13 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Tubuh saat Hamil

 

Menjaga Kesehatan Tubuh-Menemukan jodoh dan meresmikannya dalam sebuah pernikahan adalah saat-saat yang ditunggu-tunggu. Begitupun kehadiran buah hati di tengah-tengah pernikahan tersebut. Pada kehamilan pertama, Bunda akan dilingkupi rasa cemas dan khawatir karena ini adalah kehamilan perdana dan belum begitu berpengalaman. Rasa cemas tersebut wajar terjadi.

Ya, kesehatan tubuh saat sedang hamil harus dijaga dengan baik. Ada banyak aktivitas yang harus dihindari demi keselamatan ibu dan buah hati. Selain itu, ada banyak aktivitas yang sebaiknya dilakukan. Lengkapi wawasan mengenai cara menjaga kesehatan tubuh dengan baik sebanyak mungkin sehingga Bunda bisa mengantisipasi apa yang sebaiknya dilakukan dan apa yang harus dihindari saat sedang hamil. Yuk, simak detailnya berikut ini!

1. Lakukan Olahraga Ringan

Khasiat olahraga sangat diperlukan tubuh termasuk saat sedang hamil. Lakukan olahraga ringan seperti dengan berjalan bertelanjang kaki dengan jarak tempuh yang wajar atau dengan mengikuti senam khusus Bunda hamil yang aman bagi kesehatan tubuh.

Sebisa mungkin hindari jenis olahraga yang berbahaya dan berat untuk menekan potensi keguguran. Ya, potensi keguguran semakin meningkat—apalagi untuk usia kandungan yang tergolong muda—jika digunakan untuk melakukan olahraga ekstrim. Hindari olahraga yang masuk dalam kategori berat seperti berlari marathon, panjat tebing, mengayuh sepeda dengan cepat dan menempuh jarak yang panjang, dst.

2. Bersih-bersih Rumah? Boleh! Tapi Gunakan Bahan Alami ya

Salah satu olahraga ringan yang bisa dilakukan tanpa harus meninggalkan rumah dan mudah dijalankan adalah dengan bersih-bersih rumah. Di pagi dan sore hari, Bunda bisa luangkan waktu untuk nyapu, ngepel dan membersihkan kaca rumah dalam batas wajar.

Untuk bahan-bahan yang digunakan membersihkan rumah, sebisa mungkin dan harus bagi kita untuk menggunakan bahan-bahan alami. Hindari menggunakan bahan kimia berbahaya agar tidak meng-kontaminasi kesehatan tubuh Bunda dan janin dalam kandungan. Beberapa bahan alami yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan tubuh adalah baking soda, cuka dan air.

3. Pakai Produk Kosmetik Berbahan Alami

Riset menunjukkan bahwa, kadar hormon dalam tubuh berubah dengan adanya penggunaan kosmetik yang kaya akan bahan kimia. Produk kosmetik yang disarankan bagi ibu hamil adalah yang berbahan alami untuk menghindari efek buruk bahan kimia tersebut. Beberapa produk kosmetik alami adalah yang mengandung minyak zaitun atau teh hijau.

Jeli memilih kosmetik saat hamil sangatlah penting. Atau, Bunda bisa konsultasikan ini kepada pihak medis untuk memastikan apakah produk kosmetik yang dipilih adalah produk yang aman ataukah produk yang perlu peninjauan ulang.

4. Hindari Gaya Hidup Tidak Sehat

Gaya hidup tidak sehat adalah rutinitas yang harus dihindari, tidak hanya saat kondisi hamil. Hindari gaya hidup tidak sehat seperti merokok, minum alcohol, dan minum kopi. Terkait alcohol, para ahli menghimbau agar para ibu hamil tidak mengonsumsinya baik dalam kadar yang sedikit maupun banyak. I

ni untuk menghindari gangguan kesehatan pada ibu dan janin. Hingga kini, gaya hidup tidak sehat yang melibatkan ketiga rutinitas tersebut tidak memiliki kontribusi positif bagi kesehatan entah saat hamil atau di luar kehamilan.

5. Konsultasikan Terlebih Dahulu saat Akan Mengonsumsi Obat-Obatan Tertentu

Ya, tidak semua obat-obatan yang aman dikonsumsi ibu hamil, aman pula bagi janin. Bunda secara fisik mungkin kuat mengonsumsi obat itu, tapi tidak demikian halnya dengan si kecil.

