Pengertian Omiyage dan Maknanya di Jepang


Omiyage Artinya in Indonesia

Omiyage adalah sebuah tradisi bagi masyarakat Jepang yang berperan sebagai hadiah atau oleh-oleh khas dari suatu tempat yang mereka kunjungi. Dalam pengertian bahasa, omiyage berasal dari kata “omiyageru” yang berarti “memberi sesuatu sebagai tanda perhatian”.

Oleh-oleh adalah bagian dari budaya di Jepang, yang dianggap tidak sopan jika kita tidak membawakannya ketika kita pergi berlibur atau mengunjungi teman dan kerabat di luar waktu kerja. Omiyage menunjukkan rasa terima kasih dan penghargaan kita kepada orang-orang yang kita temui selama perjalanan atau saat kita berada di luar kota.

Omiyage juga bisa diartikan sebagai sebuah simbol yang menggambarkan keindahan dan keunikannya suatu tempat. Oleh karena itu, omiyage biasanya memiliki penampilan yang menarik dan dibuat dengan cermat sehingga cocok menjadi oleh-oleh bagi orang yang menerima.

Tradisi membawa oleh-oleh juga memiliki sebuah makna yang sangat penting bagi masyarakat Jepang, yaitu sebagai wujud rasa hormat dan penyampaian informasi yang berkaitan dengan tempat yang dikunjungi. Ketika kita memberikan oleh-oleh, kita membawa informasi tentang tempat tersebut dan menunjukkan bahwa kita memperhatikan orang yang kita beri oleh-oleh tersebut.

Oleh karena itu, omiyage dianggap sebagai hubungan timbal balik antara penerima dan pengirim. Penerima akan merasa senang karena memberikan oleh-oleh bermakna bahwa kita memikirkan mereka saat kita berada di luar kota, sementara pengirim akan merasa bahagia karena bisa memiliki kesempatan untuk memberikan oleh-oleh yang menunjukkan rasa penghargaan dan kasih sayang.

Oleh karenanya, tidak mengherankan jika banyak toko-toko di Jepang yang menjual oleh-oleh, baik dalam bentuk makanan, benda kerajinan, baju, hingga barang-barang yang tidak terbayangkan sebelumnya. Dengan cara tersebut, omiyage menjadi sangat penting dalam budaya persahabatan, kerjasama, dan perdagangan antarnegara atau antarwilayah di Jepang.

Terakhir, selain ditujukan sebagai sebuah hadiah atau oleh-oleh khas, omiyage juga dapat menunjukkan tentang siapa yang membawanya. Seorang pelancong, misalnya, yang membawa oleh-oleh khas dari daerah asal mereka dapat menunjukkan identitas aslinya melalui omiyage tersebut. Sehingga, omiyage juga membawa makna pemersatu budaya dalam rangka merawat keanekaragaman budaya di Indonesia.

Jenis-jenis Omiyage yang Terkenal di Jepang


omiyage terkenal di jepang

Setiap daerah di Jepang memiliki omiyage (oleh-oleh khas) yang berbeda dan terkenal. Omiyage sering dijadikan sebagai hadiah untuk keluarga, teman, atau rekan kerja. Berikut adalah jenis-jenis omiyage yang terkenal dan harus dicoba saat berkunjung ke Jepang:

1. Tokyo Banana

tokyo banana omiyage

Tokyo Banana adalah salah satu omiyage paling terkenal dari Tokyo. Terbuat dari biskuit lembut berisi krim pisang yang lezat, makanan ringan ini menjadi populer sejak 1991. Bentuknya menyerupai pisang dan memiliki kemasan yang menarik!

2. Yatsuhashi

yatsuhashi omiyage

Yatsuhashi adalah omiyage populer dari Kyoto. Terbuat dari tepung beras ketan, gula, dan bubuk kayu manis, makanan ringan ini memiliki rasa manis dan aroma yang khas dari kayu manis. Ada dua jenis yatsuhashi, yaitu yang keras atau renyah (yatsuhashi tost), dan yang lembut (nama yatsuhashi).

Banyak variasi rasa yatsuhashi yang bisa dicoba, seperti stroberi, teh hijau, cokelat, dan banyak lagi. Kemasannya juga unik dengan gambar orang-orang terkenal di Kyoto, seperti Daigoji dan Kinkakuji.

3. Mochi

mochi omiyage

Mochi adalah bola nasi ketan yang dibuat dengan cara diketuk dengan palu kayu hingga halus dan berbentuk bulat. Di dalamnya biasanya berisi kacang merah atau pasta kacang, dan sering dihidangkan dengan teh.

Mochi umumnya dianggap sebagai makanan tahun baru di Jepang, tetapi sekarang sudah tersedia sepanjang tahun sebagai oleh-oleh dan makanan ringan. Daifuku, varian mochi dengan isi kacang merah, adalah salah satu jenis mochi paling terkenal.

4. Matcha

matcha omiyage

Matcha adalah teh hijau bubuk yang menjadi populer di seluruh dunia. Matcha yang berkualitas tinggi biasanya memiliki warna hijau cerah dan rasa yang lezat. Berbagai varian matcha omiyage tersedia, seperti permen matcha atau cokelat matcha.

