Ads - After Header

Pakaian Adat Suku Bonai: Identitas Budaya yang Terus Bertahan

Semesta

Pakaian Adat Suku Bonai

Halo pembaca rinidesu.com, jumpa lagi dengan saya, penulis artikel ini. Kali ini, saya akan membahas tentang pakaian adat suku Bonai. Sebelum kita melangkah lebih jauh, mari kita mengenal suku Bonai terlebih dahulu. Suku Bonai merupakan suatu etnis kecil asli Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur yang hidup di hulu sungai Kahayan dan Kapuas. Suku ini memiliki keunikan dalam adat dan budayanya, salah satunya adalah pakaian adat mereka. Let’s dive in!

Pendahuluan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Suku Bonai memiliki pakaian adat yang mempunyai keunikan tersendiri. Pengaruh dari budaya Melayu dan Dayak membawa karakteristik dalam pakaian adat Suku Bonai. Biasanya, pakaian adat Suku Bonai terdiri dari dua bagian, yaitu atas dan bawah. Busana atas terdiri dari baju kurung bermotif kain tenun tradisional dan busana bawah adalah kain sarung. Namun, terdapat juga variasi pakaian adat Bonai yang terdiri dari tiga atau empat bagian sesuai dengan daerah asal.

Walaupun terlihat keren dan eksotis, pakaian adat Suku Bonai tidak selalu menjadi pilihan warga Bonai dalam setiap kesempatan. Ada kelebihan dan kekurangan penggunaan pakaian adat, seperti yang akan dibahas pada paragraf selanjutnya.

Kelebihan Pakaian Adat Suku Bonai

kelebihan

Also Read

Bagikan:

Tags

Ads - Before Footer