13 Cara Alami yang Efektif Mengusir Flu Dalam Sehari

 

 

Mengusir Flu Dalam Sehari-Komponen jiwa dan raga pada manusia agaknya bersinergi satu dengan yang lain. Di dalam jiwa yang sehat terdapat raga yang kuat, begitu sebaliknya. Berbahagialah kita yang sedang dalam kondisi sehat. Mereka yang saat ini akrab dengan penyakit, baik itu penyakit ringan maupun berat tentunya merasa  tidak nyaman dan resah.

Salah satu penyakit yang meski ringan namun mengganggu aktivitas dan membuat kita merasa tidak nyaman adalah flu atau influenza. Apa itu influenza? Ini adalah nama virus yang menyebabkan penyakit flu. Biasanya, flu datang dengan gejala seperti tubuh menggigil, demam tinggi, sakit pada area tenggorokan, pegal, dan batuk-batuk. Ya, organ yang diserang oleh virus ini adalah organ pernafasan.

Apa beda flu dan pilek? Ada perbedaan signifikan antara flu dan pilek meski mayoritas orang menganggapnya sama. Bedanya ada pada tempo munculnya gejala dan tingkat keparahannya.

Gejala flu jika dibandingkan dengan gejala pilek jauh lebih berat dan terjadi dalam tempo yang singkat. Sudah bisa dipastikan gejala flu menghambat aktivitas penderitanya. Lain lagi dengan pilek yang terjadi secara berangsur-angsur dimana gejala tersebut ringan sehingga tidak begitu mempengaruhi aktivitas harian.

Bisa kita bayangkan bagaimana jadinya jika flu dengan beberapa gejala yang disebutkan diatas melanda si kecil? sudah pasti anak merasa tidak nyaman. Ada beberapa cara alami yang bisa parent terapkan baik untuk si kecil maupun bagi parent yang mengalami masalah kesehatan yang sama. Cara alami tersebut tentunya lebih aman jika dibandingkan dengan cara kimiawi yang menyebabkan risiko kesehatan.

1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Setelah membaca berbagai referensi, agaknya salah satu kunci kesehatan ada pada air putih. Tubuh memiliki porsi untuk cairan yang harus dipenuhi. Saat tubuh mengalami dehidrasi, ada banyak akibat negatif yang timbul, sebut saja sakit pada organ ginjal, dehidrasi, dst.

Flu atau yang biasa disebut dengan influenza, salah satu cara penyembuhannya adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Minum air putih bantu meredakan flu lebih cepat dan mempercepat proses penyembuhannya.

Perbanyak konsumsi air putih, setidaknya 8 gelas atau 2 liter air dalam sehari yang fungsinya adalah untuk memberikan kecukupan mineral tubuh agar kondisi fisik tetap seimbang.

2. Jaga Kondisi Tubuh Agar Tetap Hangat

Menjaga kondisi tubuh agar tetap hangat adalah cara cepat mengusir influenza. Tubuh yang dalam kondisi hangat bantu tingkatkan sistem imun tubuh sehingga badan menjadi lebih tahan terhadap penyakit.

Tubuh yang hangat bisa Anda usahakan dengan memperbanyak konsumsi minuman hangat seperti teh hangat, jahe hangat, sup hangat dst. Untuk makanannya pilih makanan yang hangat dan bernutrisi agar sistem imun tubuh membaik sehingga tahan terhadap datangnya penyakit yang tidak di inginkan. Boleh nih, sore atau pagi hari menyeduh jus lemon panas untuk atasi flu berat yang sedang melanda.

3. Istirahat yang Cukup

Memiliki banyak aktivitas memang menyenangkan. Kita menjadi pribadi yang penuh dengan kontribusi dan bermanfaat bagi banyak orang. Sayangnya, kinerja tubuh sama halnya dengan kinerja mesin yang perlu jeda sebentar sebelum kembali beraktivitas.

Di waktu senggang, sempatkan waktu untuk istirahat agar tubuh tidak lelah dan sistem imun tubuh pun tetap dalam kondisi yang fit. Atur istirahat kurang lebih satu jam di siang hari dan 6 jam di malam harinya. Jika saat istirahat siang Anda masih di kantor, usahakan agar tidak begadang di malam harinya agar sistem imun tubuh tetap berperan dengan baik.

