Ads - After Header

Pakaian Adat Provinsi Lampung: Memperkenalkan Warisan Budaya Indonesia

Semesta

pakaian adat provinsi lampung

Pembaca rinidesu.com, Indonesia memiliki kekayaan budaya yang luar biasa. Salah satunya adalah pakaian adat provinsi Lampung. Provinsi Lampung terletak di ujung selatan Pulau Sumatera dan dikenal sebagai salah satu provinsi yang kaya akan warisan budaya. Begitu pun dengan pakaian adat yang menunjukkan kekayaan sejarah, kepercayaan dan identitas Lampung. Artikel ini akan membahas secara mendetail tentang pakaian adat tradisional Provinsi Lampung.

Sejarah Pakaian Adat Provinsi Lampung 💡

Sejak zaman dahulu, Lampung telah memiliki tradisi dan kebijakan pakaian yang unik. Salah satunya adalah pakaian pengantin Lampung yang dikenal dengan sebutan Abung. Abung adalah pakaian pengantin yang terbagi menjadi tiga jenis, yaitu Kebaya Abung, Baju Reme dan Sarung Tenun. Setiap jenis Abung memiliki keunikan dan makna tersendiri.

Bahkan, pengaruh Arab dan Hindu dapat ditemukan dalam desain, warna dan motif pakaian adat Provinsi Lampung. Pada tahun 1800-an, Lampung mulai berinteraksi dengan pedagang Arab, yang kemudian memasok bahan kain berwarna-warni dan motif indah. Sementara itu, pengaruh Hindu terlihat pada penggunaan ornamen khas bunga teratai di beberapa jenis pakaian.

Pakaian adat Provinsi Lampung juga memiliki makna simbolis yang kuat di balik setiap detailnya. Setiap jenis pakaian dalam kebudayaan Lampung memiliki makna yang terkait dengan tradisi, sejarah, status sosial, dan bahkan keyakinan agama.

Also Read

Bagikan:

Tags

Ads - Before Footer