Ads - After Header

Contoh Benda Cair Menjadi Padat

Semesta

Mengapa Benda Cair Menjadi Padat?

Pembaca rinidesu.com, sebelum membahas mengenai contoh benda cair yang dapat berubah menjadi padat, perlu diketahui mengenai apa yang menyebabkan sebuah benda cair dapat berubah menjadi padat. Hal ini berhubungan dengan konsep perubahan wujud atau fase. Dalam kimia, benda yang berbentuk padat, cair, dan gas dapat berubah bentuk apabila suhu dan tekanan berubah. Perubahan fase dari cair menjadi padat disebut dengan freezing. Ketika suhu di bawah titik beku, partikel dalam cairan akan mulai menyusut dan bergerak lebih lambat, sehingga membentuk struktur kaku dan beraturan seperti padat.

Contoh Benda Cair Menjadi Padat

Berikut adalah contoh benda cair yang dapat berubah menjadi padat:

Nama Benda Titik Beku
Air 0°C
Mercury -38°C
Minyak Zaitun -6°C
Bir 0°C
Minyak Goreng -16°C

Sumur minyak dapat menjadi contoh benda cair yang berubah menjadi padat. Ketika minyak mentah dipompa dan dikeluarkan dari sumur, suhu udara di atas permukaan tanah dapat sangat dingin sehingga menyebabkan minyak mentah membeku. Selain itu, cocok untuk menjadi contoh benda cair yang berubah menjadi padat adalah lilin. Terlepas dari bahan pembuatannya, lilin memiliki titik lebur tertentu sehingga ketika dibiarkan menyala dan kemudian dingin, akan membentuk lapisan padat di atas bekas cairan yang masih tersisa.

Kelebihan dan Kekurangan Benda Padat dan Cair

Kelebihan Benda Padat

💪 Bentuknya Stabil: Benda yang berbentuk padat umumnya lebih stabil daripada benda cair. Hal ini karena masing-masing partikel atau molekul pada padatan terikat menjadi satu sehingga sulit dipindahkan dari tempatnya.

Also Read

Bagikan:

Tags

Ads - Before Footer