Obyek Wisata di Pulau Lombok dan Sekitarnya

 

Obyek Wisata di Pulau Lombok, Pulau Lombok ialah sebuah kepualauan NT (Nusa Tenggara) yanng dipisahkan oleh selat Lombok dan juga selat Bali. Ketahuilah kalau Pulau Lombok juga sangat dikenal di manca negara, dan ada satu pantai yang sangat terkenal yaitu Pantai Senggigi, yaitu tempat/obyek wisata yang sangat terkenal di Lombok. Tepat letaknya yaitu sebelah barat pesisir dari Pulau Lombok. Mungkin memang kalau Pantai Senggigi tak sebesar dari Pantai Kuta yang ada di Bali. Nah, jika rekan rekan yang ingin melakukan liburan dengan keluarga anda, maka Pulau Lombok juga menjadi alternatif bagi anda yang suka akan dengan keindahan alamnya, anda wajib untuk mengunjungi pulau indah yang satu ini. Berikut adalah obyek wisata yang ada pada Pulau Lombok, silahkan anda simak sebagai berikut :

Obyek Wisata Gunung Rinjani

Terdapat di Pulau Lombok. Taman Nasional Gunung Rinjanidi tentukan sebagai lokasi taman nasional melewati surat ketentuan menteri kehutanan th 1997. Taman ini mempunyai luas lebih kurang 41.330 hektar dengan jenis rimba hujan pegunungan serta savana yang mempunyai ekosistem serta keanekaragaman hayati.Gunung Rinjani adalah gunung berapi paling tinggi ke-2 sesudah gunung kerinci di sumatera. ketinggia gunung ini 3.805 mtr. Namun gunung rinjani 3.726 mtr diatas permukaan laut.Perihal yang sangat eksotis yang bisa didapati di Gunung Rinjani yaitu segare anak (segare berarti laut serta anak berarti anak) yang terbentuk dengan alami akibat letusan gunung rinjani. penduduk lebih kurang menyebutnya segara laut dikarenakan warna air danau ini biru layaknya laut. serta danau ini terdapat di ketinggian 2. 800 m, ada beragam type ikan di sini. salah satunya ikan mas, mujair serta harper.

Danau segare anak oleh penduduk lebih kurang juga diakui memiliki keajaiban yang bisa mengobati penyakit. danau ini dulunya juga kerap dipakai sebagai area pemujaan untuk mendapatkan benda-benda sakti.

Di dekat danau segare anak juga ada gunung kecil yang dimaksud gunung baru jari ( new mountain ). jarang ada orang yang dapat ke puncak gunung baru, barangkali perihal ini karena gunung baru tetap aktif serta mengeluarkan gas.

Akses ke Taman Nasional Gunung Rinjani

Karcis masuk taman yaitu Rp 27.000, anda dapat masuk untuk taman di senaru atau sembalun lawang.Dari terminal mandalika di Mataram anda dapat naik bus ke anyar (2, 5 jam lebih kurang Rp 15.000) serta lantas dilanjutkan gunakan bemo ke senaru. atau bila anda menuju sembalun lawang, anda dapat menggunakan bis ke aikmel (Rp 10.000) serta dapat ada bus lain yang menuju sembalun (Rp 9.000).

Obyek Wisata Taman Narmada

Taman Narmada terdapat di lembuah desa, kecamatan Narmada, kabupaten lombok barat. Lebih kurang 10 km sebelah timur Mataram, Nusa Tenggara Barat. Taman Narmada mempunyai luas lebih kurang 2 hektar yang dulunya dibangun oleh raja Mataram Lombok yang bernama anak agung ngurah karang asem pada th 1727. taman ini biasa dipakai sebagai area upacara pakelem yang diadakan tiap-tiap 5 th. bln. caka (oktober-november).Beberapa bangunan yang dikira sakral hingga saat ini tetap digunakan sebagai alat ritual keagamaan oleh pemeluk agama hindhu.Disini wisatawan bisa nikmati keindahan taman karenanya ada sebagian kolam air yang tetap tampak cantik serta alami pastinya, yang konon dulunya kolam tersebut kerap digunakan sebagai area pemandian beberapa selir raja.

Tak hanya bale mukedas atau bale agung yakni area raja beristirahat untuk lihat beberapa selir raja di kamar mandi, ada juga air mancur yang dimaksud pemuda fountain yang airnya datang dari gunung rinjani yang konon diakui bisa bikin seseorang terus awet muda hingga air ini dimaksud air muda.

Biaya masuk ke taman ini cukup murah. untuk wisatawan lokal dikenai biaya Rp 4.000, namun untuk wisatawan asing dikenai biaya Rp 10.000. walau tarif biaya tidak sama tetapi staf di taman narmada terus menyenangkan serta menyongsong seluruh orang dengan antusiasme serta senyum yang sama. lantas silakan anda berkunjung ke taman ini.

