5 Wisata Bahari Terindah di Sumatera Barat

 

Wisata Bahari Terindah di Sumatera Barat – Sumatera Barat adalah sebuah wilayah berbentuk propinsi yang posisinya berada di sepanjang pesisir barat dari Pulau Sumatera. Propinsi yang ibukotanya ada di Kota Padang ini merupakan rumah bagi suku Minangkabau, meskipun wilayah adat dari suku Minangkabau sendiri sebenarnya lebih luas dari wilayah Propinsi Sumatera Barat. Wilayah Sumatera Barat memiliki topografi yang bervariasi mulai dari kawasan pantai dan dataran rendah di bagian barat hingga dataran tinggi vulkanik di bagian timur.

Seperti propinsi lainnya yang ada di Pulau Sumatera, Propinsi Sumatera Barat juga dikenal sebagai daerah tujuan wisata yang menjadi favorit para wisatawan. Hal ini tidaklah mengherankan karena Sumatera Barat memang menyimpan potensi wisata yang begitu besar sehingga akan menarik para wisatawan dari berbagai daerah untuk mengunjunginya. Ada berbagai macam tempat wisata menarik yang ada di wilayah Sumatera Barat. Jika Anda memyukai wisata bahari, maka Anda bisa mengunjungi beberapa wisata bahari terindah di Sumatera Barat seperti berikut ini.

5 Wisata Bahari Terindah di Sumatera Barat

  • Pulau Pasumpahan

Salah satu wisata bahari yang bisa Anda kunjungi di Sumatera Barat adalah Pulau Pasumpahan yang lokasinya berada di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Padang. Pulau Pasumpahan dikenal akan panoramanya yang sangat eksotis karena pulau yang satu ini masih terjaga kelestariannya, selain itu Anda juga bisa menyaksikan dunia bawah lautnya yang tak kalah indah.

Pulau Pasumpahan

  • Pulau Sikuai

Pulau Sikuai memang terkenal akan keindahan pantainya yang eksotis. Selain itu, pulau ini juga merupakan bagian dari Taman Nasional Teluk Bungus yang terletak di pesisir barat Sumatera Barat, Indonesia. Sebagai tujuan wisata bahari, pulau ini menawarkan berbagai aktivitas menarik seperti snorkeling, diving, dan juga berenang.

Selain aktivitas di atas laut, Anda juga bisa melakukan trekking di hutan yang ada di pulau ini. Anda dapat menemukan berbagai jenis flora dan fauna yang hanya bisa ditemukan di daerah ini. Dalam hal akomodasi, ada beberapa penginapan yang tersedia di pulau ini, mulai dari villa mewah hingga homestay yang lebih sederhana.

Untuk menuju ke pulau Sikuai, Anda bisa menggunakan kapal dari Pelabuhan Muaro Lasak, yang terletak sekitar 20 km dari kota Padang. Kapal tersebut akan membawa Anda menyeberangi Selat Sikuai, dan memakan waktu sekitar 30 menit. Perjalanan ini akan memberikan pengalaman yang menarik karena Anda akan disuguhi pemandangan yang spektakuler dari Teluk Bungus.

Namun, perlu diingat bahwa sebagai sebuah destinasi wisata, Pulau Sikuai juga harus dijaga kebersihannya. Oleh karena itu, pastikan untuk menjaga kebersihan dan tidak meninggalkan sampah di tempat wisata ini. Dengan begitu, Pulau Sikuai tetap bisa dinikmati oleh generasi mendatang.

Pulau Sikuai

  • Pulau Bungus

Selain pantai dan wisata kuliner, Pulau Bungus juga menawarkan berbagai aktivitas menarik seperti snorkeling, diving, dan bermain banana boat. Anda juga bisa menikmati pemandangan sunset yang indah di pantai-pantai Pulau Bungus.

Untuk mencapai Pulau Bungus, Anda bisa menggunakan kendaraan umum atau taksi dari kota Padang. Setelah itu, Anda bisa menyeberang ke Pulau Bungus menggunakan perahu nelayan yang tersedia di Pelabuhan Bungus.

Seperti Pulau Sikuai, penting untuk menjaga kebersihan di Pulau Bungus agar wisatawan lain juga bisa menikmati keindahan pulau ini. Oleh karena itu, pastikan untuk tidak meninggalkan sampah di pantai dan lingkungan sekitar Pulau Bungus.

Pulau Bungus

  • Pulau Pagang

Destinasi wisata bahari keempat yang sangat sayang untuk dilewatkan adalah Pulau Pagang, pulau yang satu ini bisa dicapai dari Pelabuhan Bungus Padang. Pulau Pagang sendiri menyuguhkan panorama alam yang eksotis dengan suasana yang tenang sehingga sangat sesuai untuk bersantai, Anda bisa melakukan snorkeling untuk bisa menyaksikan dunia bawah lautnya.

Pulau Pagang

  • Pulau Cibudak

Pulau Cibudak juga bisa Anda jadikan sebagai destinasi wisata bahari di Sumatera Barat, pulau yang satu ini tidak berpenghuni sehingga membuat kondisi alamnya masih sangat terjaga di mana Anda bisa menemukan pantai dengan hamparan pasir putih yang bersih, selain itu Anda juga akan bisa menemukan beberapa spot menyelam yang menyuguhkan panorama bawah laut yang mempesona.

Baca juga

6 Tempat Diving Terbaik di Indonesia

 

Jika Anda ingin berwisata bahari di Sumatera Barat, maka Anda bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata bahari yang ada di atas.

Iklan