Pakaian Adat Kalimantan Timur

Halo pembaca rinidesu.com! Kali ini, kami akan membahas mengenai busana khas Kalimantan Timur yang tak kalah menarik dengan daerah-daerah lainnya di Indonesia, yakni pakaian adat Kalimantan Timur. Dalam setiap daerah di Indonesia, terdapat pakaian adat yang unik dan memperlihatkan budaya serta kekayaan tradisi dari masing-masing daerah. Oleh karena itu, tak heran jika pakaian adat Kalimantan Timur memiliki daya tarik tersendiri bagi penggemar budaya dan seni.

Kelebihan dan Kekurangan Pakaian Adat Kalimantan Timur

Kelebihan Pakaian Adat Kalimantan Timur:

1. Mempunyai banyak ragam dan variasi pakaian sesuai dengan perlengkapan, status sosial, waktu dan jenis kegiatan.

2. Kain tenun yang dihasilkan merupakan produk asli daerah dan menjadikan kain khas sebagai bentuk identitas.

3. Pakaian adat Kalimantan Timur dibuat dengan detail dan estetika yang tinggi, sehingga memperlihatkan nilai seni dari pengrajin dan pemakainya.

4. Busana adat khas Kalimantan Timur dikenal begitu berwarna-warni dan ramai, cukup mencolok dengan karakteristik warna-warni daerah tersebut.

5. Bahannya khas dari daerah Kalimantan Timur sehingga bahan-bahan yang digunakan lebih ramah lingkungan.

6. Pakaian ini juga dapat digunakan untuk perayaan acara-acara keagamaan yang diadakan di Kalimantan Timur.

7. Pakaian adat ini tetap dipertahankan dan dikembangkan untuk keberlangsungan budaya.

Kekurangan Pakaian Adat Kalimantan Timur:

1. Dibutuhkan skill dan keahlian khusus dalam pembuatan pakaian adat ini. Oleh karena itulah, proses pembuatannya memakan waktu yang cukup lama dan memerlukan tenaga ahli.

2. Pemakaian pakaian adat ini cenderung terbatas pada acara ceremonial atau perayaan tertentu dan kurang fleksibel untuk digunakan sehari-hari.

3. Ada beberapa jenis pakaian adat yang sebagian besar tidak memiliki ukuran yang standar dan pas untuk pemakainya.

4. Harga yang ditawarkan untuk pakaian adat Kalimantan Timur terbilang cukup mahal dikarenakan faktor bahan dan proses pembuatan yang cenderung rumit.

5. Perubahan jaman dan trend modernisasi membuat minat masyarakat pada pakaian adat kian menurun.

6. Terkadang pakaian adat Kalimantan Timur sulit ditemukan di pasar dan hanya bisa ditemukan di toko-toko khusus atau pasar malam tertentu.

7. Beberapa dari pakaian adat ini tidak cocok untuk dipakai dalam iklim yang panas karena bahannya yang cukup tebal.

Pengenalan Pakaian Adat Kalimantan Timur

Seperti daerah-daerah lain di Indonesia, Kalimantan Timur juga mempunyai keunikan yang terlihat dari pakaian adat mereka. Terdapat beberapa macam pakaian adat dan aksesoris yang cenderung warna-warni dan menjadikan pakaian ini memiliki daya tarik pada orang yang melihatnya. Beberapa pakaian adat tersebut antara lain :

Tapis

Pakaian adat Kalimantan Timur yang pertama adalah tapis. Tapis terbuat dari kain dengan batik hitam, kuning, dan putih. Tidak semua kain dapat dipakai untuk membuat tapis, hanya kain yang mempunyai corak batik yang dipakai untuk membuat tapis. Pada umumnya, tapis biasa dipakai saat acara pernikahan atau upacara adat, namun saat ini pakaian ini telah terkenal hingga ke luar daerah Kalimantan Timur.

Uyungan

Selain tapis, pakaian adat Kalimantan Timur yang kedua adalah uyungan. Pakaian ini mirip dengan baju kurung dengan terusan panjang, dibalut dengan kain halus yang ditempatkan di bagian atas tubuh, seperti busana yang membalut tokoh-tokoh di Timur Tengah. Bahan kain yang digunakan untuk membuat uyungan biasanya terbuat dari bahan sutra maupun kain brokat yang dihias dengan payet atau sequin pada baju ukup panjang yang dipakai sebagai bawahan. Biasanya warna yang dipakai pada pakaian uyung khas Kalimantan Timur kebanyakan merah dan dominan pada setiap jahitan pada bagian tubuh dan tangan.