Jika sistem imun tubuh menurun kualitasnya, tubuh akan menjadi lebih rentan terserang penyakit yang salah satunya adalah influenza.

4. Konsumsi Makanan yang Banyak Mengandung Gula dan Karbohidrat Tidak Direkomendasikan

Nutrisi makanan berupa karbohidrat dan gula tidak direkomendasikan bagi Anda yang sedang mengalami gejala flu ini. Kedua nutrisi tersebut memperburuk flu yang sedang melanda. Sementara tinggalkan makanan yang kaya akan nutrisi tersebut dan beralihlah ke sumber makanan yang kaya akan protein. Sebut saja dengan memperbanyak konsumsi salad, buah, dan sayur agar sistem imun tubuh membaik dan flu segera teratasi. Konsumsi sayur kaya protein yang masih hangat agar flu segera mereda.

5. Konsumsi Makanan dan Minuman Berikut Ini

Mengalami flu, berarti kita harus lebih selektif lagi dalam memilih jenis makanan apa yang sebaiknya di konsumsi dan makanan apa yang sebaiknya dihindari. Sebenarnya ini tidak hanya untuk flu, tetapi juga untuk jenis penyakit lain yang dialami.

Beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dikonsumsi saat sedang flu adalah sebagai berikut:

  • Perbanyak Konsumsi Makanan yang Kaya akan Protein

Sistem imun tubuh yang terganggu bisa diatasi dengan cara memperbanyak nutrisi makanan yang kaya akan protein. Beberapa makanan yang mengandung protein dan disarankan bagi penderita flu adalah telur, susu, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan. Perbanyak konsumsi makanan tersebut untuk memperbaiki fungsi imun yang sedang menurun.

Selain makanan itu, sop ayam adalah makanan yang kaya akan protein dan disarankan untuk dikonsumsi saat masih hangat. Konsumsi sup ayam hangat saat flu telah banyak dipraktikkan dan terbukti membuat gejala flu lebih ringan.

  • Konsumsi Wortel

Wortel adalah sayuran yang disarankan bagi penderita flu. Sayuran ini kaya akan serat yang bagus untuk memenuhi kebutuhan serat tubuh. Selain itu, sayuran yang kaya akan nutrisi berupa vitamin A dan B6 ini bantu tubuh agar lebih fit lagi dan terhindar dari serangan penyakit. Konsumsi wortel dengan cara dijadikan sup atau dengan cara dikonsumsi langsung.

  • Memperbanyak Konsumsi Minuman Lemon, Jeruk, dan Yoghurt

Dari kelas minuman, beberapa minuman yang direkomendasikan antara lain adalah jeruk, lemon dan yoghurt. Penelitian membuktikan bahwa jeruk dan lemon adalah dua buah yang mengandung flavonoid dalam jumlah banyak. Apa itu flavonoid? Ini adalah senyawa yang berperan penting dalam meningkatkan sistem imun tubuh agar memiliki fungsi sebagaimana mestinya dalam menjaga kesehatan. Baik bagi Anda untuk mengonsumsi jeruk atau lemon hangat dengan tujuan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap dalam kondisi fit meski tidak sedang flu.

Yoghurt adalah jenis minuman yang direkomendasikan. Di dalamnya mengandung probiotik dalam jumlah banyak yang fungsinya tidak lain adalah untuk menghambat berkembangnya bakteri jahat dalam tubuh. Sistem imun tubuh akan meningkat jika Anda rajin mengonsumsi minuman dalam kemasan mungil ini setiap harinya. Tidak hanya bagus di konsumsi saat sedang flu, jadikan yoghurt sebagai minuman sehari-hari untuk tingkatkan sistem imun tubuh.

6. Konsumsi Cuka Apel

 

Cuka apel dipercaya membantu mencegah agar virus influenza tidak menyebar cepat dalam tubuh. Jika dirasa muncul gejala flu, segeralah mengonsumsi cuka apel secara rutin setiap 3 jam sekali. Ambil satu sendok cuka apel lalu tambahkan dengan segelas air dan aduk hingga rata. Cuka apel tersebut akan segera bereaksi sehingga penyebaran virus flu bisa di cegah dengan cepat.

