Ads - After Header

Keunikan Pakaian Adat Jambi

Semesta

Kenali Keunikan Pakaian Adat Jambi

Halo Pembaca rinidesu.com, apakah kamu ingin mengetahui lebih dalam ihwal pakaian adat Jambi? Berbicara mengenai pakaian adat, Indonesia memiliki banyak ragam budaya dan adat yang menjadi keunikan tersendiri. Salah satunya adalah pakaian adat Jambi yang memiliki ciri khas tersendiri. Dalam artikel ini, kami akan membahas keunikan pakaian adat Jambi dengan detil dan jelas. Yuk, simak pembahasannya!

Perkembangan Pakaian Adat Jambi

Sejarah pakaian adat Jambi bisa dilacak dari masa kerajaan Sriwijaya yang merupakan kawasan perniagaan berpusat di Palembang, Sumatera Selatan. Jambi pada masa itu dianggap sebagai daerah perdagangan bagi kerajaan Sriwijaya. Dalam perdagangan tersebut, Jambi terbuka terhadap pengaruh budaya asing, seperti pengaruh budaya India. Pada masa lebih modern, pengaruh budaya terhadap pakaian adat Jambi juga datang dari Arab dan Tiongkok.

Dari segi bentuk, pakaian adat Jambi dibuat dari kain batik, songket, dan tenun. Songket Jambi dibuat dari benang emas dan disulam dengan motif yang bervariasi. Sementara tenunan Jambi dibuat dari bahan alam seperti kapas dan lurik atau sutera. Motif pada tenunan Jambi cenderung geometris, floral, dan bernuansa alam.

Kelebihan Pakaian Adat Jambi

👗 Pakaian Adat Yang Anggun dan Elegan : Pakaian adat Jambi terkenal dengan kesan anggun dan elegan pada setiap potongan dan jenis kainnya, mulai dari kain tenun hingga kain songket. Hal ini membuat pakaian adat Jambi sangat layak digunakan sebagai pakaian formal pada acara-acara resmi.

Also Read

Bagikan:

Tags

Ads - Before Footer