Apa itu huruf hiragana?


hiragana

Hiragana merupakan salah satu bentuk dari aksara Jepang yang digunakan untuk menulis kata-kata dalam bahasa Jepang yang tidak memiliki terjemahan. Huruf-huruf aksara hiragana sama seperti aksara lainnya seperti katakana dan kanji dalam aksara Jepang. Aksara hiragana merupakan aksara yang digunakan sehari-hari dan dapat ditemukan pada berbagai hal seperti buku anak-anak atau majalah.

Di Indonesia sendiri, huruf hiragana sudah cukup dikenal dan sering dijumpai terutama oleh para pecinta komik atau manga. Banyak komik-komik Jepang yang menggunakan huruf hiragana dalam alur ceritanya sehingga membuat para pembaca yang tertarik dengan kesenian tersebut untuk mempelajari huruf hiragana agar dapat memahami cerita yang dibawakan.

Huruf hiragana terdiri dari 46 huruf dan setiap huruf mewakili bunyi dari bahasa Jepang. Setiap huruf terdiri dari suku kata vokal dan konsonan.
Adapun huruf-huruf hiragana yang terdapat dalam aksara Jepang antara lain:

1. a-i-u-e-o

Huruf hiragana a-i-u-e-o menjadi huruf dasar dalam pembelajaran huruf hiragana. Ketika belajar huruf hiragana, biasanya a-i-u-e-o diperkenalkan sebagai peletak dasar. Huruf a-i-u-e-o digunakan ketika kita membuat nama akrab, misalnya ketika seseorang memiliki nama Hiraki, di mana huruf a-i-u-e-o ini akan digunakan untuk membuat nama akrab seperti Hira-chan, Hira-kun, dan sebagainya.

2. ka-ki-ku-ke-ko

Huruf hiragana ka-ki-ku-ke-ko merupakan contoh paling sederhana dari huruf hiragana. Huruf ini sering digunakan dalam pembicaraan sehari-hari oleh orang-orang Jepang. Aksara hiragana ini sangat penting dalam belajar menulis aksara Jepang karena beberapa kata atau frasa yang umumnya digunakan dalam bahasa Jepang mengandung huruf ini.

3. sa-shi-su-se-so

Huruf hiragana sa-shi-su-se-so memiliki bunyi yang halus dan sering digunakan dalam bahasa Jepang. Bunyi huruf ini terdengar agak lunak dan melengking. Huruf hiragana ini juga sering digunakan dalam bahasa Jepang karena memiliki suara yang mudah untuk diingat dan diucapkan.

4. ta-chi-tsu-te-to

Huruf hiragana ta-chi-tsu-te-to merupakan huruf konsonan dari aksara hiragana. Huruf ini juga sering digunakan dalam bahasa Jepang. Bunyi huruf hiragana ini terdengar seperti bunyi dental dalam bahasa Indonesia.

5. na-ni-nu-ne-no

Huruf hiragana na-ni-nu-ne-no sering digunakan dalam bahasa Jepang baik dalam bentuk kata kerja maupun kata benda. Huruf ini sangat penting karena sering ditemukan dalam kalimat-kalimat Jepang. Huruf ini termasuk dalam kategori konsonan N, di mana bunyi dari huruf ini sering terdengar seperti bunyi N dalam bahasa Indonesia.

6. ha-hi-fu-he-ho

Huruf hiragana ha-hi-fu-he-ho merupakan huruf konsonan dalam aksara hiragana. Huruf ini digunakan dalam banyak kata-kata yang umum digunakan dalam bahasa Jepang seperti nama orang dan nama benda. Bunyi huruf hiragana ini terdengar seperti bunyi H dalam bahasa Indonesia.

7. ma-mi-mu-me-mo

Huruf hiragana ma-mi-mu-me-mo sering digunakan dalam kalimat bahasa Jepang karena merupakan salah satu huruf penting dalam aksara hiragana. Setelah huruf ini, biasanya dimulai huruf ki atau gi. Huruf hiragana ini diucapkan seperti M dalam bahasa Indonesia.

8. ya-yu-yo

Huruf hiragana ya-yu-yo merupakan huruf hiragana yang digunakan untuk menulis nama orang dalam bahasa Jepang. Ketika ditulis bersama dengan huruf lainnya, huruf ini akan menghasilkan bunyi yang berbeda. Huruf ini diucapkan seperti bunyi Y dalam bahasa Indonesia.

9. ra-ri-ru-re-ro

Huruf hiragana ra-ri-ru-re-ro sering digunakan pada kata-kata bahasa Jepang yang merupakan suatu kata kerja atau kata benda. Bunyi huruf hiragana ini sedikit lebih kuat dari bunyi konsonan lainnya dalam aksara hiragana, terutama pada bunyi huruf R yang terdengar keras.