7. Perbanyak Konsumsi Vitamin C

Perbanyak konsumsi vitamin C baik itu yang terkandung dalam buah, maupun yang ada di dalam tablet vitamin. Di dalam vitamin C terkandung zat anti oksidan yang tinggi. Vitamin ini berpotensi meredakan gejala penyakit yang salah satunya adalah untuk meredakan penyakit flu. Setiap harinya, setidaknya konsumsilah vitamin C dengan dosis 500 mg secara rutin hingga gejala flu yang sedang dialami mereda.

8. Jaga Jarak dari Penderita

Influenza adalah virus yang mudah sekali menyebar. Saat kita dekat dengan penderita penyakit influenza, virus tersebut akan mudah sekali menular. Hindari penderita flu sementara waktu hingga flu tersebut mereda. Begitupun saat Anda sedang menderita penyakit yang satu ini, cobalah untuk menjaga jarak dari orang lain agar virus flu tidak menular. Hindari kontak dengan mereka yang sedang mengalami masalah kesehatan ini.

9. Istirahat di Rumah saat Sedang Sakit

Seperti di singgung di muka bahwa, antara flu dan pilek berbeda. Virus yang menyebabkan pilek dan virus yang menyebabkan flu berbeda satu dengan yang lain.

Gejala flu jauh lebih berat dibandingkan dengan gejala pilek. Saat pilek, Anda mungkin masih bisa beraktivitas dengan mukus di hidung yang sedikit mengganggu, namun tidak parah. Lain lagi dengan flu yang terjadi dalam tempo singkat dengan gejala mulai dari panas, demam, batuk, menggigil dan masih banyak lagi.

Terserang flu dengan gejala yang demikian itu tentu tidak nyaman dan terasa sakit. Anda bisa meminta ijin dari kantor, atau sekolah untuk satu dua hari ke depan sampai flu mereda. Ini akan lebih baik daripada memaksakan diri untuk bekerja atau pergi ke sekolah namun akan memperparah kondisi kesehatan saat ini.

10. Tutup dengan Tisu Saat sedang Batuk dan Bersin

Penyakit yang disebabkan oleh virus mudah sekali menyebar, seperti halnya flu. Penyebaran virus tersebut diantaranya adalah melalui batuk dan bersin. Saat sedang batuk dan bersin, biasakan untuk menutupnya dengan tisu agar virus tidak menyebar dan menjangkiti orang-orang yang ada di sekitar kita.

11. Rajin Bersihkan Tangan

Kita mungkin berfikir bahwa tangan kita sedang dalam kondisi bersih. Padahal saat di lihat lebih dekat lagi, banyak sekali kuman, bakteri dan virus penyebab berbagai macam penyakit. Usahakan untuk selalu membersihkan tangan dengan cara mencucinya setiap kali akan makan atau setiap kali selesai memegang sesuatu. Gunakan cairan antibiotik untuk memastikan tangan benar-benar bersih.

12. Hindari Menyentuh Bagian Wajah Tertentu

Kuman mudah sekali menyebar saat kita menyentuh bagian tubuh tertentu yang terserang kuman dan bakteri. Sebut saja dengan menyentuh hidung, mulut dan mata. Saat sedang sakit seperti menderita flu, usahakan untuk tidak menyentuh bagian tersebut agar kuman dan bakteri tidak semakin menyebar.

13. Tingkatkan Kebiasaan Positif

Saat sedang sakit, cobalah untuk membersihkan bagian rumah yang paling sering disentuh dengan menggunakan cairan disinfektan. Tujuannya tidak lain adalah untuk mencegah terjadinya penyebaran kuman. Kontrol pikiran agar tidak mudah stres, perbanyak konsumsi air putih, perbanyak aktivitas fisik, dan perbanyak konsumsi makanan yang bernutrisi.

Flu memang bukan penyakit yang berat. Namun saat flu melanda diri sendiri dan anak-anak, tentunya ini akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Terapkan strategi di atas untuk mengatasi flu dan batuk yang melanda. Tidak sulit! Kita hanya perlu menerapkan cara alami di atas untuk mencegah penyebaran virus agar bisa kembali beraktivitas seperti sedia kala.

Baca juga Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air Diwajah yang Sudah Lama

Iklan