Ads - After Header

Jam Berapa di Jepang Saat Ini? Temukan Jawabannya di Sini!

Rinidesu

Mengenal Waktu di Jepang


Waktu di Jepang

Jepang merupakan negara yang cukup unik di dalam hal waktu karena penggunaan zona waktu yang berbeda. Bahkan Jepang memiliki waktu standar yang berbeda dengan negara-negara lainnya yang ada di Asia. Di sini kita akan membahas sedikit mengenai waktu di Jepang dan perbedaannya dengan negara kita, Indonesia.

Jepang menggunakan GMT+9 sebagai waktu standar negaranya. Artinya, jika di Indonesia waktu saat ini pukul 12 siang, maka di Jepang sudah saatnya menjelang sore hari karena pukul 1 siang di sana.

Selain itu, di Jepang juga dikenal istilah “Summer Time” atau waktu musim panas yang berlangsung pada periode tertentu. Pada waktu ini, jam dipercepat satu jam di seluruh wilayah Jepang, sehingga jika di Indonesia pukul 12 siang, di Jepang akan menunjukkan pukul 2 siang. Hal ini bertujuan untuk menghemat energi di pagi hari dan mendorong masyarakat agar lebih menghemat waktu.

Namun demikian, penggunaan Summer Time di Jepang tidak selalu konsisten dan relatif jarang digunakan. Pada tahun 2020 misalnya, pemerintah Jepang memutuskan untuk tidak menggunakan Summer Time karena dampak pandemi COVID-19 yang membuat banyak masyarakat harus tetap tinggal di rumah.

Also Read

Bagikan:

Rinidesu

Rinidesu Merupakan Seorang Mahasiswi Sastra Jepang di Universitas Indonesia, Memiliki Passion Berbagi ilmu Bahasa Jepang Melalui Situs Rinidesu.com ini

Tags

Ads - Before Footer