Ads - After Header

5 Kalimat Syahadat: Makna, Kelebihan, dan Kekurangan

Semesta

Mengenal 5 Kalimat Syahadat

Halo pembaca rinidesu.com, kali ini kita akan membahas tentang 5 kalimat syahadat. Sebagai umat Islam, tentunya kita sudah sangat familiar dengan kalimat syahadat, tetapi tahukah kamu bahwa tidak hanya satu kalimat saja yang merupakan syahadat?

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang 5 kalimat syahadat, mari kita kenali terlebih dahulu apa itu syahadat. Syahadat adalah suatu pernyataan, ikrar atau saksi bahwa seseorang menganut agama Islam dan meyakini bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan yang berhak disembah. Seorang muslim wajib menjengukannya ketika hendak masuk Islam, mengajarkan Islam, atau dilantik oleh penguasa muslim.

Kembali ke kalimat syahadat, ada 5 kalimat syahadat yang diakui, yakni:

No. Nama Kalimat Syahadat Kata-kata Kalimat Syahadat
1 Syahadat Tauhid La ilaha illallah
2 Syahadat Rukun Islam La ilaha illallah, Muhammad rasulullah
3 Syahadat Rukun Iman La ilaha illallah, Muhammad rasulullah, amina wa kutubuhi
4 Shahadah Jum’ah rukun Islam La ilaha illallah, wahdahu la sharika lah, lahul mulku wa lahul hamdu, yuhi wa yumitu biyadihil khair, wa huwa ‘ala kulli shay’in qadir
5 Shahadah Takbir Allaahu akbar, Allaahu akbar, Allaahu akbar, laa ilaaha ill-Allaah, Allaahu akbar, Allaahu akbar, wa lillaahi’l-hamd

Masing-masing kalimat syahadat memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu kita ketahui. Berikut akan dibahas kelebihan dan kekurangan dari setiap kalimat syahadat.

Also Read

Bagikan:

Tags

Ads - Before Footer