Ads - After Header

gelas jar

Semesta

Gelas Jar: Perkembangan dan Penggunaannya dalam Pendidikan

Apa Itu Gelas Jar dan Fungsinya di Laboratorium?


Gelas Jar di Laboratorium

Gelas jar atau sering disebut dengan beaker adalah salah satu jenis alat laboratorium yang tidak dapat dipisahkan dari aktivitas pengukuran volume cairan. Alat ini diproduksi dari bahan kaca dengan bentuk bulat dan mempunyai leher yang panjang sehingga sangat mudah untuk ditangani.

Ukuran gelas jar beragam, mulai dari yang sangat kecil hingga yang besar, dan mampu menampung volume cairan yang berbeda-beda. Biasanya, gelas jar digunakan dalam laboratorium kimia untuk menampung larutan atau campuran zat kimia yang akan digunakan dalam reaksi kimia atau pengujian tertentu.

Gelas jar bisa dianggap sebagai salah satu alat laboratorium paling sederhana, namun sangat penting. Selain sebagai alat untuk mengukur volume cairan, gelas jar juga memiliki fungsi untuk mencampur bahan, melelehkan padatan, dan mereaksikan beberapa zat kimia.

Selain itu, gelas jar juga memiliki teknik penggunaan yang berbeda-beda tergantung pada tujuan penggunaannya. Misalnya, gelas jar yang berisi larutan yang akan digunakan dalam reaksi kimia harus dicuci dengan hati-hati dan dibilas dengan aquadest sebelum digunakan. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya reaksi kimia yang tidak diinginkan akibat adanya kontaminasi dari zat kimia sebelumnya yang terdapat di dalam gelas jar.

Also Read

Bagikan:

Tags

Ads - Before Footer