Pemandian Air Tawar di Tepian Pantai

Pemandian Air Tawar di Tepian Pantai. Berwisata ke lokasi utara ”Pulau Dewata”, janganlah terlewat berenang di yeh sanih, pinggiran pantai desa pakraman sanih, Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, Bali. Pemandian air tawar itu tidak dulu bercampur sedikit lalu dengan asin air laut yang jaraknya cuma sebagian mtr.. Berenang di danau dengan tenang sembari nikmati keindahan pantai….

Yeh dalam bahasa Bali bermakna air serta sanih merupakan nama desa itu. Yeh sanih merupakan mata air yang ada di lokasi sanih. Sumber mata air jernih ini nampak lebih kurang tahun 1930. Masyarakat memercayai air yang mengucur tanpa henti itu yaitu mata air suci dari Gunung Batur di Kabupaten Bangli. Jarak batur ke yeh sanih lebih kurang 40 km. (km).

Air itu melalui pura yang letaknya lebih tinggi dari pantai. Air yang ditampung jadi pemandian itu merupakan air kucuran paling akhir sesudah melalui pura. Kucurannya nampak di sebagian titik diantara batu-batu yang sekalian jadi dinding kolam pemandian.

Sejumlah dua kolam pemandian lalu dibangun warga dengan susunan batu-batu. Kolam besar mempunyai kedalaman lebih kurang , 5 mtr. Yang diperuntukkan untuk orang dewasa. Kolam lain berdiameter lebih kecil dengan kedalaman 1/2 mtr. Spesial untuk anak balita serta anak-anak. Airnya bening serta sejuk.

Bermain Ikan Kecil

Panorama lebih kurang pemandian ini mendukung kesenangan berendam atau berenang, terlebih saat sore tiba. Senja semakin bikin siapa lalu betah serta tidak pingin melupakan pemandangan pantai, persis di depan pemandian. Bermain air di pemandian yeh sanih juga dapat diwarnai dengan bercengkerama dengan ikan kecil didalamnya. Seru !

Masalah kebersihan, pengelola terus melindungi lokasi wisata lebih kurang 64 are (lebih kurang 6. 400 mtr. Persegi) itu. 1 minggu sekali, pengelola kuras serta bersihkan sampah serta lumut yang nampak.

Manajer object wisata yeh sanih ketut sumanasa menyebutkan, air tawar sanih tidak dulu kering walau musim kemarau. ”karena itu, kami berusaha melestarikan serta menjaga keberadaan air yang diakui mengalir dari gunung batur ini. Kami teratur tiap-tiap dua tahun sekali menggelar upacara kebiasaan untuk penyucian yeh sanih ini, ” tuturnya sebagian waktu lantas.

Warga lalu yakin mata air ini barokah dari sang hyang widi serta mesti terus lestari. Mereka berusaha menjaganya sampai sekarang ini. Tiap-tiap dua tahun sekali, umat hindu di yeh sanih menggelar ritual nyepi. Ritual itu tidak sama dengan penyepian sesuai kalender nasional.

Penyepian warga setempat ditentukan pada waktu bln. Dalam posisi tilem (gelap) dalam hitungan kalender mereka. Serupa dengan perayaan nyepi biasanya, umat hindu di yeh sanih tidak bisa menyalakan api ( amati geni ), tidak bisa bekerja (amati gawe), tidak bisa melancong (amati lelungan), serta tidak bisa bersenang-senang (amati lelanguan).

Prosesinya lalu sama, dari jam 06.00 sampai waktu yang sama di esok harinya. Walau jalanan selama yeh sanih tidak ditutup untuk umum, pengguna jalur terus mendapatkan pengumuman supaya menghormati warga yang sedang melakukan ritualnya. Cuma, jalur kecil atau gang lebih kurang desa itu terus ditutup untuk umum.

Oleh dikarenakan penyepian ini ditujukan untuk penyucian yeh sanih, object wisata pemandian andalan buleleng itu lalu terpaksa ditutup untuk pengunjung. Sebanyak pecalang (petugas keamanan spesial dari desa) dapat melindungi sepanjang prosesi ini berjalan.”hanya di desa ini prosesi nyepi dapat berjalan 2 x tiap-tiap dua tahun sekali, ” kata sumanasa.

Tiap-tiap hari, wisatawan lokal serta mancanegara datang ke object wisata itu. Wisatawan dapat berkunjung mulai jam 08. 00 sampai jam 18. 00. Harga tiket untuk pengunjung dewasa yaitu rp 5. 000 per orang. Harga tiket untuk pengunjung anak-anak rp 3. 000 per orang.Tiap-tiap hari, lebih kurang 100 wisatawan datang ke yeh sanih. Tidak cuma pemandian alami yang di tawarkan, yeh sanih juga melengkapi dirinya dengan sajian permainan anak-anak, layaknya kereta main serta area makan.

Tetapi, sumanasa mengakui object wisata ini belum optimal dikelola. Object wisata ini tetap dikelola oleh pihak desa dengan sederhana. Sesaat pemerintah berkepentingan dalam pemungutan pajak.Sepanjang ini, lanjutnya, pendapatan object wisata yeh sanih cukup menolong warga setempat. Pemasukan dari yeh sanih dapat menolong warga dalam pendanaan untuk menggelar upacara kebiasaan setempat.

Pura Maduwe Karang

wisata alternatif di lebih kurang kubutambahan yaitu pura maduwe karang dengan jarak tidak jauh dari yeh sanih. Pura ini mempunyai daya tarik dikarenakan bangunan serta pembagian halaman peruntukannya. Disamping itu, pura ini juga mempunyai relief lengkap cerita ramayana.Tidak cuma itu, di pura maduwe karang juga ada relief lelaki kenakan pakaian kebiasaan bali menunggang sepeda. Lelaki ini dikenal sebagai pejabat belanda yang datang serta berkeliling mengendarai sekalian memperkenalkan sepeda. Namanya, Woj Nieuwenkamp.

Relief itu dibikin lebih kurang 1900 sebagai penghormatan pada nieuwenkamp yang memperkenalkan sepeda. Pura itu lalu banyak dikunjungi wisatawan asing, terlebih dari belanda.Buleleng berjarak lebih kurang 120 km. Dari kota Denpasar, ibu kota Bali. Tetapi, keasriannya jangan sempat terlewatkan. Demikian juga dengan jajanan dodol penglatan yang dikenal mulai 1980.Dodol tersebut barangkali serupa dengan adonan dodol tempat lain. Bahan baku berbentuk kelapa pilihan beserta gula Bali (gula aren) yang saat ini mulai berkembang dengan bermacam rasa, layaknya durian, pandan, melon, sampai aroma ketan hitam.

Perbedaan dodol ini dengan dodol tempat lain yaitu pembungkus dodol dari lokasi ini menggunakan kulit jagung kering yang bersih. Pemakaian kulit jagung kering ini bikin dodol itu lebih tahan lama.Memiliki bentuk digulung memanjang serta diikat pada ke-2 ujung, layaknya permen. Panjangnya lebih kurang telunjuk orang dewasa dengan diameter lebih kurang 2 x telunjuk.Keunikan pada pengemasan dodol ini jadi daya tarik untuk wisatawan untuk membelinya sebagai oleh-oleh. Tidak heran, jajanan asli Buleleng ini kerap juga dibawa ke sebagian negara.

Baca juga

Tempat Wisata Di Jakarta Kekininan Yang Harus Kamu Tau

Iklan