Ads - After Header

Jelaskan Tentang Baju Adat Laki-Laki Dewasa di Yogyakarta

Semesta

Baju Adat Laki-Laki Dewasa di Yogyakarta

Pembaca rinidesu.com, Yogyakarta merupakan kota dengan kekayaan budaya yang sangat unik. Salah satu bentuk kekayaan budaya tersebut adalah baju adat laki-laki dewasa yang memiliki nilai historis dan estetika tinggi. Baju adat laki-laki dewasa yang berasal dari Yogyakarta memiliki motif dan desain yang berbeda-beda tergantung dari wilayah asalnya. Meskipun terlihat kuno, baju adat laki-laki dewasa ini masih digunakan hingga saat ini terutama pada acara-acara formal seperti pernikahan dan upacara adat. Di dalam artikel ini, akan dijelaskan secara detail tentang baju adat laki-laki dewasa di Yogyakarta mulai dari sejarah, desain, kelebihan dan kekurangannya, hingga cara perawatannya.

Sejarah Baju Adat Laki-Laki Dewasa di Yogyakarta

Sejarah baju adat laki-laki dewasa di Yogyakarta bermula dari adanya pengaruh kerajaan di Jawa. Pada masa Keraton Yogyakarta, baju adat laki-laki dewasa menjadi simbol kepercayaan, status sosial dan kekuatan kerajaan. Baju adat laki-laki dewasa pada masa itu menunjukkan kelas sosial, pekerjaan dan keseharian orang yang mengenakannya. Namun, pada masa awal tahun 1900-an, pengaruh barat mulai masuk ke Indonesia termasuk dalam hal busana yang mengakibatkan baju adat laki-laki dewasa mulai mengalami perubahan baik dalam segi desain maupun bahan yang digunakan.

Desain Baju Adat Laki-Laki Dewasa di Yogyakarta

Baju adat laki-laki dewasa di Yogyakarta memiliki desain yang berbeda-beda tergantung dari wilayah asalnya. Namun secara umum, baju adat laki-laki dewasa di Yogyakarta terdiri dari dua bagian yaitu baju atas dan bawahan. Baju atas yang dikenakan berupa jas dengan warna yang kontras dan dipadukan dengan kain lurik, batik, ataupun songket. Sedangkan bawahan yang digunakan adalah kain panjang dengan motif dan warna yang umumnya mengikuti warna baju atasnya. Untuk aksesorisnya, terdapat beberapa jenis seperti selendang, ikat pinggang, serta setelan sepatu yang melekat pada bebatuan di bawahnya.

Kelebihan Baju Adat Laki-Laki Dewasa di Yogyakarta

Salah satu kelebihan dari baju adat laki-laki dewasa di Yogyakarta adalah motif-motifnya yang sangat indah dan unik. Setiap motif pada kain bawahan dan jas atas memiliki makna tersendiri. Selain itu, baju adat laki-laki dewasa di Yogyakarta juga terbuat dari bahan yang berkualitas sehingga nyaman digunakan.

Also Read

Bagikan:

Tags

Ads - Before Footer