Ads - After Header

Sebutkan Keragaman Pakaian Adat di Indonesia!

Semesta

sebutkan keragaman pakaian adat di indonesia

Halo Pembaca rinidesu.com! Di dalam sebuah negara, kesenian begitu erat kaitannya dengan kebudayaan. Salah satu warisan budaya yang masih dilestarikan dan tidak boleh dilupakan adalah baju adat. Setiap daerah di Indonesia memiliki pakaian tradisional yang khas. Dari Sabang sampai Merauke, kamu sudah mengetahui beragam busana adat nusantara yang mempesona. Kehadiran keragaman ini memberikan daya tarik tersendiri bagi turis maupun pelajar yang ingin mempelajari tentang kearifan lokal. Berikut ini akan kita bahas secara detail tentang keragaman pakaian adat di seluruh nusantara.

1. Busana Palembang, Sumatra Selatan 😍

Baju Palembang biasanya dikenal dengan nama Baju Kurung yang mengambil inspirasi dari Arab Saudi. Pada zaman dahulu, baju Kurung biasa dipakai oleh para pengantin perempuan di Palembang. Saat ini, baju ini dapat dipakai untuk kegiatan formal maupun acara keagamaan. Desain busana Palembang senantiasa dihadirkan dalam warna dominan hitam atau putih dan diberi aksen kuning di lengannya.

2. Busana Bali, Pulau Dewata 🌺

Bali memiliki warisan budaya yang sangat tinggi, termasuk dalam dunia fashion. Baju Bali seperti Kebaya Bali dan Sarung Kebaya, merupakan bagian dari aksesori tradisional yang epic. Terdapat banyak varian tampilan dari pakaian adat Bali ini, dan mereka semua sangat indah. Selain itu, baju Bali sering dipakai pada acara-acara adat dan festival seperti pernikahan atau Karnaval Bali.

3. Busana Jawa, Jawa Tengah dan Yogyakarta 🤵

Jawa adalah salah satu pulau yang memiliki banyak kerajaan, sehingga pengaruh tradisionalnya sangat kuat. Salah satu pakaian adat yang khas adalah Busana Jawa, dalam rangkaian busana ini terdapat kebaya, kain batik yang melilit di pinggang sebagai kain penutup, serta blangkon yang menjadi ciri khas para lelaki di Jawa. Beberapa busana Jawa yang cukup terkenal adalah kebaya Srikandi dan tas penyimpanan di bawah kain.

Also Read

Bagikan:

Tags

Ads - Before Footer