Obyek Wisata Di Banjarmasin dan Sekitarnya

 

Wisata Di Banjarmasin dan Sekitarnya, sedikit gambaran dari kota Banjarmasin ialah ibu kota dari provinsi Kalimantan Selatan. Kota Banjarmasin adalah salah satu kota terbesar di Indonesia, selain itu kota ini juga sering dijuluki dengan kota Seribu sungai yang dimana memiliki banyak sungai yang mengaliri kota tersebut. Tahukah anda kalau kota Banjarmasin sendiri merupakan kota yang terpenting di Kalimantan karena merupakan kota Niaga dan bandar pelabuhan terpenting di Kalimantan. Untuk letak dari kota Banjarmasin ini terletak ditimur sunga Barito dan dibelah dengan sungan Martapura yang berhulu di Pegunungan Meratus. Nah, jika anda masih penasaran dengan Obyek Wisata Di Kota Banjarmasin, kami akan memberikan informasi selengkapnya tentang obyek wisata apa sajakah yang ada disana.

Sejarah Banjarmasin

Banjarmasin adalah di antara kota tertua di Indonesia. Dahulunya ada sesuatu perkampungan yang bernama Bandarmasih yang dipimpin oleh patih tetap. Bandarmasih memiliki makna perkampungan oloh tetap. Oloh tetap didalam bhs ngaju, bhs suku barangas bermakna orang melayu. Dari kata bandarmasih itu lah asal muasal nama kota banjarmasin yang dahulunya ada kerajaan banjarmasin yang berkembang jadi kerajaan maritim utama sampai akhir abad ke-18. Sejarah beralih saat belanda menghancurkan kerajaan banjar pada th. 1612, hingga pusat kerajaan dipindah ke kayu tangi yang saat ini dikenal dengan nama kota martapura.

Yang bisa di jumpai di Banjarmasin

banyak museum yang dapat anda jumpai di kota ini, di antaranya yaitu museum wasaka (waja hingga kaputing). Anda bisa lihat koleksi sebagian benda bersejarah pada waktu perang kemerdekaan.

Anda juga dapat berkunjung ke Masjid Raya sabilal muhtadin yang disebut masjid kebanggaan penduduk Kalimantan Selatan. Ada juga masjid sultan suriansyah yang disebut masjid bersejarah serta tertua di Kalimantan Selatan. Anda dapat juga berkunjung ke komplek makam Sultan Suriansyah serta komplek makam pangeran Antasari.

Yang bisa di kerjakan di Banjarmasin

anda bisa jalan-jalan berkunjung ke Pulau Kembang serta coba berhubungan dengan beberapa ribu kera di area ini. Atau anda pingin belanja, maka anda bisa berkunjung ke pasar terapung di mana beberapa pedagangnya menggunakan perahu mesin atau biasa dimaksud dengan klotok. Bila berangkat dari pusat kota dibutuhkan waktu lebih kurang 45 menit untuk menuju pasar ini.

Anda yang pingin nongkrong dapat juga berkunjung ke taman siring sudirman yang berletak di jalur sudirman atau persisnya di depan masjid raya sabilal muthadin.

Makanan yang perlu di coba

Banyak makanan khas yang mengundang selera di banjarmasin. Di antaranya yaitu soto banjar yang memiliki bahan utama ayam serta beraroma harum rempah-rempah layaknya kayu manis, biji pala serta cengkeh.

Anda dapat juga nikmati lontong banjar, makanan karih kambing, itik panggang khas banjar, masakan laksa, serabi khas banjar, gangan waluh, urap iwak bapais yang dapat anda temui di selama kota Banjarmasin.

