4 Tips Membuat IGTV Instagram Banyak Ditonton

 

TIPS MEMBUAT IGTV – Buat kamu yang punya akun Instagram pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur-fitur IGTV atau Instagram TV. Tidak hanya fitur di Instagram, IGTV juga hadir dalam aplikasi terpisah dan bisa diunduh di iOS dan Android.

IGTV merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk berbagi video di Instagram hingga 60 menit dari web, sedangkan dari smartphone maksimal 15 menit. Pengguna juga dapat membuat akun saluran mereka sendiri di fitur IGTV.

IGTV dikatakan ingin bersaing dengan YouTube karena menyediakan fitur bagi pengguna untuk membuat saluran dan video sendiri. Namun satu hal yang membedakannya dari YouTube adalah batas panjang video dibatasi hingga 15 menit dari ponsel dan konten video yang disajikan di IGTV juga harus dalam format vertikal.

Cara menonton video di IGTV juga sangat mudah. Saat membuka aplikasi Instagram, Anda bisa langsung menemukan fitur IGTV saat membuka timeline video. Setelah mengetuk ikon IGTV, Anda akan melihat banyak pilihan video yang dapat Anda tonton dan dapat menonton video langsung dari pembuat konten yang telah disiarkan di IGTV.

Tips Membuat IGTV di Instagram 2021

Lantas bagaimana cara membuat video di IGTV agar pengikut Anda juga bisa menonton video yang Anda buat? Sebelumnya perhatikan persyaratan video yang bisa diunggah ke IGTV di bawah ini.

 

1. Durasi video

Durasi video terpendek yang diunggah ke IGTV adalah 1 menit hingga 15 menit saat diunggah dari ponsel. Namun akun dengan jumlah pengikut yang banyak dan sudah terverifikasi, bisa mengunggah video berdurasi hingga 60 menit, namun hanya bisa dilakukan melalui web Instagram yang dibuka di PC atau laptop.

2. Jenis video

Video yang diunggah ke IGTV harus dalam format file MP4.

3. Resolusi dan ukuran video

Resolusi dan ukuran video yang diunggah ke IGTV adalah sebagai berikut:

  • Video harus vertikal (bukan lanskap) dengan rasio aspek 9:16.
  • Video harus memiliki kecepatan bingkai minimal 30 FPS (bingkai per detik) dan resolusi minimal 720 piksel.
  • Ukuran file maksimum untuk video 10 menit atau kurang adalah 650 MB. Sedangkan ukuran file maksimal untuk video dengan durasi maksimal 60 menit adalah 3,6 GB.

4. Ukuran foto sampul video

Resolusi gambar atau video yang disarankan untuk ditampilkan di IGTV adalah 420 x 654 piksel (atau 1: 1,55). Namun, Anda juga dapat memilih sampul dari klip video Anda.

Jadi sudah tahu kan kebutuhan video yang bisa diunggah ke IGTV? Sekarang Anda dapat mulai membuat saluran atau saluran dan video di IGTV. Lihat metode berikut.

Cara Buat Channel di IGTV

 

Channel atau saluran adalah tempat orang lain dapat menonton video yang telah Anda upload ke IGTV. Sebelum Anda dapat mengirim video ke IGTV, Anda harus membuat saluran terlebih dahulu. Namun tampaknya Instagram telah menghapus fitur ini di aplikasi smartphone sehingga Anda tidak perlu membuat channel khusus untuk bisa mengupload video.

Sekarang, lebih mudah bagi Anda untuk mengunggah video di IGTV. Bagaimana cara membuat video di IGTV? Lihat cara berikut ini.

Cara Upload Video di IGTV

Untuk mengupload video di IGTV adalah sebagai berikut:

Dari aplikasi IG atau IGTV:

1. Ketuk foto profilmu yang muncul di sisi kanan bawah.

2. Ketuk ikon “+” dan pilih IGTV video, lalu pilih video yang ingin kamu upload.

4. Tambahkan judul dan deskripsi. Kamu juga dapat memilih untuk langsung membagikannya ke Halaman Facebook.

5. Ketuk “Posting“.

Dari web di Instagram.com

1. Dari komputer, buka browser dan buka Instagram.com.

2. Ketuk foto profil Instagram, lalu ketuk “profile”

3. Cari ikon IGTV setelah highlights stories.

3. Klik “Upload” atau “Unggah Video”.

4. Klik ikon “+” dan pilih video, atau seret dan letakkan file video.

5. Tambahkan judul dan deskripsi. Kamu juga dapat memilih untuk langsung membagikannya ke Halaman Facebook.

5. Klik “Posting“.

Nah itu dia empat tips membuat IGTV Instagram banyak ditonton. Sampai bertemu di artikel Tekno Mania berikutnya, semoga bermanfaat!

Baca juga:

Penyebab Harga HP Batam Lebih Murah Dibanding Yang Lain

Iklan