Kebaya Kutu Baru

Pakaian adat Kalimantan Timur yang ketiga adalah Kebaya Kutu Baru. Sesuai dengan namanya, kebaya ini terlihat seperti kebaya modern yang mempunyai perbedaan pada bagian bawah kebaya. Pada bagian yang bawah kebaya, terdapat potongan yang cukup lebar menggantung yang bergerak saat penggunanya berjalan. Pakaian ini biasanya dipakai oleh penari pada saat pertunjukan tari atau acara keagamaan, namun mulai dikembangkan hingga ke perhelatan fashion show.

Beketan

Pakaian adat Kalimantan Timur yang keempat adalah beketan. Beketan pada umumnya sering dipakai oleh para pengantin secara adat. Pakaian ini sangat berat jika dikenakan karena terbuat dari kulit kerbau dan menggunakan bulu asli pada bagian leher dan pergelangan kaki. Beketan mempunyai warna coklat kekuning-kuningan dan bergaris-garis dengan ukiran yang memperlihatkan kejayaan Kerajaan Kutai.

Pakaian adat Kalimantan Timur kelima adalah menutup badan. Pakaian ini biasanya dipakai oleh penari pada acara adat dan upacara keagamaan. Menutup badan terbuat dari kain songket atau awut-awut, yang dijahit dengan teknik berbeda dari tiap daerah. Biasanya, untuk membuat menutup badan tersebut diperlukan waktu hingga beberapa bulan karena menggunakan benang emas dan perak serta ukiran/karangan-karangan di seluruh penjuru pakaian.

Baju Antarabangsa

Pakaian adat Kalimantan Timur keenam adalah baju antarabangsa. Nama baju antarabangsa sendiri diambil dari adanya perpaduan budaya timur dan barat yang terlihat dari bentuk dan coraknya. Pakaian ini juga biasanya digunakan pada saat acara adat ataupun upacara keagamaan.

Aksesoris Pakaian Adat Kalimantan Timur

Tak lengkap rasanya jika membahas pakaian adat Kalimantan Timur tanpa membahas aksesorinya. Dalam pakaian adat tersebut terdapat beberapa aksesoris yang digunakan, antara lain :

  • Seuke
  • Sandang Lebaran
  • Bilah
  • Tempak

Penjelasan Lengkap tentang Pakaian Adat Kalimantan Timur

Berikut penjelasan yang lengkap mengenai setiap jenis pakaian adat Kalimantan Timur :

Tapis

Tapis merupakan pakaian adat khas Kalimantan Timur yang terbuat dari kain batik hitam, kuning, dan putih pada umumnya. Namun, ada juga yang menggunakan batik berwarna lainnya sesuai dengan keinginan pemakaianya. Kain batik yang digunakan untuk membuat tapis memiliki pola khusus dan proses pembuatannya cukup rumit dengan banyak tahap yang harus dilalui. Pembuatan tapis dilakukan secara menyilang, meaning, kain yang ditenun mempunyai bentuk yang saling bersilangan pada satu keping kain. biasanya, Tapis ini ditemukan di beberapa wilayah di kalimantan, seperti di wilayah Penajam Paser Utara, Samarinda dan di daerah Keraton Kesultanan Kutai Kartanegara. Dalam perkembangannya, tapis yang dulunya hanya digunakan dalam acara adat saja, mulai dikembangkan menjadi suatu fashion hack, seperti dikenakan sebagai blazer, dress, jaket, dan sebagainya.

Uyungan

Pakaian adat Kalimantan Timur yang kedua yaitu Uyungan atau baju Arab. Pakaian ini terkadang juga disebut dengan baju Arab karena perpaduan desain Islamic maupun turki yang dikombinasikan pada baju ini. Sesuai dengan namanya, Uyungan ini mempunyai model seperti baju muslim Arab, dan biasanya dipakai oleh pengantin dari suku Dayak sebagai baju adatnya. Bahan yang digunakan untuk membuat pakaian Uyungan terbuat dari kain katun atau sutra yang berbentuk persegi panjang bertekstur halus dan berwarna keemasan. Biasanya, pada bagian ujung lengan digunakan renda, payet, atau kain brokat yang dipilih berdasarkan warna dan bentuk kain yang digunakan.