Obyek wisata dekat Banjarmasin

 

Pasar Apung Muara Kuin

Di kota Banjarmasin banyak ada sungai-sungai yang lebar, di antaranya Sungai Barito yang memiliki muara sungai kuin yang terdapat di Kecamatan Banjarmasin Utara, kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan. Uniknya di muara sungai ini ada pasar tradisonal yang lain daripada yang lain. Beberapa pedagang serta konsumen di pasar ini beraktivitas jual beli di atas perahu tradisional yang kerap dimaksud jukung didalam bhs banjar atau perahu motor yang kerap dimaksud klotok oleh masyarakat lokal. Pasar ini telah ada dari 400 th. Yang lantas serta tetap terus terjaga hingga saat ini.

Bila anda pingin rasakan sensasi tersendiri berbelanja sembari terapung di perahu, maka luangkan waktu anda untuk berkunjung ke pasar terapung ini waktu anda traveling ke Banjarmasin. Tetapi anda mesti bangun pagi buta agar bisa rasakan kegiatan pasar terapung ini dikarenakan selepas subuh beberapa pedagang telah repot berkumpul bersiap menata dagangannya. Umumnya beberapa penjual disini yaitu ibu-ibu. Barang dagangannya adalah hasil kebunnya sendiri layaknya sayur mayur serta buah-buahan. Janganlah kian lebih jam 7 pagi bila anda pingin berkunjung kesini.

Singgah juga ke warung makan terapung untuk sarapan. Pesanlah menu makanan khas banjarmasin yakni soto banjar. Tidak sama dengan soto di tempat lain, soto banjar berkuah kental serta di sajikan dengan lontong yang tentunya dapat menggoyang lidah anda.

Transaksi barter tetap sering berlangsung di pasar terapung ini. Jual beli tersebut dikerjakan lewat cara saling ganti menukar pada penjual serta konsumen dengan komoditas yang tidak sama. Bila anda tertarik untuk berkunjung ke pasar unik ini anda dapat menyewa perahu klotok di lebih kurang area pasar. Pemilik perahu dengan suka hati dapat mengantar anda berkeliling. Biaya sewa perahu klotok yakni lebih kurang Rp 100.000,-. Perahu ini dapat menyimpan lebih kurang 10 penumpang. Atau bila anda menginap di di antara hotel di kota banjarmasin, tanyakan ke pengelola perihal paket wisata keliling pasar apung. Umumnya pihak hotel sediakan sarana ini.

Akses ke pasar Apung Muara Kuin

Apabila menggunakan perahu klotok dari pusat kota banjarmasin dapat membutuhkan waktu lebih kurang 45 menit untuk menuju pasar apung. Atau dapat juga menggunakan angkutan darat dengan meniti rute kota banjarmasin menuju desa alalak. Sesampainya di desa alalak anda dapat menyewa klotok dengan tarif lebih kurang Rp 70.000 untuk menuju Pasar Apung Muara Kuin.

Obyek Wisata Air Terjun Bajuin

Air Terjun Bajuin ini terdapat di desa sungai bakar, Kecamatan Pelaihari yang berjarak lebih kurang 10 km dari ibu kota kabupaten tanah laut serta lebih kurang 75 km dari Banjarmasin.

Air terjun bajuin mempunyai pemandangan pegunungan yang indah, eksotik, serta udaranya lalu tetap amat sejuk dikarenakan banyaknya pohon-pohon. Di lokasi ini ada tiga air terjun dengan ketinggian yang tidak sama, karena alamnya yang tetap asri serta alami.

Disini juga ada sebagian type burung serta tanaman anggrek rimba, dan bunga bangkai. Air terjun bajuin ada di lokasi pegunungan maratus.

Lokasi ini dikembangkan jadi ekowisata alam layaknya traking, climbing, hiking. Walau tempat wisata ini mempunyai area parkir yang luas tetapi sayangnya belum ada sarana yang cukup layaknya banyaknya jalur rusak. Oleh dikarenakan itu untuk menuju tempat wisata ini tetap amat sukar, tetapi pemerintah setempat tengah lakukan perbaikan. Di lokasi ini juga ada telaga alam batuah yang tidak jauh dari area parkir.

