7 Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai HP Yang Cepat Habis

 

Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis – Mungkin kamu merasa seperti baru memakai smartphone Android, kenapa baterainya kembali habis. Hingga hari ini, hampir tidak mungkin bagi kita untuk meninggalkan smartphone kita bahkan untuk sesaat. Apalagi jika smartphone kamu dibutuhkan untuk keperluan penting seperti bekerja atau janji dengan teman.

Penyebab Baterai HP Cepat Habis Beserta Cara Mengatasinya

Berikut ini beberapa penyebab dan cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah baterai HP kamu cepat habis.

1.Cari tau aplikasi yang banyak menyedot baterai

Salah satu kelebihan menggunakan Android adalah sistem operasinya sangat terbuka tentang berbagai informasi penting bagi penggunanya. Salah satunya adalah dengan mengetahui aktivitas penggunaan baterai.

Anda bisa melihatnya dengan masuk ke menu Settings> Battery. Lihat aplikasi apa yang berjalan dengan baterai Anda. Jika tidak sering digunakan, hapus instalannya dan masalah terpecahkan.

2. Pakai mode power saving

Android hadir dengan mode hemat daya. Dengan mode ini, smartphone Android Anda akan otomatis memilih aktivitas yang tidak bisa dilakukan karena baterai Anda akan habis.

Yang harus Anda lakukan adalah menghapus animasi di aplikasi, menonaktifkan sinkronisasi latar belakang, mematikan layanan lokasi, dan menurunkan kecerahan layar. Apalagi smartphone Samsung dan Huawei memiliki fungsi mode Ultra Power Saving, yang membuat smartphone Anda hanya bisa melakukan panggilan & SMS.

 3. Atur brightness

Ada dua cara untuk mengatur kecerahan, Anda bisa secara manual atau mengaktifkan fungsi kecerahan otomatis di Android Anda. Semakin terang cahaya yang dipancarkan oleh layar, semakin banyak daya baterai yang digunakannya.

4. Merawat baterai

Menurut informasi dari semua produsen, daya tahan baterai smartphone 10.000 kali lebih tinggi. Kuncinya adalah perawatan baterai. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan tidak membiarkan baterai smartphone Anda memanas.

Kebiasaan seperti meletakkan ponsel cerdas Anda di dasbor mobil atau menggunakannya di luar pada siang hari dan menambahkan kecerahan untuk menyeimbangkan terlalu banyak cahaya akan menghabiskan waktu baterai Anda.

Pemeliharaan penting lainnya adalah dengan sistem 10-90. Artinya Anda tidak akan melepas smartphone Anda dari charger jika belum mencapai 90%, dan baterai Anda tidak akan jatuh di bawah 10%.

5. Airplane mode saat sinyal buruk

Berada di titik buta penyedia ponsel Anda, pastikan ponsel cerdas Anda tidak mendapatkan sinyal. Dalam hal ini, ponsel cerdas Anda akan terus mencari sinyal secara otomatis.

Proses ini sangat menguras aki, ditambah lagi mesin yang terus berfungsi akan menghasilkan panas yang juga menyebabkan aki menjadi terlalu panas karena jaraknya yang pendek.

6. Batasi layanan lokasi

Hampir setiap aplikasi saat ini meminta Anda untuk mengaktifkan GPS. GPS di beberapa aplikasi masih berfungsi saat Anda tidak menggunakan aplikasi, Anda dapat mengubahnya di menu layanan lokasi dan menentukan aplikasi mana yang benar-benar Anda perlukan untuk terus menggunakan GPS, seperti Peta.

7. Clear cache

Salah satu yang berperan besar dalam menguras baterai Android Anda adalah Google Play. Namun, Anda tidak dapat menghapusnya, karena Google Play memainkan peran penting sebagai saluran komunikasi antara aplikasi dan sistem.

Tetapi Anda dapat mengurangi penggunaan baterai Google Play dengan masuk ke menu Pengaturan> Aplikasi> Semua> layanan Google Play dan kemudian menekan opsi Hapus Cache. Ini akan mengurangi penggunaan baterai untuk sistem. Anda bisa melakukannya secara rutin, misalnya sebulan sekali.

Nah itu dia enam penyebab dan cara mengatasi baterai HP yang cepat habis. Sampai bertemu di artikel Tekno Mania berikutnya, semoga bermanfaat!

Baca juga:

7 Tips Ampuh Mengatasi Lemot Pada PC Laptop

Iklan