10. wa-wo-n

Huruf hiragana wa-wo-n merupakan huruf yang sering digunakan dalam bahasa Jepang, khususnya dalam penulisan kata-kata. Huruf ini sering dimasukkan dalam bagian konsonan N karena bunyi dari huruf ini terdengar seperti bunyi N dalam bahasa Jepang.

Maka itulah sedikit mengenai huruf hiragana dan fungsi huruf hiragana dalam bahasa Jepang. Bagi kamu yang ingin mempelajari bahasa Jepang lebih dalam, penting untuk mempelajari huruf hiragana karena huruf hiragana merupakan huruf dasar yang harus diketahui sebelum mempelajari aksara Jepang lainnya.

Asal Usul Huruf Hiragana


Asal Usul Huruf Hiragana

Huruf Hiragana adalah salah satu aksara Jepang yang paling banyak digunakan dalam bahasa Jepang. Huruf ini terdiri dari 46 karakter, dan merupakan salah satu dari tiga aksara utama dalam bahasa Jepang, selain aksara Kanji dan Katakana.

Hiragana digunakan untuk menulis kata-kata yang berasal dari bahasa Jepang, baik kata benda, kata sifat, kata keterangan, maupun kata kerja. Sebagian besar kata-kata Jepang yang ditulis dengan huruf Hiragana memiliki arti yang sulit dipahami bagi orang yang tidak memahami bahasa Jepang, karena kata-kata tersebut sering kali memiliki huruf kanji sebagai komponen utamanya, yang memiliki makna simbolis.

Huruf Hiragana pertama kali muncul pada abad ke-9 di Jepang. Pada saat itu, bahasa Jepang masih menggunakan huruf China (Kanji) sebagai huruf tulisannya. Penggunaan huruf Kanji ini sangat sulit bagi rakyat Jepang yang tidak menguasai huruf tersebut. Oleh karena itu, para biksu Buddha dari Tiongkok yang sedang berkunjung ke Jepang pada saat itu, menciptakan huruf Hiragana untuk membantu masyarakat Jepang dalam membaca dan menulis bahasa Jepang dengan lebih mudah.

Menurut legenda Jepang, nenek moyang mereka Jepang pertama kali mengenal aksara Kanji ketika mereka menjalin hubungan dengan Tiongkok sekitar abad ke-5. Pada saat itu, mereka belum memiliki sistem tulisan sendiri, sehingga mereka menggunakan aksara Kanji Tiongkok untuk menulis bahasa Jepang. Namun, karena huruf Kanji memiliki banyak bentuk dan banyak bunyi yang sulit dipahami, masyarakat Jepang kemudian mengembangkan aksara sendiri yang lebih mudah digunakan, yaitu Hiragana.

Huruf Hiragana awalnya memiliki 28 karakter, yang disebut “iroha” atau “i-ro-ha” dalam bahasa Jepang. Ke-28 karakter ini diatur dalam urutan alfabetis yang berbeda dengan alfabet Romawi. Pengaturan ini didasarkan pada konsep konsonan dan vokal yang berbeda dari bahasa Jepang. Karakter-karakter Hiragana ini kemudian berkembang menjadi 46 karakter seperti yang diketahui saat ini.

Huruf Hiragana digunakan dalam tulisan bahasa Jepang hingga saat ini. Banyak sekali kata-kata Jepang yang ditulis dalam huruf Hiragana, sehingga memahami huruf Hiragana adalah hal yang penting untuk bisa menguasai bahasa Jepang secara keseluruhan. Oleh karena itu, sangat penting bagi pembelajar bahasa Jepang untuk mempelajari huruf Hiragana dengan baik dan benar.

Cara belajar huruf hiragana dengan mudah


gambar huruf hiragana dalam bahasa Jepang

Masih banyak orang yang memiliki ketertarikan pada bahasa Jepang. Salah satu yang menarik perhatian orang adalah huruf Jepang yang unik dan bervariasi. Salah satunya adalah huruf hiragana, huruf asli Jepang yang terdiri dari 46 karakter. Huruf ini bisa dipelajari oleh banyak orang, bahkan mereka yang belum mengenal bahasa Jepang sekalipun.

latihan menulis huruf hiragana

Langkah-langkah belajar huruf hiragana

Ini adalah beberapa langkah yang dapat ditempuh untuk mempelajari huruf hiragana dengan mudah.

1. Pelajari dasar-dasar fonetik Jepang

Sebelum mulai mempelajari huruf hiragana, cobalah untuk memahami fonetik bahasa Jepang secara umum. Bahasa Jepang memiliki beberapa suara vokal dan konsonan yang berbeda dari bahasa Indonesia. Anda dapat mencari buku fonetik Jepang atau menonton video online untuk memperdalam pemahaman dalam mengucapkan kata- kata dalam bahasa Jepang. Setelah itu, maka, Anda dapat memulai belajar huruf hiragana.