Goa Marmer

Dekat dari tempat wisata ini ada tempat wisata lain yakni goa marmer yang cuma membutuhkan waktu lebih kurang 30 menit dengan jalan kaki.

Goa ini diberi nama goa marmer dikarenakan keunikannya yakni dinding goa banyak ada batu marmer yang biasa dipakai untuk ubin tempat tinggal serta bentuk atas goa layaknya kubah masjid, didalam goa juga ada kehidupan binatang malam yaitu kelelawar.

Untuk beberapa penggemar wisata alam dijamin area ini berikan tantangan sekalian keindahan yang tak lagi didapati di tempat manapun.

Obyek Wisata Candi Agung Amuntai

Candi Agung Amuntai merupakan situs candi hindu yang ada di area Sungai Malang, Kecamatan Amuntai sedang, kabupaten hulu sungai utara, kalimantan selatan. Candi Agung amuntai adalah peninggalan kerajaan negaradipa yang dibangun oleh empu jatmika abad xiv masehi, yang dari kerajaan ini melahirkan kerajaan daha di negara serta kerajaan banjarmasin. Yang menurut cerita, kerajaan hindu negaradipa ini berdiri pada th. 1438 di persimpangan tiga aliran sungai.

Candi agung diperkirakan sudah berumur 740 th., Candi Agung Amuntai memiliki bahan material kayu serta batu, akan tetapi situasinya tetap kokoh. Di dapatkan sebagian benda peninggalan sejarah yang usianya kira-kira 200 sm.

Obyek Wisata Candi Laras

Candi Laras yaitu candi berukuran kecil yang ada di Kecamatan Candi Laras Selatan, Tapin, Kalimantan Selatan lebih kurang 30 kilo mtr. Dari kota rantau yang diberi nama oleh masyarakat dengan sebutan tanah tinggi. Lokasinya lalu terdapat di sesuatu pematang yang dikelilingi persawahan warga lebih kurang. Letak candi ini tidak ada pada lokasi yang kiat serta diperkirakan adalah candi kenegaraan dengan maksud-maksud spesifik.

Dengan fisik, bangunannya berbentuk sumur tua serta ada sebagian batang kayu ulin besar yang berusia ratusan th. Yang tertanam tidak jauh dari sumur tersebut. Disamping itu, ada dua buah batu besar yang oleh warga lebih kurang dimaksud batu babi.

Pada situs candi ini ditemukan potongan-potongan arca batara guru yang tengah memegang cupu, lembu nandini serta lingga, yang seluruhnya disimpan di museum lambung mang kurat, banjarbaru.

Didalam lokasi yang berdekatan dengan candi laras, di tempat sungai amas ada arca budha dipankara serta batu yang bertuliskan siddha dengan aksara pallawa, atau lebih lengkapnya jaya siddha yatra yang berarti perjalanan ziarah yang memperoleh berkat. Menurut penemuan benda arkeologi, situs ini dari abad ke-8 atau ke-9. Situs purbakala candi laras ini diperkirakan dibangun pada 1300 masehi oleh jimutawahana, keturunan dapunta hyang dari kerajaan sriwijaya. Jimutawahana inilah yang diperkirakan sebagai nenek moyang warga tapin.

Akses ke Candi Laras

Agar bisa pergi berkunjung ke candi laras, anda mesti menggunakan sampan atau warga lebih kurang menyebutnya dengan jukung atau kelotok, karena tak adanya jalur darat yang menghubungkan pada lokasi candi laras dengan desa lebih kurang walau jaraknya cuma satu kilo mtr. Pada candi laras dengan desa lebih kurang.

Obyek Wisata Candi Tanjungpura

Satu lagi warisan budaya yang penelitiannya belum tuntas, yakni candi tanjungpura terdapat di desa negeri baru yang populer dengan nama benua lama, di kec. Benua kayong kabupaten ketapang.

