Table of contents: [Hide] [Show]

Pesona Pantai Parangtritis, Jogja

 

Pantai Parangtritis, Jogja– Siapa yang tak tahu tentang Pantai Parangtritis? hampir semua masyarakat mengetahuinya. Pesona Mistis dan Elok di Parangtritis akan menjadi topik bahasan obyek wisata kali ini. Salah satu pantai yang terkenal yaitu Pantai Parangtritis lah namanya, dengan kegannasan ombaknya. Untuk lokasi dari pantai parangtritis itu sendiri berada didusun parangtritis, dan kecamatan kretek, kabupaten Bantul. Pantai Parangtritis memang sering sekali akan didatangi oleh wisatawan lokal ataupun mancanegara yang ingin melakukan liburan. Berbagai orang berbondong bondong untuk datang ke Pantai Parangtritis untuk melihat keindahan dari pantai yang penuh dengan pesona yang sangat mistis ini.

Dan disaat pada musim musim para wisatawan akan datang mengunjungi Pantai Parangtritis maka penduuk sekitar akan memanfaatkan momen yang boleh dibilang adalah saatnya untuk berburu rupiah, karena nantiny penduduk sekitar panta akan berjualan yang namanya makanan aksesoris dan lain sebagainya. Dipenjuru penjuru pantai akan ada banyak warung warung yang menghiasi hari libur anda nantinya, terlebih lagi untuk anda yang suka akan kuliner makanan lau, disana sudah tersediah lengkap yang anda inginkan.

Parangtritis serta supranatural Pantai Parangtritis juga menaruh misteri. Pantai ini sama dengan keberadaan nyi roro kidul atau kanjeng ratu kidul yang menguasai pantai selatan ini. Adapun perihal tabu yang berkembang di penduduk untuk tidak menggunakan pakaian hijau waktu ada di lokasi pantai ini. Untuk yang melanggar dapat memperoleh celaka sesudahnya karena diakui bahwa kanjeng ratu kidul amat suka warna hijau pada bajunya. cerita ini barangkali tidak masuk akal, tetapi saat ini ini tidak jadi kekawatiran lagi karena telah banyak pengunjung yang menggunakan pakaian hijau waktu ada di pantai ini di versi lain, nyi roro kidul sebelum saat jadi penguasa laut selatan dulunya yaitu putri dari kerajaan pajajaran yang menderita penyakit budug/lepra dikarenakan kutukan.

Lantas dia diusir pergi jauh dari kerajaan serta sampailah di pantai selatan. waktu lihat cerminan rupa berwajah di air laut dia amat sedih serta putus harapan serta selanjutnya terjun ke laut. nyi roro kidul punya kaitan jamant dengan gunung merapi serta kraton kesultanan yogyakarta. apa perihal menarik di parangtritis ? mungkin anda pingin coba perihal baru yang belum dulu anda dapatkan di obyek wisata lain. tempat wisata parangtritis banyak tawarkan kesenangan untuk menggunakan waktu liburan berbarengan keluarga. Disini anda dapat menjajal adrenalin dengan bermain gantole maupun parahyangan. untuk menuju ke lokasi olah raga sejenis ini di sebelah timur pantai parangtritis cukup melelahkan dikarenakan medannya cukup berat.

 

Meskipun demikianlah, rasa penat anda dapat tergantikan sesudah anda menguji adrenalin anda di lokasi gantole serta parahyangan. olah raga ini amat menegangkan untuk pemula tetapi tawarkan keindahan pantai parangtritis serta bukit-bukit yang berjajar dari atas. sungguh panorama yang sangat indah ; anda bisa lihat deburan ombak, serta sekumpulan orang yang tampak kecil dari atas laut. jika anda dapat berenang dengan baik, anda dapat juga beradu duel dengan gulungan-gulungan ombak di pantai parangtritis. tetapi pengunjung lalu mesti waspada supaya tidak berenang ke sedang pantai karena setiap saat ombak dapat datang dengan tiba-tiba. oleh sebab itu pengunjung diharuskan untuk mematuhi himbauan dari petugas tim sar parangtritis. di lain selama bibir pantai anda lalu bisa melihat orang menaiki kuda, dokar, ataupun ATV (all-terrain vehicle).

Bila anda tertarik anda bisa coba di antara hiburan ini, bila anda memilih untuk coba menunggang kuda dengan segera maka janganlah kawatir karena telah ada sang pawang kuda yang setia mengikuti serta melindungi si joki supaya terus aman. sebagai pelengkap anda dapat coba kuliner lain layaknya jagung bakar serta jajanan –jajanan tradisional yang sudah siap untuk di tawarkan pada beberapa pengunjung. untuk anda yang belum dulu coba jajanan tradisional jogja yang tidak mudah ditemukan di kota, anda bisa mencobanya disini. layaknya peyek jingking yaitu di antara makanan khas tempat parangtris.

Sesudah seharian nikmati waktu bersantai di pantai, barangkali anda enggan melupakan waktu matahari terbenam di pantai ini. Sunset di pantai parangtritis dapat dilihat keindahannya dengan mata telanjang, atau anda dapat juga lihat dari sebelah utara pantai di bukit-bukit yang berjejer rapi. peristiwa ini dapat amat indah bila anda mengabiskan waktu anda nikmati matahari terbenam dengan orang yang anda kasihi. untuk sebatas kenang-kenangkan sebelum saat kembali ke kota asal, anda dapat mengabadikan saat-saat matahari terbenam di parangtritis dengan berfoto berbarengan waktu sunset. harga tiket masuk untuk pengguna kendaraan pribadi : htm/orang : Rp 3000, – parkir motor : Rp 500, – mobil : Rp 1000, – transportasi yang bisa dipakai :

Kendaraan pribadi (motor, mobil)

Rute 1 : Jogja-jl parangtritis-kretek_parangtritis Rute 2 : Jogja-imogiri-siluk-parangtritis

Bus (dari halte trans jogja menuju terminal giwangan lantas disambung bus umum jurusan jogja-parangtritis)

So, untuk anda yang mungkin ingin melakukan liburan bersama keluarga ataupun pasangan anda, Pantai Parangtritis juga memberika keindahan alam yang tak kalah indahnya dengan Pantao pantai lainnya di Indonesia.

Demikian informasi yang bisa kami berikan utnuk rekan rekan semua tentan Pesona Obyek Wisata Pantai Parangtritis, Jogja. Termia kasih telah mengunjungi website kam dan selamat berlibur untuk anda yang menjalankannya.

Baca juga

Tempat Wisata Pantai Wediombo di Yogyakarta 

Iklan