Ads - After Header

Ganbarou Artinya: Semangat dalam Bahasa Jepang

Rinidesu

Arti Ganbarou dalam Bahasa Jepang


Ganbarou dalam Kanji

Ganbarou artinya dalam bahasa Jepang adalah semangat untuk berusaha atau berjuang agar berhasil mencapai tujuan. Kata ini berasal dari tiga huruf Kanji, yaitu “gan”, “baru” dan “ou”. Ketiga huruf tersebut menyumbang makna, seperti gan berarti usaha, baru berarti ukuran, dan ou berarti optimal. Gabungan ketiganya menghasilkan arti mencoba sekuat tenaga hingga berhasil mencapai tujuan dengan cara yang optimal. Cara kurang lebih sama ketika masyarakat Indonesia mengungkapkan “terus berjuang”.

Ganbarou sangat penting dalam budaya masyarakat Jepang. Bukan hanya dalam lingkup pribadi, melainkan juga di lingkup masyarakat dan kemanusiaan umumnya. Konsep ganbarou juga diterapkan dalam pendekatan kehidupan sehari-hari, agar individu mengembangkan etos kerja yang positif. Konsep ini sangat berpengaruh dalam disiplin kerja, di mana setiap orang diharapkan memiliki karakter dan usaha yang bertanggung jawab. Apapun pekerjaannya, individu harus memiliki tanggung jawab yang sama pada tugas yang diemban.

Ganbarou juga membangun kekuatan yang terus mengalir dan berkelanjutan seiring jam terus berjalan. DNA ganbarou ada dalam setiap jiwa masyarakat Jepang, mulai dari anak kecil yang harus tetap bersekolah meski sedang sakit hingga pekerja keras yang harus bekerja ekstra mile untuk mencapai apa yang diharapkan. Melalui ganbarou, masyarakat Jepang membangun karir dan hidup yang setara dengan nilai dan harga diri yang dimilikinya.

Cita-cita untuk menjadi manusia yang benar-benar bagus tidak hanya diraih melalui gelar dan profesi, namun melalui setiap upaya yang dilakukan untuk mencapai tujuan, baik secara individu maupun dalam kelompok. Ganbarou membawa makna bahwa kesuksesan dihadirkan melalui kerja keras dan kesabaran, yang diikuti dengan keberanian dalam mengatasi rintangan dan kegagalan.

Also Read

Bagikan:

Rinidesu

Rinidesu Merupakan Seorang Mahasiswi Sastra Jepang di Universitas Indonesia, Memiliki Passion Berbagi ilmu Bahasa Jepang Melalui Situs Rinidesu.com ini

Tags

Ads - Before Footer