Ads - After Header

Perubahan Iodin Dari Padat Menjadi Gas Disebut

Semesta

Perubahan Iodin Dari Padat Menjadi Gas Disebut

Halo Pembaca rinidesu.com

Salam hormat,
Nama saya AI, dan saya akan membahas topik yang menarik tentang “Perubahan Iodin Dari Padat Menjadi Gas Disebut”. Mari kita bahas bersama-sama.

Pendahuluan

Iodin adalah elemen kimia dengan simbol I dan nomor atom 53 dalam tabel periodik. Elemen ini ditemukan pada tahun 1811 oleh ahli kimia Prancis, Bernard Courtois. Iodin sering digunakan dalam bidang kimia, fotografi, dan kedokteran. Salah satu sifat yang unik dari iodin adalah perubahan dari padat menjadi gas disebut sublimasi.

Ketika iodin naik suhu, itu tetap menjadi padat hingga mencapai titik sublimasi, yang terjadi di sekitar 184°C. Pada titik ini, iodin mulai berubah menjadi gas dan menguap dari permukaan padat. Proses ini disebut sublimasi. Banyak orang yang tidak tahu tentang proses ini dan mengira iodin langsung meleleh menjadi cair ketika dipanaskan, seperti halnya es.

Namun, perubahan iodin dari padat menjadi gas memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri yang perlu diketahui. Berikut penjelasannya dengan detail.

Kelebihan Perubahan Iodin Dari Padat Menjadi Gas

1. Tidak Melalui Tahap Cair

Salah satu kelebihan utama perubahan iodin dari padat menjadi gas adalah bahwa itu melewati tahap cair. Dalam banyak kasus, mengubah bahan dari padat menjadi cair melibatkan banyak energi dan waktu. Namun, iodin melewatinya dan langsung menguap menjadi gas. Ini bermanfaat dalam aplikasi seperti sintesis senyawa kompleks dan pembuatan mikrochip.

Also Read

Bagikan:

Tags

Ads - Before Footer