Tempat Wisata di Tasikmalaya Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Tasikmalaya Yang Wajib Dikunjungi-Tasikmalaya merupakan sebuah kota yang wilayahnya berada di dalam Propinsi Jawa Barat, kota yang juga dijuluki Sang Mutiara dari Priangan Timur memiliki wilayah dengan luas totalnya kurang lebih 185 km² dan jumlah penduduk yang mencapai sekitar 800 ribu jiwa yang terdiri dari beberapa etnis seperti Sunda, Jawa, Tionghoa, Arab, dan berbagai etnis lainnya yang hidup berdampingan. Wilayah Tasikmalaya ini dibagi menjadi 10 kecamatan dan juga 69 kelurahan.

Tasikmalaya sendiri letaknya berada di jalur utama bagian selatan dari Pulau Jawa sehingga tidak heran jika Tasikmalaya memiliki perkembangan yang lebih pesat dibandingkan dengan kota – kota lainnya di Jawa Barat sehingga kota ini menarik banyak investor dan juga para pendatang dari wilayah di sekitarnya. Kota Tasikmalaya juga memiliki banyak tempat menarik yang bisa Anda kunjungi sebagai destinasi wisata bagi Anda pada saat akhir pekan ataupun liburan, berikut ini akan kami ulas beberapa tempat wisata di Tasikmalaya.

Tempat Wisata di Tasikmalaya Yang Wajib Dikunjungi

  • Pemandian Air Panas Ciawi

Pemandian Air Panas Ciawi

Salah satu tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di Tasikmalaya adalah pemandian air panas Ciawi, tempat wisata pemandian ini memiliki dua macam kolam pemandian yang bisa Anda pilih yakni kolam air panas dan kolam air dingin. Kolam air panas yang berada di pemandian ini dipercaya bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit kulit sehingga akan selalu ramai untuk dikunjungi.

  • Gunung Galunggung

Gunung Galunggung

Tempat wisata kedua yang juga berada di wilayah Tasikmalaya yakni Gunung Galunggung yang mana merupakan sebuah gunung berapi yang masih aktif, namun sejak tahun 1982 gunung ini dijadikan sebagai tempat wisata  yang menyajikan panorama keindahan alam yang sangat mempesona. Selain itu di gunung ini Anda juga bisa menemukan pemandian air panas yang mengandung belerang.

  • Pantai Selatan Cipatujah

Pantai Selatan Cipatujah

Pantai Selatan Cipatujah menjadi salah satu tempat wisata yang juga bisa Anda kunjungi di Tasikmalaya, pantai yang satu ini termasuk salah satu pantai yang paling populer di Tasikmalaya yang menyuguhkan panorama keindahan alam pantainya yang menakjubkan sehingga banyak dikunjungi oleh wisatawan, namun pantai ini memiliki ombak yang besar sehingga Anda tidak disarankan untuk turun ke lautnya.

  • Kampung Naga

Kampung Naga

Tempat wisata keempat yang juga bisa Anda jadikan sebagai alternatif adalah Kampung Naga yang mana merupakan sebuah desa wisata yang masih tradisional dengan penduduknya yang masih memegang erat adat istiadat dan juga kebudayaan leluhurnya. Di desa ini Anda akan bisa menyaksikan dan mempelajari kehidupan penduduk Kampung Naga dan juga kebudayaan tradisionalnya.

  • Situ Gede

Situ Gede

Situ Gede menjadi tempat wisata kelima yang bisa Anda jadikan alternatif di Tasikmalaya, Situ Gede sendiri merupakan sebuah danau alam yang sangat besar dengan total luasnya kurang lebih mencapai 47 Ha. Danau yang juga menjadi ikon wisata Tasikmalaya ini juga telah menyediakan berbagai macam fasilitas yang bisa digunakan seperti wahana rekreasi, area memancing, dan lainnya.

  • Air Terjun Cigugur

Air Terjun Cigugur

Air Terjun Cigugur merupakan salah satu tempat wisata yang populer di Tasikmalaya. Air terjun yang berada di kaki Gunung Cikuray ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan air yang jernih dan dingin. Di sekitar air terjun ini juga terdapat area camping ground yang bisa digunakan untuk berkemah.

  • Pasar Palabuhanratu

Pasar Palabuhanratu

Pasar Palabuhanratu merupakan pasar tradisional yang terletak di kawasan pantai Palabuhanratu, Tasikmalaya. Pasar ini terkenal dengan ikan segar dan hasil laut lainnya yang dijual dengan harga yang murah. Selain berbelanja, Anda juga bisa menikmati panorama pantai yang indah di sekitar pasar.

  • Pantai Karang Nini

Pantai Karang Nini

Pantai Karang Nini terletak di Desa Karangnini, Kecamatan Taraju, Tasikmalaya. Pantai ini memiliki panorama yang sangat indah dan masih asri karena belum terlalu ramai pengunjung. Selain menikmati keindahan pantai, Anda juga bisa bermain air dan bermain pasir di pantai ini.

  • Museum Negeri Tasikmalaya

Museum Negeri Tasikmalaya

Museum Negeri Tasikmalaya merupakan museum yang berisi koleksi-koleksi sejarah dan kebudayaan Tasikmalaya. Di museum ini, Anda bisa melihat berbagai macam benda peninggalan sejarah seperti prasasti, senjata tradisional, alat musik tradisional, dan masih banyak lagi.

  • Masjid Agung Tasikmalaya

Masjid Agung Tasikmalaya

Masjid Agung Tasikmalaya merupakan masjid yang terletak di pusat kota Tasikmalaya. Masjid ini memiliki arsitektur yang sangat indah dan unik dengan atap limas yang besar dan empat menara yang menjulang tinggi. Masjid ini juga menjadi salah satu tempat wisata religi yang populer di Tasikmalaya.

Itulah beberapa tempat wisata di Tasikmalaya yang wajib dikunjungi. Selamat berlibur dan menikmati keindahan kota Tasikmalaya!

Baca juga

Tempat Wisata Di Magelang Yang Paling Hits

 

Iklan