Ads - After Header

Alat untuk Mengukur Pemuaian pada Zat Padat Adalah?

Semesta

Alat untuk Mengukur Pemuaian pada Zat Padat Adalah?

Penemu Alat untuk Mengukur Pemuaian pada Zat Padat

Halo, pembaca rinidesu.com. Apakah Anda pernah mendengar tentang alat untuk mengukur pemuaian pada zat padat? Alat ini diciptakan oleh seorang ilmuwan bernama Charles-Augustin de Coulomb pada abad ke-18. Ia merupakan fisikawan dan penemu asal Prancis yang terkenal dengan temuan-temuannya di bidang elektrostatika, mekanika, dan termal.

Charles-Augustin de Coulomb menemukan bahwa panjang zat padat dapat berubah ketika diberi panas atau dingin. Berdasarkan penemuan ini, ia membuat alat untuk mengukur besarnya perubahan melalui pengukuran perubahan panjang zat padat. Alat ini dikenal dengan nama alat pengukur pemuaian atau expansimeter.

Cara Kerja Alat untuk Mengukur Pemuaian pada Zat Padat

Sekarang, mari kita bahas tentang cara kerja alat untuk mengukur pemuaian pada zat padat. Alat ini terdiri dari dua batang sejajar dan terbuat dari bahan yang sama, misalnya emas atau platina. Batang pertama disebut sebagai batang referensi dan batang kedua disebut sebagai batang ukur.

Ketika kedua batang tersebut diberi panas atau dingin, panjang kedua batang akan berubah. Perubahan panjang batang diketahui dari perubahan jarak antara ujung kedua batang. Alat ini akan memperlihatkan perubahan panjang batang pada skala yang terdapat pada batang ukur.

Also Read

Bagikan:

Tags

Ads - Before Footer