7 Cara Efektif Menghilangkan Perut Kembung

7 Cara Efektif Menghilangkan Perut Kembung
Table of contents: [Hide] [Show]

7 Cara Efektif Menghilangkan Perut Kembung

Perut kembung pasti pernah dirasakan oleh setiap orang. Perut kembung merupakan perasaan tidak nyaman pada perut disertai perut terasa membesar. Kondisi yang menyebabkannya adalah gas berlebihan dalam perut.

 

Sumber: www.flickr.com

Perut kembung juga indikasi bahwa makanan yang dikonsumsi tidak dapat dicerna dengan baik. Beberapa penyebab yang bisa membuat perut kembung, diantaranya diet yang tidak tepat, merokok, gangguan pencernaan, batu empedu, makan berlebihan, sembelit, intoleransi laktosa, alergi makanan dan PMS.

Cara mencegah perut kembung

Kalian bisa menghindari kondisi perut kembung dengan melakukan langkah-langkah sederhana, seperti mengunyah makanan dengan benar, hindari asupan kopi dan teh, makan secara perlahan dan rutin berolahraga. Menghindari makanan yang bisa menimbulkan gas berlebihan juga bisa membantu mencegah perut kembung, misalnya kacang-kacangan, kubis dan wortel. Perut kembung ini bisa disembuhkan dengan bahan-bahan alami, yang bisa secara efektif menghilangkan perut kembung.

Berikut adalah beberapa bahan alami sebagai cara efektif menghilangkan perut kembung.

Jahe

Jahe telah dikenal sejak lama sebagai bahan alami yang mampu dijadikan sebagai obat tradisional gangguan pencernaan. Kandungan yang hadir dalam jahe bisa mengatasi perut kembuh, bahan aktif dalam jahe seperti, gingerol dan shogaols dapat membantu melancarkan pencernaan, mengurangi jumlah gas dalam perut.

Pepermin

Dengan meminum secangkir teh pepermin, perut kembung yang kalian derita dapat segera teratasi, dan juga teh pepermin ini membantu menghilangkan kram perut. Selain itu, pepermin bisa meringankan sakit kepala dengan memperkuat sistem saraf.

Labu

Dengan menambahkan labu pada menu makan sehari-hari, perut kembung yang sering kalian derita akan segera menghilang. Labu yang diperkaya vitamin A, kalium dan serat membantu mengurangi perut kembung dengan melancarkan pencernaan.

Baca juga: 7 Cara Mengobati Maag Dengan Bahan Alami

Ketumbar

Ketumbar merupakan obat paling efektif untuk mengobati perut kembung. Minum secangkir teh ketumbar bisa menenangkan perut dan membantu melancarkan pencernaan.

Daun kemangi

Daun kemangi memiliki kandungan luar biasa dalam mengurangi gas yang terakumulasi di dalam perut dengan memberikan efek penenang dalam perut.

Yoghurt

Menurut penelitian, bakteri yang ada dalam yoghurt bisa melancarkan pencernaan, sehingga perut kembung dapat segera hilang.

Lemon

Apabila perut kembung sering datang setiap hari, pastikan untuk mengonsumsi segelas air hangat dengan beberapa tetes perasan lemon. Ini bertujuan untuk mencegah perut kembung.

Demikianlah 7 cara efektif menghilangkan perut kembung, pastikan apabila perut kembung sering datang konsumsi bahan-bahan alami diatas setiap hari. Namun, jika tidak, kalian bisa memakai bahan-bahan tersebut ketika perut kembung datang saja.

 

 

Iklan