Table of contents: [Hide] [Show]

Inilah Kemegahan Masjid Nasional Al Akbar Surabaya

 

Inilah Kemegahan Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. Bila anda melalui jalur tol Surabaya Gempol, anda dapat lihat kubah besar berwarna hijau kebiruan yang tampak mencolok di di antara ruas jalur. Di situlah terdapat Masjid Al Akbar, masjid kebanggaan warga Surabaya.

Diberi nama Al Akbar dikarenakan bangunan ini berdiri diatas tanah seluas 28.509 m2 dengan keseluruhan tempat hampir11,2 hektar. Berkat ukurannya yang besar, hingga ditahbiskan jadi masjid terbesar ke-2 di Indonesia sesudah masjid Istiqlal di Jakarta.

Masjid ini digagas oleh Walikota Surabaya saat itu, Sunarto Sumoprawiro. Pembangunan diawali pada bln. Agustus 1995, peletakan batu pertama oleh wakil Presiden Tri Sutrisno serta selesai pada 10 November tahun 2000. Peresmian dikerjakan oleh Presiden KH Abdurrahman Wahid. Arsitek yang mendesain masjid al akbar yaitu beberapa pakar dari institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Area ibadah ini di topang tidak kurang dari 2.000 tiang pancang, jumlah ini sepadan dikarenakan kondisi tanah di lokasi tersebut tergolong labil.

Kubah utama masjid ini mempunyai tinggi 27 mtr. Dengan berat 200 ton. Sesaat empat kubah pendamping setinggi 11 mtr hingga lebih rendah. Masjid ini mempunyai 45 pintu dengan dua pintu ganda yang tiap-tiap tingginya 4,5 mtr dengan lebar 1,5 mtr.. Seluruh pintu terbuat dari kayu jati dengan ukiran ornamen geometri. Anda dapat merasakan beragam kaligrafi indah terpampang pada tiap-tiap dinding.

Area ibadah ini mempunyai dua lantai, tak hanya dipakai untuk sholat juga dipakai untuk pengajian. Pada lantai basic berlapis marmer yang segera didatangkan dari lampung. Masuk ke sisi dalam masjid yang berwarna hijau tua serta muda, ada ukiran kaligrafi tersebar di dinding ruangan. Ruangan dalam terlihat luas tanpa penopang tiang. Dibagian mimbar masjid setinggi tiga mtr. Dihiasi sentuhan ornamen khas madura. Pada belakang mimbar, ornamen geometri seolah menyatu dengan mimbar serta seluruh ruangan.

Mihrab masjid ini didesain sedemikian rupa hingga terlihat melengkung dengan kaligrafi berwarna kuning emas. Keindahan juga ditampilkan dengan lukisan kaca kaligrafi yang pancarkan sinar waktu matahari menyinarinya dari luar.

Di masjid ini ada gedung pertemuan Al Marwah serta As-Shofa, ke-2 gedung ini biasa dipakai untuk acara resepsi pernikahan. Tidak cuma itu, masjid ini dilengkapi dengan sarana perpustakaan, poliklinik serta stasiun radio. Lantas tak hanya nikmati keindahan bangunan masjid wisatawan bisa juga memakai sarana yang ada.

Disamping itu, Masjid Al Akbar juga dilengkapi dengan menara setinggi 99 mtr dari atas menara kita dapat lihat panorama kota Surabaya. Untuk naik ke atas kita tidak butuh repor menaiki tangga tetapi ada lift yang bisa mengangkut sampai 8 pengunjung. Tidak cuma lihat panorama saja, anda dapat nikmati camilan yang dijual di kantin menara.

Oya, untuk penghobi fotografi keindahan kota Surabaya serta bangunan utama masjid dari atas menara merupakan objek yang pantas diabadikan. Waktu yang sangat pas untuk memotret yaitu siang serta petang. Waktu itu anda dapat mendapatkan pencahayaan yang baik serta pemandangan dramatis. Saat matahari tenggelam kita dapat mendapatkan photo siluet masjid yang indah. Belum lagi bermacam lampu yang mulai dinyalakan bikin photo anda makin indah. Menara di buka tiap-tiap hari sampai jam 16.30.

Jika anda datang terlampau pagi, tidak butuh cemas dikarenakan di sekitar masjid ada pasar pagi. Pasar pagi diawali sesudah sholat subuh serta ramai pada waktu warga berolahraga pagi. Refrensi tempat wisata yang lain yaitu Masjid Cheng Hoo, Tugu Pahlawan atau Monumen Jalesveva Jayamahe. Tidak cuma destinasi wisata yang bermacam, kota ini juga sediakan hotel serta penginapan yang nyaman layaknya singgasana hotel, hotel Oval atau hotel Tilamas.

Selain itu, masjid ini juga menjadi pusat kegiatan sosial seperti penggalangan dana untuk korban bencana alam, pengobatan gratis, dan pendidikan bagi anak-anak kurang mampu. Masjid Al Akbar menjadi wadah bagi masyarakat Surabaya untuk berkumpul dan melakukan kegiatan-kegiatan positif untuk kepentingan bersama.

Masjid Al Akbar Surabaya memang memiliki keindahan arsitektur yang menakjubkan dan menjadi destinasi wisata populer di Surabaya. Namun, perlu diingat bahwa masjid ini juga merupakan tempat ibadah yang suci bagi umat Islam. Oleh karena itu, ketika mengunjungi masjid ini, kita harus menghormati aturan dan etika yang berlaku di tempat ibadah.

Kesimpulannya, Masjid Al Akbar Surabaya bukan hanya merupakan bangunan megah yang mempesona, namun juga memiliki peran yang penting dalam kehidupan sosial dan keagamaan masyarakat Surabaya. Selain itu, masjid ini juga menjadi tempat refleksi dan pengenalan keindahan dan kebesaran Allah SWT bagi umat Islam.

 

Baca juga

Tempat Wisata di Malang Terpopuler 

Iklan