5. Kue Castella

kue castella omiyage

Kue Castella berasal dari Portugal dan diperkenalkan ke Jepang oleh pedagang Portugis pada abad ke-16. Kue ini terbuat dari gula, tepung terigu, telur, dan susu. Kue Castella memiliki tekstur yang lembut dan manis sehingga sangat cocok untuk camilan atau hidangan penutup.

Kue Castella menjadi sangat populer di Jepang pada zaman Edo, dan sekarang terkenal sebagai oleh-oleh dari Nagasaki.

Demikianlah jenis-jenis omiyage terkenal dan harus dicoba saat berkunjung ke Jepang. Selain memiliki rasa yang lezat, omiyage juga memiliki kemasan yang menarik sehingga membuatnya menjadi oleh-oleh yang sempurna untuk keluarga, teman, dan rekan kerja Anda!

Bagaimana Memilih Omiyage yang Tepat untuk Dibeli


Omiyage Artinya in Indonesia

Setelah mengetahui arti omiyage dan makna di baliknya, tentunya kamu akan tertarik untuk memilih dan membeli omiyage sebagai oleh-oleh kepada orang yang kamu cintai. Namun, memilih omiyage yang tepat tidaklah semudah yang dibayangkan. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar omiyage yang dibeli benar-benar bermanfaat bagi penerimanya.

Tentukan Budget yang Sesuai

Budget Meme

Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika memilih omiyage adalah budget atau anggaran yang akan digunakan. Tentunya kamu tak ingin membeli omiyage yang terlalu mahal dan merugikan keuangan, namun juga tidak ingin membeli omiyage yang terlalu murah dan kurang bermakna. Oleh karena itu, tentukan budget yang sesuai dan perhatikan kualitas serta manfaat yang akan diperoleh dari omiyage tersebut.

Pilih Omiyage yang Khas dan Berkualitas

Kerajinan Indonesia

Saat memilih omiyage, perhatikan khasiat dan keunikannya. Pilih omiyage yang merupakan produk atau cinderamata khas daerah atau negara tempat kamu berwisata. Ini dapat mendukung dan mempromosikan budaya serta kerajinan asli dari tempat tersebut. Selain itu, pastikan juga bahwa omiyage yang dibeli berkualitas, baik dari segi bahan, desain, atau kemasannya.

Sesuaikan dengan Kepribadian Penerima

Pribadi Manusia

Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Oleh karena itu, saat memilih omiyage, pilihlah yang sesuai dengan kepribadian atau karakteristik penerima omiyage. Jika penerima menyukai barang-barang unik dan berbeda, maka kamu dapat memilih omiyage yang memiliki desain yang eksentrik. Namun, jika penerima lebih menyukai barang bergengsi, maka kamu dapat memilih omiyage yang memiliki merek terkenal dan terpercaya.

Sertakan Pesan atau Kartu Ucapan

Pesan Ucapan

Terakhir, tak lupa sertakan pesan atau kartu ucapan pada omiyage yang akan kamu berikan sebagai oleh-oleh. Pesan yang diberikan dapat memberikan kesan tersendiri pada penerima, sehingga omiyage yang kamu berikan tidak hanya sebagai oleh-oleh biasa, tetapi juga memiliki makna yang lebih dalam dan berkesan bagi mereka.

Etika dan Tatakrama dalam Memberikan Omiyage


Omiyage artinya in INDONESIA

Omiyage telah menjadi bagian dari budaya Indonesia. Saat melakukan perjalanan ke daerah lain, banyak dari kita yang membawa oleh-oleh atau omiyage bagi keluarga atau teman di rumah. Namun, sebelum Anda memberikan omiyage, ada beberapa etika dan tatakrama dalam memberikan omiyage yang harus dipahami.

1. Pilih Omomiyage yang Tepat
Pertama-tama, pastikan omiyage yang Anda pilih sesuai dengan kepribadian dan kebutuhan orang yang Anda beri. Jangan membeli omiyage yang dihargai oleh orang lain, tetapi tidak disukai atau dibutuhkan oleh orang yang Anda hadiahkan. Menghargai kultur orang-orang yang Anda berikan oleh-oleh juga menjadi esensi dari Etika dan Tatakrama dalam memberikan omiyage.

2. Hindari Membawa Barang yang Mudah Rusak atau Berbahaya
Pastikan barang yang Anda bawa tidak menjurus pada barang yang cukup terbuang, seperti barang mudah rusak atau memiliki kandungan bahan yang tidak halal atau bahaya. Itu tidak hanya akan merugikan penerima, tetapi juga membuat nama baik Anda sebagai orang yang memberikan omiyage kurang baik.

3. Bungkus dengan Rapi dan Menarik
Setelah memilih omiyage yang tepat, langkah selanjutnya adalah membungkusnya dengan rapi dan menarik. Semakin menarik kemasannya, semakin indah kesan yang akan dihasilkan. Penting juga untuk menyertakan ucapan terima kasih sebagai bentuk penghargaan atas kesempatan yang diberikan.

