Mengenal Keistimewaan dan Keunikan Pantai Losari

Pantai Losari ini sudah menjadi tempat wisata andalan bagi para penduduk Makassar. Di sekitar pantai Losari ini ada pusat kuliner yang menjual bermacam macam makanan dan jajanan khas. begitu panjangnya jejeran penjual makanan ini sampai disebut-sebut sebagai warung terpanjang di dunia.

Pantai Losari yang berada persis di jantung Kota Makassar, adalah di jalan penghibur, yang berada di sisi barat kota Makassar, Sulawesi Selatan. ini memiliki keindahan matahari terbenam yang memanjakan mata. Di pantai Losari kamu akan dihidangkan pemandangan alam yang digabungkan dengan wisata kuliner khas Kota Makassar. beragam kuliner enak ada buat kamu pecinta kuliner khas. Salah satunya yang disukai yaitu pisang epe. Pisang yang dibakar selanjutnya dipipihkan dan dikasih campuran air gula merah. Hmm, lezat. cocok untuk menghangatkan tubuh.

Pantai Losari

Pantai ini memiliki ciri dan keistimewaan yang mempesona. Salah satu ciri pantai Losari yaitu para pengunjung bisa menyaksikan terbit dan terbenamnya matahari di satu posisi yang sama. keistimewaan obyek wisata ini yaitu para pengunjung bisa menikmati indahnya deburan ombak yang membelah tanggul pantai dan kenyamanan “angingmamiri” yang berhembus bergerak sepoi-sepoi, dengan menyaksikan detik-detik terbenamnya matahari secara utuh di balik cakrawala, yakni mulai dari transformasi warna sampai pergeseran posisinya hingga benar-benar sirna dari pandangan.

Para pengunjung pula bisa menikmati bermacam macam makanan laut yang masih enak. Di sebelah selatan anjungan pantai Losari, ada sebuah warung kopi dan restoran terapung yang memakai kapal tradisional Bugis-Makassar “Phinisi” dengan menu bermacam-macam, semacam masakan ikan pari, cumi-cumi dan juga lobster dengan harga berkisar antara Rp 7. 500 ,-hingga Rp 25. 000 ,-per porsi..

Keistimewaan lainnya ialah para pengunjung bisa menikmati internet bebas dengan hotspot di sepanjang pantai Losari. Pantai Losari ini menjadi tujuan pokok masyarakat kota Makassar untuk melenyapkan waktu senggang seperti jogging ataupun olahraga di pagi hari dan wisata kuliner dan melihat sunset pada sore harinya. Rata-rata para pemuda meramaikan tempat ini pada sore hari untuk melihat romantisme keindahan matahari terbenam di pantai ini.

Waktu paling sempurna berkunjung ke pantai Losari yaitu sore hari antara jam 15. 00 sampai jam 21. 00. Basanya pengunjung datang kesini hanya untuk bersantai ria sambil menikmati pantai Losari yang bersih ataupun makan diwarung warung yang sudah direlokasi oleh Pemda setempat (diujung paling selatan pantai). Para Anak Muda dan Dewasa akan datang kemari menikmati matahari terbenam di sini sembari membeli makanan dari penjual. Udara bersih dan angin berhembus bergerak tanpa henti, matahari yang merah keemasan menyapu muka manusia yang duduk di tepi pantai.

Sunset Pantai Losari

Sunset di Pantai Losari memang merupakan momen yang sangat indah dan sayang untuk dilewatkan. Selain menikmati pemandangan matahari terbenam yang cantik, kamu juga dapat menikmati berbagai aktivitas air yang tersedia di pantai tersebut.

Untuk menuju ke Pantai Losari, kamu dapat menggunakan alat transportasi bermotor seperti mobil atau motor. Jika kamu berasal dari Bandar Udara Hasanuddin, kamu dapat mencapai pantai Losari dalam waktu sekitar 45 menit. Sedangkan apabila kamu berasal dari Pelabuhan Soekarno-Hatta, waktu yang dibutuhkan untuk mencapai pantai Losari hanya sekitar 20 menit.

Setelah tiba di Pantai Losari, kamu dapat menikmati keindahan pantai secara gratis dan dapat berfoto dengan latar belakang tulisan raksasa Pantai Losari yang terkenal. Selain itu, kamu juga dapat mencoba berbagai aktivitas air seperti banana boat, sepeda air, atau menyewa perahu untuk mengelilingi pesisir pantai.

Namun, perlu diingat bahwa saat melakukan aktivitas air, kamu harus selalu memperhatikan keselamatan diri dan mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola pantai. Selalu perhatikan kondisi cuaca dan ombak sebelum melakukan aktivitas air di pantai Losari.

Selain itu, kamu juga dapat menikmati makanan dan minuman di sekitar Pantai Losari. Terdapat banyak warung dan kedai makanan yang menyajikan berbagai jenis makanan khas Makassar yang lezat dan menggugah selera. Kamu juga dapat mencoba jajanan khas pantai seperti jagung bakar, kelapa muda, atau es kelapa.

Selain menikmati keindahan pantai dan berbagai aktivitas yang tersedia, kamu juga dapat menjelajahi sekitar Pantai Losari. Terdapat banyak tempat wisata menarik di sekitar pantai, seperti Benteng Rotterdam yang berjarak sekitar 5 km dari Pantai Losari. Benteng ini merupakan peninggalan Belanda yang memiliki arsitektur klasik dan menjadi salah satu ikon wisata di Kota Makassar.

Kamu juga dapat mengunjungi Taman Laut Pantai Losari yang terletak di sebelah utara pantai. Di taman laut ini, kamu dapat menemukan berbagai jenis biota laut dan melakukan aktivitas snorkeling atau diving. Terdapat juga pasar ikan yang menjual berbagai jenis hasil tangkapan laut yang segar.

Dengan segala keindahan dan kegiatan yang tersedia, tidak mengherankan jika Pantai Losari menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Makassar. Jadi, jika kamu berencana mengunjungi Kota Makassar, jangan lupa untuk mengunjungi Pantai Losari dan menikmati keindahan dan kegiatan yang tersedia di sekitarnya

 

Baca juga

 Tempat Diving Terbaik di Indonesia

Iklan