Ads - After Header

Peristiwa Perubahan Wujud dari Padat Menjadi Gas Disebut

Semesta

Ini Dia Penjelasan Lengkapnya!

Halo pembaca rinidesu.com, selamat datang di artikel kami yang akan membahas peristiwa perubahan wujud dari padat menjadi gas. Mungkin kamu sering menjumpai perubahan wujud ini dalam kehidupan sehari-hari, namun belum mengerti secara detail bagaimana hal itu terjadi dan apa efeknya pada lingkungan sekitar kita. Oleh karena itu, dalam artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap dengan bahasa formal yang mudah dipahami. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang perubahan wujud dari padat menjadi gas, alangkah baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu apa itu wujud zat. Wujud zat adalah bentuk fisik dari suatu zat, yaitu padat, cair atau gas, tergantung pada kepadatan dan jarak antar partikel suatu zat. Perubahan wujud merupakan perubahan bentuk fisik suatu zat tanpa mengubah sifat-sifat kimianya. Nah, dari ketiga wujud tersebut, kita akan membahas khusus mengenai perubahan wujud dari padat menjadi gas.

🌡️ Apa Yang Menjadi Penyebab Terjadinya Perubahan Wujud dari Padat Menjadi Gas?

Perubahan wujud dari padat menjadi gas disebabkan karena adanya pemberian energi pada suatu zat yang dalam hal ini padat. Proses ini disebut sebagai penguapan atau evaporasi. Ketika diberikan energi, maka partikel-partikel dalam zat akan bergerak lebih cepat dan jarak antar partikel juga menjadi lebih jauh. Kondisi ini menyebabkan molekul zat tersebut terlepas dan membentuk gas.

Also Read

Bagikan:

Tags

Ads - Before Footer