4. Menjaga Kecanggihan dari Kategori Omiyage itu Sendiri
Istilah Omiyage berasal dari bahasa Jepang yang terdiri dari dua kata yaitu “Omiai” artinya undangan oleh orang tua untuk pasangan yang akan dijodohkan dan “Ge” artinya terus menerus. Dalam bahasa Indonesia Omiyage sering dipahami sebagai oleh-oleh atau pembelian souvenir di suatu tempat atau daerah. Salah satu kecatatan yaitu menjaga kecanggihan yang ada di dalam kategori Omiyage itu sendiri. Jangan sampai dengan memberikan oleh-oleh atau omiyage membuat penerima justru merasa terbebani dengan tumpukan oleh-oleh tersebut. Oleh-oleh atau omiyage seharusnya bukan hanya menjadi sesuatu yang memberatkan, tetapi menjadi sebuah kenangan yang manis bagi para penerima oleh-oleh.

5. Menjalin hubungan
Memberikan sebuah omiyage juga dapat diartikan membangun hubungan yang baik. Tidak jarang, pemberian omiyage bisa membuka pembicaraan, mempererat tali persahabatan, atau menjadi pendekatan awal untuk membangun hubungan yang lebih baik. Pemberian omiyage yang tepat juga akan memperlihatkan bahwa kita memiliki rasa perhatian dan peduli terhadap orang-orang di sekeliling kita.

6. Memberikan Omiyage saat pulang
Terakhir, memberikan omiyage saat pulang ke rumah. Hal ini dimaksudkan agar penerima dapat merasakan keindahan wilayah yang kita kunjungi serta sebagai ucapan terima kasih atas keramahan dan kedermawanan orang-orang di daerah tersebut.

Itulah beberapa etika dan tatakrama dalam memberikan omiyage. Dalam memberikan omiyage, selain mengekspresikan rasa terima kasih, penting juga untuk mempertimbangkan kesesuaian, kemasan, dan tata cara memberikannya. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, omiyage bukan hanya sebagai hadiah, tetapi juga menjadi kenangan yang manis dan membangun hubungan yang baik.

Sejarah dan Perkembangan Omiyage di Jepang


Omiyage artinya in Indonesia

Omiyage adalah tradisi unik yang dilakukan di Jepang, yaitu memberikan oleh-oleh kepada kerabat, teman, dan rekan kerja sebagai tanda terima kasih. Kata ‘omiyage’ sendiri berasal dari kata ‘omou’ (berpikir) dan ‘miage’ (membawa), yang dapat diartikan sebagai memberikan sesuatu yang dipikirkan dengan baik dan hati-hati ketika akan memberikannya.

Omiyage di Jepang

Keberadaan omiyage telah terjadi sejak zaman Heian (794-1185), ketika orang-orang mulai membawa oleh-oleh dari tempat-tempat yang mereka kunjungi ke kota Kyoto. Pada masa itu, oleh-oleh yang popular adalah perhiasan dan kerajinan tangan. Namun, seiring berkembangnya zaman, konsep omiyage pun mengalami perubahan, dan sekarang omiyage lebih banyak dikaitkan dengan makanan dan suvenir.

omiyage food

Sebelumnya, omiyage merupakan hadiah yang diberikan oleh pejabat atau orang-orang penting sebagai tanda terima kasih kepada rakyat, tetapi sekarang omiyage lebih banyak dikaitkan dengan sebagai oleh-oleh yang dibawa oleh wisatawan dari tempat yang mereka kunjungi. Kota-kota wisata seperti Tokyo, Kyoto, Osaka, dan Hokkaido terkenal dengan omiyage makanannya yang unik dan lezat, seperti manju, mochi, dan senbei.

omiyage market

Bahkan, omiyage telah menjadi industri yang cukup besar di Jepang. Beberapa produsen omiyage populer seperti Tokyo Banana, Shiroi Koibito, dan Royce Chocolate telah menjadi merek terkenal di seluruh negeri. Selain itu, toko omiyage juga tersedia di stasiun kereta, bandara, dan kawasan wisata, seperti Hiroshima Peace Memorial Park dan Gunung Fuji Summit.

omiyage uniqueness

Selain makanan, omiyage juga bisa berupa produk unik dari daerah tertentu, seperti keramik, kain, dan kertas. Omiyage tersebut biasanya memiliki ciri khas dari kota atau prefektur tempat tersebut berasal. Misalnya, di Arita, Kumamoto, dikenal sebagai pusat keramik di Jepang, oleh-oleh umumnya berupa barang-barang kerajinan tangan yang terbuat dari keramik Arita yang terkenal.

omiyage in relationship

Di Jepang, omiyage juga memiliki arti penting dalam hubungan sosial. Memberikan omiyage bukan hanya sebagai tanda terima kasih, tetapi juga sebagai cara untuk membina hubungan yang baik. Oleh karena itu, penting bagi orang Jepang untuk memilih omiyage dengan baik, dan menjaga kualitas omiyage yang diberikan, karena omiyage dapat mencerminkan karakter dan prinsip orang yang memberikannya.

Iklan