Ads - After Header

Syahadatain Terdiri Atas: Penjelasan Lengkap dan Kelebihan Kekurangan

Semesta

Halo Pembaca Rinidesu.com, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang syahadatain terdiri atas. Syahadatain merupakan sebuah kalimat syahadat yang diucapkan oleh setiap muslim. Dalam bahasa Arab, syahadatain terdiri dari dua kalimat yaitu “Laa ilaha illallah” dan “Muhammad Rasulullah”. Secara arti, syahadatain berarti tidak ada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Dalam Islam, syahadatain memiliki arti penting yang sangat besar. Oleh sebab itu, mari kita simak penjelasan lebih lengkap tentang syahadatain terdiri atas.

Kelebihan dan Kekurangan Syahadatain Terdiri Atas

Sebagai muslim yang mempercayai dan mengamalkan agama Islam, tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan syahadatain terdiri atas. Namun, apakah kita tahu kelebihan dan kekurangan dari ungkapan yang kita ucapkan dalam setiap shalat dan ibadah lainnya ini? Berikut adalah penjelasannya.

Kelebihan Syahadatain Terdiri Atas

1. Menjadi Kunci Masuk Surga
Syahadatain terdiri atas adalah salah satu syarat utama menjadi muslim yang diterima oleh Allah. Dengan mengucapkan syahadatain, seseorang menjadi sah menjadi muslim dan berhak masuk surga.

2. Pembebasan dari Neraka
Sebagaimana dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barangsiapa yang mengucapkan kalimat syahadat, dengan yakin dan beriman akan penafsirannya dan ia pula memperjuangkan penafsirannya, maka ia akan masuk surga, tidak peduli bagaimana akhir hidupnya di dunia ini. Dalam riwayat lain disewakan, “Maka Allah Azza wa Jalla akan mewajibkan surga baginya, dan membukakan untuknya pintu-pintu surga. Dan sayyidina Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu menambahkan, “Ia dikhususkan untuk empat kalender yaitu masuk surga bersama Nabi-Nabi, mati sebagai syahid, dihindarkan dari siksa kubur dan siksa neraka.”

Also Read

Bagikan:

Tags

Ads - Before Footer