Obyek Wisata di Pulau Lombok Pantai dan Kepulauan

Obyek Wisata Pantai Senggigi

Yaitu area pariwisata populer di Lombok, Pantai Senggigi tidak sebesar Pantai Kuta ataupun sanur tetapi pantai Senggigi tidak kalah menariknya dengan pantai-pantai yang ada di Bali. pesisir pantai ini tetap amat asri serta di antara daya tarik pantai Senggigi yaitu panorama bawah lautnya. Wisatawan dapat snorkling dengan sepuasnya dikarenakan ombak yang cukup bersahabat, banyaknya sarana hotel meringankan wisatawan untuk menginap serta menggunakan waktu di pantai.

Di lebih kurang lokasi pantai ada obyek wisata lainya yakni pura batu bolong yang bisa ditempuh dengan jalan kaki lebih kurang 30 menit yang disebut pura diatas karang yang menurut legenda pura itu dulunya berperan sebagai area upacara penyembahan pada ikan hiu dengan langkah mengorbankan seorang gadis.

Bukan sekedar itu dari sini anda lalu dapat lihat keindahan gunung agung di pulau Bali dari terlalu jauh. serta bila anda capek jalan kaki anda bisa menyewa cidomo angkutan khas ntb yang ditarik oleh seekor kuda.Banyak hotel, resor ataupun pemondokan yang bisa anda dapatkan di area ini. salah satunya yaitu holiday inn, sheraton senggigi, melati dua cottage, pemandangan cottage dan sebagainya.Disepanjang Pantai Senggigi juga ada banyak toko cinderamata yang jual berbagai macam kerajinan khas layaknya lukisan, kerajinan tangan, perhiasan mutiara ataupun kain tenun khas lombok. cukup menyenangkan berkunjung ke area ini.

Akses ke Pantai Senggigi

Ada bemo teratur lakukan perjalanan ke senggigi dari terminal kebon roek di ampenan, mataram (Rp 3.000) serta dari pelabuhan lembar (Rp 6.000).Sesuatu taksi dari bandara ke senggigi dapat di gunakan biaya lebih kurang sekitar Rp 50.000.

Obyek Wisata Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan amatlah indah, hamparan pasir putihnya yang landai dan ombaknya yang cukup tenang seakan bikin siapapun yang berkunjung jadi betah berlama-lama untuk berada di lokasi ini, untuk bermain air, duduk diatas bukit karang yang menyerupai bentuk kura-kura.Pantai Tanjung Aan tidak jauh dari pantai kuta, pantai ini membentang dengan panjang satu kilo mtr. Dan ombaknya yang besar menghantam karang dengan air laut jernih berwarna hijau kebiru-biruan adalah di antara surga untuk beberapa penggemar wisata pantai, yang unik di Pantai Tanjung Aan yaitu ada dua type pasir di sebelah kiri bukit pasirnya kasar menyerupai merica tetapi di sebelah kanan bukit pasirnya lebih halus layaknya tepung.

Obyek Wisata Pantai Tangsi

Mendengar kata pantai berpasir pink atau pink beach untuk umumnya traveller dapat segera tertuju ke di antara object wisata di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. tetapi nyatanya pink beach bukan sekedar ada di pulau Komodo saja, namun ada juga di Lombok, tepatnya di desa pemongkong jerowaru, lombok timur, Nusa Tenggara Barat. pantai ini bernama Pantai Tangsi.

Fasilitas serta prasarana di Pantai Tangsi dapat dikatakan amat kurang. untuk beberapa wisatawan yang pingin berkunjung amat disarankan sudah membawa bekal makanan serta minuman secukupnya dikarenakan di pantai tangsi jarang ada warung yang menjual makanan. walau fasilitas serta prasarananya amat kurang, tetapi sesampainya di pantai ini seluruh rasa capek itu tentu segera terbayarkan. pantai ini juga mempunyai keunikan tersendiri terlebih pasirnya. Pasir pantai tangsi sama dengan pantai yang terdapat di pulau komodo, yakni berwarna pink atau kemerahan. pasir pantai yang berwarna pink ini terbentuk akibat ada campuran pada pasir putih dengan pasir merah hasil dari pecahan karang berwarna merah. terumbu karang yang berwarna merah tersebut tumbuh banyak di perairan dangkal serta terbawa ombak ke pinggiran pantai hingga menyebabkan warna kemerah-merahan di pantai tangsi ini.

Di pantai ini beberapa wisatawan juga bisa nikmati keindahan alam bawah laut nya. dengan ombak yang relatif tenang, di antara aktivitas yang pantas untuk dicoba saat berkunjung ke pantai tangsi ini yakni snorkeling. di basic pantai ini beberapa pengunjung dapat merasakan keindahan hard serta soft coral yang amat menakjubkan. Ditambah lagi ikan-ikan kecil berwarna-warni hilir mudik seolah-olah menyongsong kehadiran beberapa pengunjung. tetapi amat disayangkan, dikarenakan aktivitas beberapa nelayan banyak terumbu karang yang rusak.