2. Hafal letak posisi setiap huruf hiragana

Sekarang, ketika Anda telah memahami aturan fonetik Jepang, mulailah memperhatikan setiap huruf hiragana. Anda harus hafal dan memperhatikan setiap satu karakter huruf hiragana, seperti huruf ‘あ’ yang dibunyikan ‘a’, ‘か’ yang dibunyikan ‘ka’ , dan seterusnya. Bila perlu, print daftar huruf hiragana dan konsentrasikan diri dalam pelajaran.

3. Latihan menulis huruf hiragana

latihan menulis huruf hiragana

Setelah menghafal, saatnya Anda mempraktekkannya dengan semangat. Perlu sedikit waktu untuk dapat membiasakan diri dalam menulis huruf hiragana, namun jangan menyerah terlebih dahulu. Tuliskan setiap huruf hiragana pada daftar atau gunakan buku latihan untuk tujuan ini. Lakukan latihan menulis huruf hiragana sehari-hari sebanyak mungkin, dan pastikan Anda menulis dengan benar dan sesuai urutan huruf. Hal ini akan meningkatkan memori visual Anda dalam mengingat gambar, sehingga lebih mudah untuk membacanya di kemudian hari.

4. Perbanyak latihan dengan membaca dan menulis kata-kata sederhana

Setelah akhirnya Anda mengetahui aturan dan mengenal imbuhan, cobalah untuk menerapkan pengetahuan ini dengan mempelajari kata-kata sederhana dalam bahasa Jepang. Anda dapat mencari tugas menulis sederhana dan mencoba membaca kata-kata dalam tulisan hiragana. Teruslah membaca dan menulis kata- kata dengan huruf hiragana, itu akan membawa Anda jauh.

5. Gunakan aplikasi atau buku latihan hiragana

Ketika Anda merasa sudah cukup yakin dengan pembelajaran huruf hiragana, cobalah menggunakan aplikasi atau buku latihan hiragana. Ada beberapa aplikasi yang membantu para pelajar mempraktekkan huruf hiragana dengan baik seperti A-Kana. Aplikasi A-Kana menawarkan pelajaran menyenangkan yang disertai latihan untuk menguji pemahaman Anda dalam bahasa Jepang.

Begitulah cara belajar huruf hiragana dengan mudah. Ingatlah untuk selalu merasa gembira dalam setiap tahapan belajar huruf hiragana. Lakukan dengan sabar dan telaten, hasilnya Anda akan merasakan peningkatan dalam memahami bahasa Jepang.

Kegunaan dan Fungsi Huruf Hiragana


Kegunaan dan Fungsi Huruf Hiragana

Huruf hiragana adalah salah satu bagian penting dalam belajar bahasa Jepang. Huruf ini digunakan untuk menulis kata-kata yang berasal dari bahasa Jepang. Karena huruf hiragana memiliki banyak kegunaan dan fungsi, penting bagi kita untuk memahami huruf hiragana dengan baik.

1. Penggunaan Huruf Hiragana dalam Kehidupan Sehari-Hari

Penggunaan Huruf Hiragana dalam Kehidupan Sehari-Hari

Huruf Hiragana digunakan secara luas dalam kehidupan sehari-hari di Jepang. Di samping kanji dan katakana, huruf hiragana sangat penting untuk menulis kata-kata dalam bahasa Jepang. Bentuk dan pola huruf hiragana juga sangat mudah dipahami oleh pendatang asing yang sedang belajar bahasa Jepang.

Huruf hiragana digunakan untuk menulis kata-kata sifat dalam bahasa Jepang seperti aishiteru (cinta), genki (sehat), dan masih banyak lagi. Selain itu, huruf hiragana juga digunakan untuk menulis kata-kata benda dalam bahasa Jepang seperti asa (pagi), yoru (malam), dan lain sebagainya.

2. Penggunaan Huruf Hiragana dalam Novel dan Komik

Penggunaan Huruf Hiragana dalam Novel dan Komik

Huruf hiragana juga digunakan secara luas dalam novel dan komik Jepang. Dalam novel, huruf hiragana digunakan untuk menulis kata-kata yang berasal dari bahasa Jepang dan membantu pembaca dalam mengerti isi cerita dengan baik.

Sedangkan dalam komik, huruf hiragana digunakan untuk mentransformasikan suara atau intonasi dalam cerita. Contohnya, untuk menggambarkan suara tertentu seperti suara ketawa “ha ha ha”, biasanya huruf hiragana akan ditulis berkali-kali untuk memberikan efek suara yang kuat.

