Pengobatan Atama Sakit yang Dapat Dilakukan di Rumah


pengobatan atama sakit

Atama ga itai, atau sakit kepala, adalah salah satu klaim kesehatan yang paling umum di Indonesia. Terkadang, jalan terbaik untuk meredakan sakit kepala adalah dengan mengunjungi dokter atau apoteker dan mengikuti resep mereka. Namun, ada juga beberapa pengobatan rumahan yang dapat membantu meredakan sakit kepala tanpa perlu mengeluarkan biaya yang banyak atau keluar dari rumah. Berikut adalah beberapa pengobatan sakit kepala yang dapat dilakukan di rumah:

1. Minum Air Putih


minum air

Dehidrasi bisa jadi salah satu penyebab dari sakit kepala. Minumlah air putih dalam jumlah yang cukup setiap harinya untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Rata-rata, orang dewasa dianjurkan minum sekitar 2-3 liter air dalam sehari. Jadi, jika kamu sedang merasa sakit kepala, tambahkan satu atau dua gelas air putih dalam menu minuman harianmu.

2. Pemanasan


pemanasan tubuh

Pemanasan dapat membantu memperbaiki atau meredakan sakit kepala. Cobalah gunakan handuk yang dihangatkan dengan air panas atau kompres dingin untuk meredakan sakit kepalamu. Lakukan ini dengan teratur setiap beberapa jam sampai merasa lebih baik.

3. Teknik Relaksasi


teknik relaksasi

Stres bisa menjadi salah satu penyebab sakit kepala. Oleh karena itu, menghilangkan stres dapat membantu meredakan sakit kepala. Ada banyak teknik relaksasi yang dapat Anda coba, seperti meditasi, yoga, atau teknik pernapasan. Pilihlah teknik yang paling cocok untukmu dan lakukan secara teratur.

4. Menggunakan Essential Oil


essential oil

Beberapa jenis essential oil seperti lavender, peppermint, dan eucalyptus dikenal sebagai terapi alternatif untuk meredakan sakit kepala. Gunakan essential oil dengan cara dioleskan di beberapa area tubuh seperti pelipis, dada atau pergelangan tangan atau dengarkan musik yang terkait dengan penggunaan essential oil. Essential oil bekerja dengan meredakan ketegangan otot, sakit kepala, dan menghilangkan stres.

5. Istirahat yang Cukup


istirahat

Salah satu cara meredakan sakit kepala adalah dengan istirahat yang cukup. Cobalah untuk tidur 8 jam per hari dan hindari terlalu banyak aktivitas yang bisa membuatmu menjadi stres, karena stres bisa menjadi penyebab sakit kepala.

Jadi, itu dia beberapa pengobatan atama sakit yang bisa kamu lakukan di rumah. Namun, jika sakit kepalamu terus berlanjut dan makin tidak tertahankan, segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter.

Iklan