Ads - After Header

Arti dan Pentingnya Kaigo di Jepang: Peran Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Rinidesu

Definisi Kaigo


Arti Kaigo in Indonesia

Kaigo adalah sebuah layanan perawatan jangka panjang yang diberikan pada orang yang membutuhkan bantuan dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Layanan ini biasanya diberikan pada orang yang sudah lanjut usia atau memiliki keterbatasan fisik, seperti mereka yang menjalani pemulihan setelah operasi atau mengalami gangguan neurologis. Dalam bahasa Jepang, kata ‘kaigo’ berarti ‘perawatan’, sehingga layanan ini juga dikenal dengan istilah ‘layanan perawatan jangka panjang’ di Indonesia.

Konsep kaigo berasal dari Jepang dan berkembang menjadi sebuah sistem perawatan jangka panjang yang komprehensif. Sistem kaigo di Jepang melibatkan perawatan yang disediakan oleh keluarga, tetangga, dan profesional di bidang kesehatan. Pada tahun 2000, Jepang mulai memperkenalkan program perawatan jangka panjang bagi semua penduduk dengan harapan dapat mengatasi masalah keterbatasan demografi yang dihadapi. Program tersebut mencakup layanan in-home care, perawatan di pusat perawatan, dan layanan konsultasi.

Di Indonesia, layanan kaigo juga mulai berkembang sebagai solusi untuk menjawab kebutuhan perawatan jangka panjang bagi penduduk yang membutuhkan. Perawatan ini biasanya diberikan oleh tenaga perawat, ahli terapi, atau tenaga kesehatan lainnya yang terlatih dalam memberikan layanan tersebut. Layanan kaigo dapat diberikan di rumah pasien, pusat perawatan, atau klinik yang menyediakan layanan perawatan jangka panjang.

Layanan kaigo di Indonesia mencakup beberapa aspek, antara lain:

  1. Pengurangan Risiko Kecelakaan
  2. Layanan kaigo dapat membantu mengurangi risiko kecelakaan pada pasien dengan memberikan bantuan dalam berbagai kegiatan sehari-hari, seperti mandi, makan, atau berpindah posisi. Tenaga kaigo juga dapat memberikan bantuan dalam memilih dan menggunakan alat bantu yang sesuai dengan kebutuhan pasien.

  3. Pemberian Terapi Fungsional
  4. Terapi fungsional adalah jenis terapi fisik yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan fisik pasien, seperti kekuatan otot dan kecukupan psikomotor. Terapi ini dapat membantu pasien untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menjalankan kegiatan sehari-hari, seperti berjalan atau mengangkat benda.

Also Read

Bagikan:

Rinidesu

Rinidesu Merupakan Seorang Mahasiswi Sastra Jepang di Universitas Indonesia, Memiliki Passion Berbagi ilmu Bahasa Jepang Melalui Situs Rinidesu.com ini

Tags

Ads - Before Footer