Ads - After Header

Adat Sulawesi Tengah: Keunikan, Kelebihan, dan Kekurangan

Semesta

Mengenal Adat Sulawesi Tengah

Pembaca rinidesu.com, Sulawesi Tengah merupakan salah satu propinsi di Indonesia yang memiliki kekayaan budaya yang luar biasa. Adat istiadat atau tradisi telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat di Sulawesi Tengah. Adat Sulawesi Tengah merupakan kumpulan dari beberapa adat suku seperti Kaili, Pamona, Banggai, Mori, Saluan, Taa dan Sigi. Kebanyakan dari mereka adalah petani atau pekebun kelapa yang hidup di dataran tinggi Sulawesi Tengah. Kehidupan sehari-hari mereka masih sangat kental dengan adat dan tradisi.

Dalam adat Sulawesi Tengah, jika seorang wanita melakukan pernikahan, maka ia harus dibawa ke rumah sang laki-laki. Perkawinan ini dikenal dengan istilah peteko. Sedangkan jika seorang laki-laki berjodoh dengan seorang wanita, maka ia harus membawa sesajen sebagai tanda keberhasilan mencapai tujuan dan membina rumah tangga. Beberapa suku di Sulawesi Tengah juga memiliki adat penyambutan untuk tamu yang datang.

Keunikan Adat Sulawesi Tengah

Adat Sulawesi Tengah memiliki keunikan tersendiri yang terlihat dari keragaman suku-suku yang tersebar di sana. Salah satu yang paling menonjol adalah tradisi-tataturu-tolude, yaitu ritual berdoa yang dilakukan di sekitar hutan sebelum memulai aktivitas di ladang. Selain itu, adat Sulawesi Tengah juga memiliki lagu-lagu daerah khas seperti lagu Lonrang, Lagu Bua, dan Leri Laukana.

Adat Sulawesi Tengah juga memiliki tipe kepemimpinan yang berbeda dari wilayah lain. Mereka mengedepankan sistem kekerabatan dengan menempatkan orang-orang yang sudah lebih dulu memimpin sebagai pemimpin karena dianggap memiliki pengalaman yang cukup.

Also Read

Bagikan:

Tags

Ads - Before Footer