Kita perlu konsultasikan ini terlebih dahulu kepada pihak medis yang tujuannya adalah untuk memastikan apakah komponen dalam obat-obatan tersebut aman bagi janin atau tidak. Beberapa obat bahkan menyebabkan gangguan organ ginjal janin, dan menjadi penyebab organ tubuh tidak berkembang sempurna.

6. Cukup Istirahat

Usahakan agar tubuh lebih rileks saat sedang hamil. Caranya? Istirahat yang cukup.  Di  tiga bulan pertama, kehamilan rawan keguguran. Untuk itu, jangan sampai Bunda terlalu capek sehingga berpengaruh pada kesehatan. Di tiga bulan terakhir, saat kehamilan sudah cukup kuat dan berat badan bayi meningkat, akhirnya ibu akan menanggung berat badan bayi tersebut sehingga lebih mudah lelah.

Sebagai gantinya, Bunda harus memperbanyak waktu istirahat untuk mengganti energi yang hilang. Tidak hanya kuantitas waktu tidur yang harus diperhatikan, tetapi Bunda juga harus mempertimbangkan kualitas tidurnya.

Tidur yang berkualitas adalah dengan ciri-ciri tidur yang nyenyak, nyaman, dan tanpa gangguan memberikan banyak manfaat, seperti untuk menghilangkan rasa capek, me-regenerasi sel kulit yang mati dengan lebih cepat, memperbaiki mood, menekan potensi temperamen, dan fisik serta psikis secara keseluruhan akan jauh lebih sehat.

7. Cukupi Nutrisi Tubuh

Bicara nutrisi penting bagi tubuh, tidak akan lepas dari dua jenis makanan, yaitu sayur dan buah. Sayur dan buah keduanya adalah jenis makanan yang kaya serat yang membantu tubuh untuk memenuhi nutrisi penting yang dibutuhkannya.

Konsultasikan dengan dokter kandungan apa saja makanan yang Bunda butuhkan untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan juga janin. Kebutuhan nutrisi masing-masing ibu hamil berbeda-beda, dan Bunda perlu memastikan bagaimana kondisi kesehatan Bunda saat ini dan apa saja makanan yang dibutuhkan untuk menopang kesehatan tersebut.

Sebisa mungkin hindari jenis makanan yang memang secara kesehatan tidak dianjurkan. Sebut saja makanan yang tidak dianjurkan adalah makanan yang kaya akan lemak jahat, makanan olahan seperti makanan dalam kemasan kaleng yang mengandung banyak bahan pengawet, serta makanan yang termasuk dalam kategori junk food. Selalu konsultasikan apa saja jenis makanan yang bagus untuk diri sendiri dan janin dalam kandungan agar jabang bayi tumbuh sehat sesuai harapan.

8. Perbanyak Konsumsi Air Minum

Perlu di ingat bahwa, saat sedang hamil, kita tidak sedang makan atau minum untuk diri sendiri, dan kita tidak beraktivitas untuk diri sendiri. Kita makan dan minum untuk memenuhi nutrisi diri sendiri dan juga si kecil dalam kandungan. Ogah minum banyak-banyak? Yuk, kendalikan ke-enggan-an itu dengan memikirkan bagaimana kondisi si kecil yang sedang dalam kandungan.

Cairan yang cukup membantu tubuh menghilangkan dehidrasi yang berdampak pada kurangnya cairan tubuh dan menjadi penyebab lemasnya ibu dan janin. Cukupi konsumsi air putih sebanyak setidaknya 8 gelas sehari atau bahkan lebih untuk memenuhi kebutuhan cairan tersebut. Jika Bunda belum terbiasa konsumsi air minum dalam jumlah yang cukup, usahakan untuk membiasakannya sejak dini dengan membagi waktu minum secara merata mulai dari bangun tidur di pagi hari hingga akan tidur di malam harinya.

9. Lakukan Pemijatan di Bagian Perut secara Teratur

Pemijatan yang dilakukan secara rutin akan membantu tubuh merasa jauh lebih rileks, menghindarkan stres dan potensi kecemasan, serta kemungkinan munculnya stretch mark yang umum ditemukan pada ibu hamil. Yuk, lakukan pemijatan sendiri dengan menggunakan minyak alami seperti olive oil untuk mengurangi ketegangan dan agar tubuh terasa lebih rileks.

