8 Cara Mengatasi PMS yang Harus Kalian Ketahui

Sick Asian young woman lying in bed holding stomach in pain

Cara Mengatasi PMS yang Harus Kalian Ketahui

 

Istilah PMS atau sindrom pramenstruasi digunakan untuk menyatakan perubahan yang terjadi pada emosional dan bagian tubuh perempuan.

Beberapa perubahan atau gejala yang paling umum terjadi pada saat permuan mengalami PMS, diantaranya adalah kram perut, kembung, stres, mudah tersinggung, jengkel, sakit kepala, suasana hati tidak baik, kelelahan dan lemas. Gejala-gejala tersebut tidak semua, total gejala PMS sekitar 150 gejala.

PMS yang muncul pada setiap perempuan dapat berbeda-beda baik antar tiap waktu dan tiap wanita. Untuk mengatasi kondisi PMS ini, kalian harus menerapkan gaya hidup sehat. Apabila tidak diatasi dengan segera kondisi tersebut bisa memberikan dampak serius pada kesehatan.

Tidak hanya cukup dengan gaya hidup sehat, kalian juga bisa melakukan beragam cara lainnya. Berikut adalah beberapa cara mengatasi pms yang harus kalian ketahui:

Tarik napas dalam-dalam

Salah satu gejala PMS adalah stres, untuk mengatasi hal kalian cukup tarik napas dalam-dalam, ini bertujuan untuk membantu tubuh rileks. Cara ini memang agak klise, namun cara ini benar-benar ampuh atasi gejala PMS. Lakukan setiap pagi dan ketika gejala PMS datang

Konsumsi makanan sehat

Memberikan asupan makanan sehat pada tubuh adalah hal penting. Selain untuk meningkatkan kesehatan tubuh, makanan sehat juga berperan dalam mencegah sekaligus meredakan gejala-gejala PMS.

Aktif selalu

Tubuh yang selalu aktif bisa mengendalikan gejala-gejala PMS, baik itu aktif untuk berolahraga, bersosialisasi dan kegiatan lainnya.

Berhenti merokok

Bagi kalian perempuan perokok berhentilah untuk merokok, karena menurut penelitian merokok bisa meningkatkan gejala PMS, sehingga gejalanya akan lebih kuat.

Batasi asupan alkohol

Mengonsumsi alkohol bisa memperparah gejala PMS, oleh karena itu, bagi kalian perempuan yang biasa mengonsumsi alkohol kalian bisa membatasi asupannya.

Mengonsumsi suplemen

Suplemen tertentu bisa membantu dalam menyeimbangkan hormon. Kalian bisa meminta saran dokter atau ahli gizi terkait produk supelem apa yang bisa mengurangi gejala-gejala sindrom pramenstruasi.

Jaga ketenangan pikiran

Cara ini ampuh sekali dalam membantu menyingkirkan gejala-gejal PMS. Kalian bisa melukan hal apa-pun yang bisa membuat pikiran tenang, misalnya yoga, pijat, latihan pernapasan atau meditasi.

Lakukan hobi

Luangkanlah waktu untuk melakukan kegiata-kegiata yang menurut kalian sukai (hobi), ini bermanfaat untuk menghilangkan gejala-gejala PMS. Misalnya bernyanyi, berkebun, melukis, menari dll.

Demikian bagaimana cara mengatasi PMS, dengan cara-cara tersebut seperti diatas hormon akan lebih seimbang sehingga mengurangi gejala dari PMS.

Baca juga 7 Cara Efektif Menghilangkan Perut Kembung

Iklan