lakukan latihan ini, Anda bisa melakukannya seminggu 2 kali dengan durasi 15 menitan.

    Olahraga yang Anda lakukan berfungsi penting dalam mengolah nutrisi yang masuk menjadi massa otot dan bukan sebaliknya menjadi lemak. Adapun jenis olahraga yang Anda butuhkan sebagai cara alami meningkatkan berat badan adalah dengan memperbanyak push-up, sit-up, jogging, berenang, bersepeda, dan masih banyak lagi. Jadwalkan olahraga tersebut secara rutin setiap minggunya.

    Adapun jenis makanan yang bagus untuk dikonsumsi setelah berolahraga adalah makanan yang kaya akan protein sehingga kebutuhan protein tubuh terpenuhi, seperti susu, telur, daging tanpa lemak, dan sebagainya.

    5. Hindari Minum sebelum Makan

    Anda tentu paham apa dampaknya jika Anda minum sebelum makan. Yang pasti, perut akan mendadak kenyang sebelum Anda konsumsi makanan utamanya. Dalam kondisi kenyang karena asupan air, perut enggan makan dan nutrisi tubuh pun tidak akan terpenuhi. Usahakan minum setelah makan lebih kurang 30 menit setelahnya atau minum saat sedang makan untuk mempercepat proses penyerapan nutrisi.

    6. Perbanyak Konsumsi Air Putih

    Sebanyak 70 persen penyebab berat badan tidak kunjung naik adalah karena minimnya air putih yang dikonsumsinya. Air putih memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja seluruh organ tubuh termasuk bagian dari sistem pencernaan usus dan lambung. Semakin bagus sistem pencernaan bekerja, semakin bagus proses penyerapan nutrisi penting dalam makanan yang dikonsumsi.

    Malas minum air putih faktor pemicunya diantaranya adalah merasa mual dan ingin muntah, faktor kesibukan yang padat hingga lupa akan 8 gelas air setiap harinya. Usahakan agar Anda memenuhi kebutuhan akan air tersebut sehingga sistem pencernaan berjalan dengan maksimal.

    7. Tingkatkan Konsumsi Kalori, Lemak dan Protein

    Kalori, lemak dan protein adalah tiga nutrisi yang berperan penting dalam meningkatkan berat badan. Kalori adalah supply energi yang digunakan untuk beraktivitas yang bersumber dari makanan yang kaya akan karbohidrat, sebut saja nasi, jagung, kentang, terigu, gandum, dan sebagainya.

    Lemak adalah nutrisi yang berfungsi menjaga suhu tubuh agar tetap hangat dan sebagai supply energi selain kalori. Lemak banyak terdapat pada makanan seperti jagung, minyak sayur, kelapa, ikan, daging, dan masih banyak lagi.

    Protein penting juga dalam proses meningkatkan berat badan secara alami dalam waktu singkat. Protein Anda peroleh dari sumber makanan seperti daging, ikan, telur, biji-bijian dan juga susu. Setidaknya, asupan protein yang dikonsumsi setiap hari adalah 0,8 gram per berat badan setiap harinya agar berat badan segera meningkat.

    Jika saat diet, nutrisi yang harus dihindari adalah karbohidrat dan lemak, lain halnya dengan cara alami menggemukan badan dimana Anda harus konsumsi makanan berlemak setidaknya 3kali dalam sehari agar berat badan cepat naik.

    Perlu diingat bahwa, cara alami menggemukkan badan yang satu ini harus dilakukan dengan batasan tertentu. Anda tidak bisa mengonsumsi kalori, lemak dan protein dalam jumlah berlebih apalagi jika kualitas protein tersebut kurang baik. Tentunya itu akan berdampak kurang bagus pada kesehatan. Agar lebih aman, konsultasikan dengan tim medis berapa banyak asupan kalori, lemak dan protein yang sesuai untuk berat badan Anda dan selalu perhatikan kualitasnya.

    8. Sarapan

     

    Sarapan adalah rutinitas harian yang tidak bisa Anda tinggalkan. Selalu sarapan di pagi hari dengan tambahan jus buah atau segelas susu dan sebutir telur rebus. Ini adalah cara alami menggemukan badan yang sekaligus efektif berikan supply energi yang mencukupi untuk Anda beraktivitas setiap harinya.

    9. Kunyah Makanan Perlahan

    Sesibuk apapun Anda, jangan sampai mengorbankan kesehatan dengan mengunyah makanan dengan cepat. Kunyah makanan dengan perlahan hingga halus yang tujuannya adalah agar nutrisi yang ada di dalamnya bisa diserap dengan maksimal oleh tubuh. Ini akan mempercepat proses penggemukan badan Anda.

    10. Perbanyak Konsumsi Madu

    Manfaat madu dalam dunia kesehatan dan kecantikan memang tidak ada duanya. Tersedia madu khusus yang bermanfaat untuk menggemukan badan. Konsumsi madu murni untuk tingkatkan berat badan tanpa pengaruh negatif sama sekali bagi kesehatan fisik Anda.

    11. Hindari Begadang

    Begadang tidak membawa manfaat sama sekali bagi kesehatan. Untuk menyukseskan proses penggemukan badan, hindari begadang dan cukupi waktu istirahat Anda. Bagi mereka yang suka begadang mungkin akan cukup sulit untuk menghentikan kebiasaan yang satu ini. Matikan smartphone saat akan tidur sebab ini hanya menjadi distraksi bagi waktu istirahat Anda.

    12. Berhenti Merokok

    Sama halnya dengan alkohol, merokok memang tidak ada manfaatnya sama sekali bagi kesehatan dan cenderung menjadi musuh besar kesehatan tubuh. Anda tentu sering mengamati perokok aktif memiliki bentuk tubuh yang kurus kering dan susah sekali gemuk. Merokok tidak hanya berbahaya bagi mereka yang merokok tetapi juga bagi mereka yang ada di sekitarnya. Hindari rokok sebagai cara alami menggemukan badan tanpa efek samping.

    13. Periksa Kesehatan

    Ya, penting bagi Anda untuk rutin memeriksakan kesehatan khususnya terkait berat badan Anda. Pasalnya, bisa jadi badan kurus kering yang enggan meningkat berat badannya itu disebabkan oleh penyakit tertentu yang diidap dalam tubuh. Selain itu, konsultasikan dengan tim medis apa yang bagus untuk kebutuhan nutrisi Anda jika ingin menggemukan berat badan.

    14. Konsumsi Susu

    Susu adalah menu wajib yang harus ada dalam list cara alami menggemukan badan yang Anda tempuh. Selalu konsumsi susu saat sarapan, makan siang, dan makan malam. Susu bantu penuhi asupan protein tubuh sehingga berat badan berangsur meningkat.

    Memang, penampilan yang menarik tidak hanya saat tubuh kurus langsing, namun ada beberapa orang yang lebih percaya diri dengan tampilan yang gemuk sehat berisi. Bagi Anda yang sedang dalam program penggemukan badan, cobalah cara alami menggemukan badan diatas saat ini juga. Dibandingkan cara-cara kimiawi, cara alami jauh lebih aman dan bagus bagi kesehatan. Anda tidak perlu khawatirkan dampaknya bagi kesehatan. Selamat mencoba dan semoga Anda dapatkan berat badan yang sesuai dengan harapan Anda.

     

    Baca Juga : 10 Tips Pilih Menu Makanan Sehat untuk Tubuh yang Bugar

    Iklan