Ads - After Header

Keunikan Rumah Adat Tambi

Semesta

Pengantar

Halo Pembaca rinidesu.com, selamat datang di artikel kami kali ini yang akan membahas tentang keunikan rumah adat tambi. Rumah adat ini merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang harus kita lestarikan. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan secara detail mengenai keunikan rumah adat tambi dan kelebihan serta kekurangannya. Kami juga akan memberikan rekomendasi dan ajakan kepada pembaca untuk melestarikan keunikan rumah adat tambi. Selamat membaca!

Penjelasan Pendahuluan

Rumah adat tambi merupakan salah satu bentuk arsitektur tradisional dari Indonesia, khususnya dari Kalimantan Tengah. Rumah adat tambi memiliki ciri khas yang sangat unik dan menarik. Bangunan ini dibuat dari kayu ulin yang dapat bertahan selama ratusan bahkan ribuan tahun. Rumah adat tambi juga menjadi salah satu karya seni yang patut diapresiasi karena memiliki nilai estetika yang tinggi.

Selain itu, rumah adat tambi juga memiliki keunikan dari segi struktur bangunannya. Bangunan ini memiliki atap yang melengkung ke atas seperti tanduk kerbau. Hal ini disebut dengan sebutan gayung. Konon, desain atap yang seperti ini digunakan untuk menghindari terjangan angin dan hujan saat hari-hari buruk tiba. Rumah adat tambi juga memiliki satu ruang yang cukup besar dan di dalamnya terdapat berbagai peralatan rumah tangga dan pernik-pernik adat.

Namun, keunikan rumah adat tambi juga memiliki kekurangan. Dalam pembangunannya, dibutuhkan bahan kayu yang besar dan mahal. Dalam proses pembangunannya pun terbilang rumit dan membutuhkan tenaga ahli yang terlatih. Hal ini menyebabkan harga rumah adat tambi menjadi cukup mahal. Selain itu, bagi beberapa orang, rumah adat tambi juga dianggap kurang praktis dan modern sehingga tidak cocok untuk kebutuhan mereka.

Also Read

Bagikan:

Tags

Ads - Before Footer