Letak candi ini tepi di tepi sungai pawan. Penelitian candi tanjungpura di kerjakan oleh balai arkeologi (Balar) Banjarmasin serta sudah sukses menyingkap sebagian temuan. Tetapi demikianlah penemuan ini tetap didalam step awal, ada banyak misteri yang belum terungkap. Situs ini dianggap adalah candi tanjungpura kuno. Nama tanjungpura adalah nama sesaat, dikarenakan dari hasil penelitian belum diketahui.

Susunan bangunan candi tanjungpura yang memiliki bahan batu bata merah serta bisa dilihat ada arca serta relief pada dinding pintu masuk. Ada sebagian temuan yakni lumpang (lesung) berbahan batu andesit berukuran 40 cm serta di yakini adalah perlatan tempat tinggal tangga penduduk tanjungpura. Temuan lain yaitu ada basic lingga yang bersegi lima, sebagai ciri dari lingga. Candi tanjungpura dianggap sebagai pusat asal mula kerajaan tanjung pura purba yang dahulu dulu berjaya pada abad ke 13-14. Lihat dari bentuk serta susunan candi yang terbuat dari bata merah ini, candi tanjungpura serupa dengan candi-candi yang ada di jawa timur. Disamping itu ada juga makam muslim yang juga serupa dengan makam-makam muslim di troloyo di trowulan ibukota majapahit kuno yang berdiri di abad ke 13 atau 14.

 

Bandara di Banjarmasin

Banjarmasin melewati jalur hawa di layani oleh Bandara sjamsudin Noor.

Bandara syamsuddin noor (BDJ) adalah(26km), 30 menit perjalanan dari tenggara kota Banjarmasin. Bandara ini mempunyai 2 landasan istimewa. Satu di depan terminal yang dapat hosting 4 Pesawat berukuran tengah serta satu lagi di terminal lain yang dapat melayani 4 boeing 767s. Baru-baru ini, menambahkan aspal yang semakin besar dihentikan sesudah selesai ekspansi pada 2004 hingga angkasa pura sudah membayar utang pada pemerintah dengan dugaan mark up. Dengan historis, boeing 767 yaitu pesawat berbadan lebar pertama yang mendarat di bandara ini pada th. 2004.

Penerbangan ke jakarta dilayani oleh : Garuda, Sriwijaya air, Lion air serta batavia air, namun untuk surabaya dilayani oleh :liona serta afiliasi wings air, Sriwijaya, Citilink, Batavia Air serta mandala air. Kalstar terbang ke pangkalan bun, ketapang serta pontianak. Batavia terbang ke balikpapan, layaknya halnya trigana air. Mandala terbang ke yogyakarta. Susi air terbang tiap-tiap hari untuk muara teweh, serta palangka raya.

Menuju pusat kota dari bandara

untuk menuju ke kota, anda bisa naik taksi (dengan tarif terus) Rp 75.000 atau memberi tahu hotel untuk menjemput anda. Bila anda jalan lebih kurang 2 menit ke luar bandara, anda mesti naik mini van dengan biaya Rp 10.000 untuk 6km ke terminal.

Nah, jika teman teman yang ingin melakukan perjalaan ke Kalimantan Selatan (Banjarmasin) maka jangan lupa untuk mengunjungi tempat tempat yang sudah ada disana, anda wajib untuk datang ketempat tempat wisata yang ada. Namun untuk anda yang ingin melakukan liburan kesana anda bisa mengunjungi tempat wisata yang kami infokan diatas tadi.

Semoga informasi yang kami berikan tentang Obyek Wisata Di Banjarmasin dan Sekitarnya, bisa bermafaat untuk kita semuanya. Terima kasih telah mengunjungi situs kami dan selamat berlibur bersama keluarga dan teman anda, semoga berkesan.

Baca juga

Aneka Ragam tempat wisata di Indonesia

 

 

Iklan