Ads - After Header

Perbedaan Zat Padat, Cair, dan Gas

Semesta

Memahami Zat Padat, Cair, dan Gas

Halo Pembaca rinidesu.com, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan zat padat, cair, dan gas. Setiap benda yang ada di sekitar kita memiliki keadaan fisik yang berbeda, ada yang padat, cair, dan ada yang gas. Ketiga keadaan fisik tersebut memiliki perbedaan dalam sifat fisika dan kimia, berikut penjelasannya.

Zat Padat

Sebuah zat dikategorikan sebagai zat padat apabila memiliki bentuk dan volume yang tetap, artinya partikel-partikel yang terdapat pada zat tersebut bergerak sangat lambat dan rapat sehingga tidak memperlihatkan perubahan bentuk. Pada keadaan ini, volume zat tidak berubah ketika permukaannya dimodifikasi, seperti dikompresi, diregangkan, atau dibentuk.

Contohnya benda-benda seperti batu, besi, dan kertas merupakan zat padat. Benda-benda ini dapat dirasakan oleh manusia ketika disentuh dan memiliki bentuk yang tetap.

Zat Cair

Sebuah zat dikategorikan sebagai zat cair apabila memiliki volume yang tetap, namun dapat berubah bentuk mengikuti tempat penampungnya. Partikel-partikel pada zat cair bergerak lebih lambat dibanding zat gas, namun lebih cepat dibanding zat padat. Pada keadaan ini, volume zat tetap sama walau bentuknya diubah.

Also Read

Bagikan:

Tags

Ads - Before Footer