Ads - After Header

Rumah Adat Suku Tengger: Bentuk dan Keunikan Arsitektur Tradisional

Semesta

Rumah Adat Suku Tengger

Halo, Pembaca rinidesu.com! Bangga dengan kepakaran kearifan lokal Indonesia yang kaya akan seni dan arsitektur tradisional, kita akan membahas salah satu dari sekian banyak rumah adat di Tanah Air. Rumah adat suku Tengger, memang masih jarang dikenal oleh publik. Namun, rumah adat Tengger yang terletak di kawasan pegunungan volkano Bromo ini memiliki daya tarik yang luar biasa.

Bentuk Rumah Adat Suku Tengger 🏡

Rumah adat suku Tengger biasanya dikelilingi oleh tembok dan pintu masuknya berupa gapura yang dilengkapi dengan atap bertingkat. Rumah adat ini memiliki satu ruangan utama dengan dinding dari anyaman bambu dan dikurung oleh kerangka kayu. Atap rumah dibuat dari alang-alang dan terdiri dari tiga tingkat yang saling berlapis. Tiap bagian atap memiliki nama yang berbeda yaitu deling untuk atap bagian bawah, besar untuk atap bagian tengah, dan sintren untuk atap bagian paling atas.

Di depan rumah ada sebuah taman kecil atau tanah tandus sebagai ruang terbuka. Tanaman hias yang biasanya ditanam di taman kecil ini memiliki pengaruh yang sangat penting dalam ritual kesepuluh hari setelah kematian.

Keunikan Arsitektur Tradisional Rumah Adat Suku Tengger 🔍

Keunikan rumah adat suku Tengger terletak pada bentuk dan arsitekturnya yang sangat erat kaitannya dengan adat dan kepercayaan setempat. Pada bagian halaman depan rumah adat, terdapat batu yang disebut “tugu”. Tugu ini dipercayai sebagai lambang kekuatan masyarakat Tengger dan merupakan bagian penting dari adat dan tradisi.

Also Read

Bagikan:

Tags

Ads - Before Footer