3. Penggunaan Huruf Hiragana dalam Kamus dan Buku Pelajaran

Penggunaan Huruf Hiragana dalam Kamus dan Buku Pelajaran

Sama seperti kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari, huruf hiragana juga sangat penting dalam kamus dan buku pelajaran bahasa Jepang. Huruf hiragana digunakan untuk menulis kata-kata yang dijelaskan dalam kamus bahasa Jepang, mulai dari kata-kata yang sederhana hingga yang kompleks. Bentuk dan pola huruf hiragana sangat mudah dipahami, sehingga memudahkan pembelajaran bahasa Jepang.

4. Penggunaan Huruf Hiragana dalam Kanji

Penggunaan Huruf Hiragana dalam Kanji

Salah satu kegunaan penting dan unik huruf hiragana adalah dalam menginfokan bacaan huruf kanji. Karena bacaan huruf kanji bervariasi, huruf hiragana digunakan untuk membentuk pengucapan atau membantu dalam membaca huruf kanji.

Contohnya dalam kanji 食べる (taberu) yang artinya makan. Huruf kanji itu sendiri memiliki bacaan “taberu”, namun untuk orang yang tidak familiar dengan huruf kanji, dapat membaca huruf hiragana yang terdapat di samping kanji, seperti 食べる, sehingga mereka dapat memahami arti kata tersebut.

Itulah beberapa penggunaan dan fungsi huruf hiragana dalam bahasa Jepang. Penting bagi kita untuk memahami bentuk dan polanya dengan baik agar dapat menguasai bahasa Jepang dengan lebih mudah.

Huruf Hiragana: Panduan Menulis Bahasa Jepang untuk Pemula

Pengertian Hiragana dan Contoh Penggunaannya dalam Bahasa Jepang


Hiragana

Hiragana merupakan salah satu dari tiga sistem penulisan atau aksara bahasa Jepang, yang berfungsi untuk menulis kata-kata atau frasa-frasa yang tidak terdapat dalam sistem Kanji atau Katakana. Aksara Hiragana terdiri dari 46 huruf, dan biasanya digunakan untuk menulis kata benda, kata kerja, kata sifat, dan kata-kata yang tidak memiliki kosa kata dalam Katakana atau Kanji.

Contoh penggunaan huruf Hiragana dalam Bahasa Jepang antara lain:

1. いし (Ishi) – Batu

Ishi

Ini adalah contoh kata benda yang dapat ditulis menggunakan huruf Hiragana. Arti dari kata “石” adalah batu, dan untuk menulis kata tersebut kita dapat menggunakan huruf Hiragana “いし”.

2. おしゃべり (Oshaberi) – Ngobrol

Oshaberi

Ini adalah contoh kata kerja yang dapat ditulis menggunakan huruf Hiragana. Arti dari kata “お喋り” adalah ngobrol, dan untuk menulis kata tersebut kita dapat menggunakan huruf Hiragana “おしゃべり”.

3. あたたかい (Atatakai) – Hangat

Atatakai

Ini adalah contoh kata sifat yang dapat ditulis menggunakan huruf Hiragana. Arti dari kata “暖かい” adalah hangat, dan untuk menulis kata tersebut kita dapat menggunakan huruf Hiragana “あたたかい”.

4. げんき (Genki) – Sehat

Genki

Ini adalah contoh kata yang sulit untuk ditulis menggunakan Katakana atau Kanji, sehingga Hiragana digunakan untuk menuliskannya. Arti dari kata “元気” adalah sehat, dan kata tersebut dapat ditulis dengan menggunakan huruf Hiragana “げんき”.

5. ねこ (Neko) – Kucing

Neko

Bahkan nama-nama hewan atau binatangpun dapat ditulis menggunakan huruf Hiragana. Contohnya adalah kata “ねこ” yang artinya kucing, dan dapat ditulis menggunakan huruf Hiragana seperti pada gambar di atas.

Dalam penggunaan huruf Hiragana, biasanya setiap huruf diucapkan dengan jelas dan tidak dibaca dengan suara terburu-buru. Selain itu, penggunaan aksara Hiragana juga membuat bahasa Jepang menjadi lebih mudah dipahami dan diucapkan, terutama untuk mereka yang baru mempelajari bahasa Jepang.

Dalam menulis huruf Hiragana, kita perlu memperhatikan bentuk karakternya dan pola penulisannya. Sebagai pemula, kita dapat memulai dengan menghafal huruf Hiragana satu persatu, dan kemudian membuat daftar kosakata sederhana yang menggunakan Huruf Hiragana. Pelajaran Bahasa Jepang dengan bimbingan seorang ahli bahasa juga sangat disarankan untuk memperoleh pengucapan yang lebih akurat serta pengetahuan tentang tata bahasa Jepang yang lebih luas.

Demikianlah sekilas tentang penggunaan huruf Hiragana dalam Bahasa Jepang. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Iklan