Kebaya Kutu Baru

Pakaian adat Kalimantan Timur berikutnya adalah Kebaya Kutu Baru. Kebaya kutu baru memiliki ciri khas pada bagian bawah kebaya yang mengembang. Baju ini juga lazim dipakai oleh para peragawati pada saat fashion show, karena memang baju ini sangat menarik bagi perempuan yang ingin terlihat anggun saat memakainya. Setiap baju kebaya kutu baru terlihat berbeda satu sama lainnya, dikarenakan pengerjaan tangan yang cukup lama dan detail. Pada bagian kancing kebaya sendiri biasanya dihiasi dengan kain brokat sehingga terlihat begitu indah bila dikenakan. Pakaian ini biasanya dipakai pada saat pernikahan atau acara adat.

Beketan

Salah satu jenis pakaian adat Kalimantan Timur yang cukup unik adalah beketan. Beketan umumnya dipakai oleh pengantin saat acara adat. Pakaian jawa yang biasa terlihat di kalangan masyarakat juga mempunyai ciri khas sama dengan beketan. Beketan terbuat dari bahan kulit kerbau, bulu, dan menggunakan kain songket pada bagian dada. Saat ini, harga beketan untuk pengantin sendiri ditawarkan dengan harga mulai dari 10 juta rupiah ke atas, tergantung pada tingkat kesulitan dalam pembuatan maupun ukiran yang ada di setiap sisi pakaian.

Pakaian adat Kalimantan Timur yang kelima ini sangat identik dengan warna keemasan pada bagian pakaian. Menutup badan bisa dikatakan sebagai pakaian terbaik yang ada di kalimantan Timur karena mempunyai banyak sekali detail dan ukiran pada bagian pakaian itu sendiri. Biasanya, Dalam setiap pembuatannya memerlukan waktu lama sampai beberapa bulan untuk menyelesaikan satu set pakaian Menutup Badan. Beberapa bagian penutup badan mempunyai warna-warna berbeda dengan ukiran yang menarik dikenakan oleh para pegawai kerajaan di wilayah Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Baju Antarabangsa

Baju adat khas Kalimantan Timur yang terakhir adalah Baju Antarabangsa. Pakaian ini mempunyai perpaduan gaya Timur dan Barat yang terlihat pada tampilan dan corak pada bagian tiap penjuru pakaian. Baju antarabangsa biasanya digunakan oleh pengantin pada saat upacara pernikahan adat sebagai wakil dari Kalimantan Timur. Warna yang biasa dipakai pada baju ini biasanya adalah merah dengan hiasan payet yang akan memperlihatkan keindahan dan kealaman dari baju yang dikenakan. Harga dari baju adat Kalimantan Timur yang satu ini terbilang cukup mahal, dikarenakan bahan yang digunakan cukup eksklusif dan ukiran yang memerlukan waktu cukup lama dan teliti dalam pembuatannya.

Aksesoris Pakaian Adat Kalimantan Timur

Lalu, terdapat juga aksesoris yang dipakai dalam setiap jenis pakaian adat Kalimantan Timur. Beberapa aksesoris yang dipakai sebagai pelengkap antara lain :

Seuke

Seuke merupakan salah satu aksesoris yang sering dipakai para pengantin selain membawa buah padi. Seuke sendiri biasanya terbuat dari kayu, batu, maupun perak atau emas sebagai hiasan dalam bentuk kupu-kupu ataupun daun, aksesoris Seuke ini juga bisa diletakan pada belahan rambut, yang menjadikan pakaian adat pengantin yang terlihat makin cantik.

Sandang Lebaran

Ada juga aksesoris sandang lebaran pada bagian dada baju antarabangsa yaitu dalam bentuk sapu tangan yang ditempel dengan hiasan payet dan kain songket biasanya akan ditempelkan pada baju antarabangsa yang elegan.

Bilah

Bilah adalah sebuah hiasan tambahan yang digunakan

Iklan