Tempat Wisata di Kuningan Jawa Barat

 

 Kuningan Jawa Barat – Kuningan adalah salah satu wilayah kabupaten yang lokasinya berada di Propinsi Jawa Barat, kabupaten yang beribukota di Kuningan ini memiliki wilayah dengan luas total sekitar 1170 km² yang dibagi lagi menjadi 32 kecamatan serta 376 kelurahan. Kabupaten Kuningan ini menjadi tempat tinggal bagi kurang lebih 1,1 juta jiwa penduduknya yang terdiri dari berbagai macam etnis yang hidup dengan berdampingan. Kabupaten Kuningan juga merupakan wilayah peralihan antara budaya Jawa dan Sunda.

Kabupaten Kuningan ini memiliki topografi wilayah yang cukup bervariasi dengan dataran rendah pada bagian timur dan daerah dataran tinggi di bagian barat dari kabupaten ini dengan titik tertingginya berada di puncak gunung Ciremai yaitu 3076 meter di atas permukaan laut yang mana merupakan gunung tertinggi di Propinsi Jawa Barat. Kabupaten Kuningan juga menjadi salah satu tujuan wisata favorit di kala liburan karena Kuningan memiliki berbagai macam tempat menarik untuk dikunjungi yang akan kami ulas di bawah ini.

  • Desa Wisata Sitonjul

Tempat wisata pertama yang bisa Anda kunjungi di Kuningan adalah Desa Wisata Sitonjul yang akan menyuguhkan kepada Anda suasana alam khas pedesaan yang masih sangat asri. Desa wisata ini sangatlah sesuai untuk Anda yang sedang ingin lepas dari hiruk pikuk suasana kota karena suasana di desa wisata ini sangatlah tenang, selain itu Anda juga bisa menyaksikan sawah yang menghampar.

Desa Wisata Sitonjul

  • Curug Putri

Tempat wisata kedua yang juga bisa Anda kunjungi di wilayah Kuningan adalah Curug Putri, di sepanjang perjalanan menuju lokasi wisata ini maka Anda akan bisa melihat perbukitan dengan hamparan perkebunan buah milik warga. Curug Putri sendiri merupakan sebuah air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 20 meter serta memiliki lingkungan sekitar yang masih sangat asri karena banyaknya pepohonan.

Curug Putri

  • Bukit Panembongan

Tempat wisata ketiga yang berada di wilayah Kuningan adalah Bukit Panembongan yang lokasi persisnya ada di Desa Tembong, Kecamatan Garawangi, Kuningan. Tempat wisata yang satu ini merupakan sebuah bukit yang akan menyuguhkan keindahan panorama wilayah Kuningan dan sekitarnya jika dilihat dari ketinggian, selain itu tempat wisata yang satu ini juga memiliki fasilitas outbond yang lengkap.

Untuk mencapai puncak Bukit Panembongan, pengunjung harus melewati beberapa rintangan, seperti tanjakan curam dan jalan setapak yang menantang. Namun, setelah mencapai puncak, semua usaha yang telah dilakukan akan terbayar dengan panorama alam yang memukau.

Dari atas Bukit Panembongan, pengunjung dapat melihat pemandangan yang menakjubkan seperti hamparan sawah, perbukitan, serta jajaran gunung yang memanjakan mata. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan matahari terbit ataupun terbenam dengan latar belakang alam yang memesona.

Selain menikmati keindahan alam, di Bukit Panembongan juga tersedia berbagai jenis aktivitas outbond yang bisa dicoba oleh pengunjung, seperti flying fox, paintball, hiking, dan lain sebagainya. Fasilitas outbond yang lengkap di Bukit Panembongan menjadikannya sebagai tempat yang ideal untuk dijadikan sebagai tempat outbound oleh perusahaan atau instansi.

Tidak hanya itu, Bukit Panembongan juga menyediakan berbagai fasilitas lainnya seperti warung makan, tempat parkir, toilet, serta musholla. Fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini sangat memadai untuk menunjang kenyamanan para pengunjung selama berada di tempat tersebut.

Bukit Panembongan

  • Situ Cicerem

Tempat wisata keempat yang juga bisa Anda jadikan sebagai alternatif di wilayah Kuningan adalah Situ Cicerem yang mana merupakan sebuah danau alami yang memiliki air berwarna kebiruan yang sangat jernih. Karena airnya yang sangat jernih tersebut, Anda bisa melihat dasar dari danau ini yang kedalamannya hanyalah 5 meter saja, di danau ini juga Anda akan bisa menemukan ikan mas dengan jumlah yang banyak.

Selain itu, Situ Cicerem juga memiliki pesona alam yang indah, terutama saat matahari terbit dan terbenam. Pemandangan yang dihasilkan sangat memukau dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai spot foto.

Selain menikmati keindahan alamnya, di Situ Cicerem juga tersedia berbagai fasilitas yang bisa Anda gunakan untuk bersantai seperti rumah-rumah kayu yang bisa disewa, tempat berkemah, dan perahu untuk berkeliling danau. Anda juga bisa melakukan aktivitas seperti memancing atau berenang di danau yang jernih ini.Untuk masuk ke Situ Cicerem, Anda hanya perlu membayar tiket masuk yang cukup terjangkau. Jika Anda ingin menginap, tersedia penginapan yang berada di sekitar danau dengan tarif yang bervariasi sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan.

Situ Cicerem merupakan tempat wisata yang sangat cocok untuk Anda yang ingin melarikan diri dari hiruk pikuk kehidupan kota dan menikmati keindahan alam yang masih asri.

Situ Cicerem

  • Gunung Ciremai

Tempat wisata kelima yang bisa Anda kunjungi di Kuningan adalah Gunung Ciremai yang mana merupakan gunung tertinggi di Propinsi Jawa Barat dengan ketinggiannya mencapai 3078 meter di atas permukaan laut. Jika Anda ingin mendaki Gunung Ciremai ini, Anda bisa memilih salah satu dari empat jalur pendakian yang tersedia yang mana setiap jalur pendakian memiliki tingkat kesulitannya masing – masing.

Gunung Ciremai

baca juga

Tempat Wisata Kolam Renang Terbaik di Jakarta

Iklan