Pemijatan tersebut tentunya tidak dilakukan dengan kasar apalagi keras untuk menghindari masalah pada janin. Atau, Bunda bisa memanfaatkan jasa massage profesional untuk menghindari kecerobohan selama pemijatan.

10. Hindari Pewarnaan Rambut

Aura kecantikan wanita yang sedang hamil berbeda dengan wanita pada umumnya. Sering kita lihat aura kecantikan bumil memancar yang salah satunya disebabkan oleh adanya perubahan kadar hormon estrogen dalam tubuh. Umumnya, perubahan kadar hormon ini diiringi dengan kilau rambut yang memukau, hitam alami, dan mempesona.

Sehingga, banyak bumil yang tertarik dengan perubahan itu dan ingin mewarnainya sesuai selera. Mewarnai rambut biasanya dilakukan dengan menggunakan pewarna kimia. Hindari kebiasaan tersebut dengan tujuan agar zat kimia dalam pewarna tidak membahayakan ibu dan janin.

11. Pakai Tabir Surya

Perubahan hormon saat hamil berpengaruh pada pigmentasi kulit. Meski setelah melahirkan kulit akan kembali normal, namun tidak ada salahnya jika saat bepergian Bunda memakai tabir surya. Pemakaian tabir surya bermanfaat untuk mencegaha bertambah buruknya pigmentasi yang dialami. Pakailah tabir surya dengan bahan yang aman agar tidak berbahaya bagi janin dan kesehatan tubuh Bunda.

12. Pilih Baju yang Nyaman Digunakan

Setiap wanita ingin tampil cantik, termasuk saat sedang hamil. Dengan perut yang membuncit, dan dengan berat badan yang naik drastis beberapa kali lipat, Bunda wajib memilih baju yang nyaman dipakai. Tentunya baju yang kita kenakan saat hamil dan tidak hamil berbeda. Bunda bisa pilih baju dengan ukuran yang lebih besar dan agak longgar yang tujuannya adalah untuk memberikan ruang gerak yang nyaman bagi Bunda dan tidak membahayakan janin. Ukuran baju yang terlalu ketat akan memberikan tekanan pada perut sehingga janin dalam kandungan menjadi tidak aman.

Selain ukurannya, hal yang harus Bunda perhatikan adalah bahan dan modelnya. Pilih bahan yang menyerap keringat seperti bahan dari cotton dan bahan-bahan kaos good quality untuk meningkatkan daya serap keringat. Untuk modelnya, pilih model yang sopan dan tidak terlalu terbuka namun tetap nyaman dikenakan.

13. Hindari Stres

Stres adalah faktor emosional yang berpengaruh pada kesehatan tubuh dan janin saat sedang hamil. Sebisa mungkin hindari stres agar emosi, dan mood tetap stabil serta aktivitas yang kita jalani setiap harinya berjalan sebagaimana mestinya.

Dalam kondisi stres, stabilitas aktivitas yang kita jalani akan berkurang, seperti makan tidak tepat waktu, mandi enggan dan jarang-jarang, dan enggan pula olahraga. Aktivitas fisik yang tidak terjaga itu akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Sebisa mungkin hindari stres agar rutinitas hidup berjalan dengan normal. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan membiasakan diri berfikir positif, meditasi, memperbanyak beribadah kepada Allah, dan memperbanyak istirahat. Ya, perlu ada usaha fisik dan psikis untuk menghindari stres. Hindarkan diri dari pikiran-pikiran negatif serta perbaiki kualitas dan kuantitas istirahat agar tubuh terasa seimbang dan mood pun terjaga.

Kesehatan tubuh adalah aset untuk menjalani hari-hari dengan nyaman dan tenang. Saat jatuh sakit, kita tidak bisa melakukan rutinitas harian sebagaimana yang kita harapkan. Menjaga kesehatan saat sedang hamil sangatlah penting. Anda bisa melakukannya dengan menghindari aktivitas tertentu yang dirasa berbahaya bagi ibu hamil dan melakukan aktivitas yang disarankan untuk bumil. Jaga kesehatan dengan cara alami diatas agar tubuh tetap sehat dan janin lahir dengan selamat sesuai harapan.

Iklan