Keindahan pantai ini bukan sekedar terdapat pada keindahan baharinya saja. keindahan alamnya lalu sungguh menakjubkan. ada hamparan bukit di sekitar pantai tangsi. Untuk pengunjung yang suka dengan aktivitas menantang dapat menaiki di antara bukit yang terdapat di sebelah kiri pantai. dari atas bukit dengan padang rumput yang luas ini, beberapa pengunjung akan melihat panorama pantai tangsi yang amat indah. disamping itu, di sebelah kanan pantai ada tanjung. di tanjung ini ada sebagian gazebo yang memanglah disiapkan untuk beberapa wisatawan.

Wisatawan juga bisa menyewa perahu nelayan agar bisa dipakai berkeliling di gugusan pulau-pulau yang berjarak lebih kurang 2 km dari bibir pantai tangsi. sedangkan untuk tarif sewanya sendiri lebih kurang Rp 10.000,- per orang. Dan untuk kapasitas perahu nya sendiri bisa menyimpan sampai 12 penumpang. Di lebih kurang pantai tangsi ada gua peninggalan periode penjajahan jepang. Namun menurut cerita penduduk lebih kurang, gua tersebut dipakai untuk area persembunyian tentara jepang waktu berlangsung perang dunia ii. tetapi amat disayangkan, situasi gua tersebut kurang terurus serta ditumbuhi semak belukar.

Akses ke Pantai Tangsi

Jalur menuju pantai tangsi telah beraspal, tetapi sayang telah amat tidak terurus hingga banyak jalur yang telah berlubang-lubang. wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan sewa dikarenakan tak ada angkutan umum yang melayani rute hingga ke pantai tangsi. Dan dianjurkan untuk menggunakan kendaraan mobil 4wd dikarenakan situasi jalannya yang rusak. Atau anda bisa juga menggunakan sepeda motor. Jarak tempuh dari pusat desa pemongkong menuju lokasi pantai berjarak lebih kurang 10 km atau lebih kurang 1 jam perjalanan.

Bandara di Lombok

Lombok melewati jalur hawa di layani oleh bandara lombok International.Bandara internasional lombok beroperasi dengan resmi menukar bandara selaparang mataram, yang di tandai dengan mendaratnya pesawat garuda boing 737-800 er di landasan pacu 2750 mtr. Bandara Internasional Lombok (BIL).BIL terdapat di desa tanak awu kecamatan pujut lombok sedang, lebih kurang 21 km dari mataram ibukota NTB. Bandara Selaparang resmi di tutup sejak jam 18. 00 WITA, tanggal 30 september 2011. dengan digantikannya Bandara selaparang dengan Bandara Internasional lombok diinginkan dapat menyebabkan perekonomian untuk menambah kesejahteraan penduduk NTB.Bandara Internasional lombok dengan luas 551 hektar ini adalah bandara terluas ke dua sesudah Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Pembangunan Bandara Internasional lombok cukup mengonsumsi waktu yang lama meraih belasan th dengan biaya nyaris Rp 1 trilyun tepatnya Rp 945,8 miliyar. Biaya pembangunan bandara internasional lombok beberapa besar datang dari PT. Angkasapura I.

Menuju pusat kota dari bandara

Sebaiknya anda gunakan bus damri yang nyaman serta ber AC. Bus damri dengan rute mataram serta senggigi bisa ditemukan di luar, segi kanan dari terminal. untuk menuju mataram anda bisa menggunakan bus damri dengan tarif sebesar Rp 15.000/orang hingga di terminal mandalika. Lantas dari terminal mandalika anda bisa meneruskan perjalanan dengan bis atau taksi.Namun untuk tujuan senggigi, anda juga bisa menggunakan bus damri. bus damri dengan tujuan sengigi dapat berangkat tiap-tiap satu atau dua jam sekali. tarif untuk menuju sengigi sebesar Rp 25.000,00 hingga di pasar seni di senggigi dengan waktu perjalanan lebih kurang 1, 5 jam.Anda juga bisa menggunakan taksi, tetapi dapat sedikit mahal bergantung tujuan.

seluruh taksi menggunakan argo. tarif taksi dengan tujuan mataram lebih kurang Rp 100.000 serta untuk tujuan senggigi Rp 150.000.Gimana keindahan dari obyek obyek wisata yang ada dipulau Lombok? Indah bukan, so jika anda penasaran dengan pulau yang satu ini, maka anda wajib untuk mengunjungi Pulau Lombok ini. So, apa yang kami berikan tadi udah sangat detail banget hingga akses yang akan anda tuju nantinya. Sampai disini dulu pertemuan kita kali ini yang membehas tentang Obyek Wisata di Pulau Lombok dan Sekitarnya, semoga artikel yang selalu kami tulis ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih telah mengunjungi situ kami yang membahas tentang Dunia Wisata Di Indonesia ini.

Selamat berlibur dan semoga berkesan.

Baca juga

9 Obyek Wisata Terindah Di Medan

Iklan